Minggu, September 25, 2022

Fitur AYC di Xpander Cross Facelift 2022, Turunan Lancer Evo!

by Firdaus Ali
New Xpander Cross

Fitur AYC di Xpander Cross Facelift 2022 merupakan salah satu teknologi yang istimewa. AYC sendiri singkatan dari Active Yaw Control, berfungsi membuat mobil lebih aman saat melewati tikungan.

“Mengenai AYC, originalnya ada di Mitsubishi Lancer Evo namun berkembang ke mobil lain. ASC untuk mengontrol mobil dalam setiap kondisi. Beda dengan AYC lebih ke cornering dan braking terutama dalam kondisi jalan licin dan kecepatan tingi. Keamanan adalah poin yang diharapkan oleh fitur ini.  Sebenarnya, keamanan buat setiap kondisi.  Adapun fitur tersebut tidak bisa dimatikan secara manual karena untuk berjaga-jaga setiap saat,” terang Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division PT MMKSI dalam keterangan resminya (15/8/2022).

Kehadiran fitur AYC di Xpander Cross Facelift 2022 sangatlah menarik, lantaran muncul di mobil yang harganya terjangkau. Ada dua varian: Mitsubishi Xpander Cross MT dijual Rp 309,95 juta (OTR Jakarta) dan Premium Package CVT Rp 335,75 juta (OTR Jakarta).

Cara Kerja Fitur Active Yaw Control

Fitur AYC di Xpander Cross Facelift 2022

Kelebihan Fitur AYC di Xpander Cross bisa membuat mobil menikung cepat dengan lebih stabil

Fitur AYC di Xpander Cross Facelift 2022 mampu membuat mobil tetap stabil saat melewati tikungan. Ahasil pengendara jadi lebih percaya diri ketika bermanuver cepat sekalipun.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Sedang Diuji Coba, Siap Meluncur!

“Gampangnya, fitur Active Yaw Control (AYC) adalah sistem keamanan yang berjenjang. Jadi biasanya entry level pasti rem ABS, nomor dua TC atau ASC, setelah itu mobil yang kelasnya ada di atas, ada sistem berjenjang yakni AYC. Ini yang kita punya di mobil Mitsubishi. AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control,” terang Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia dan Pereli Nasional.

Active Stability Control (ASC) adalah tahap pertama, ketika mobil kelihatan agak selip, maka putaran mesin dikurangi. Kemudian ketika mobil sudah di jalurnya, pasti akan mau terus kencang dan berpotensi selip dan keluar jalur lagi. Di sinilah fitur AYC di Xpander Cross akan bekerja. 

“Sebagai contohnya, saat mobil berbelok ke kiri, maka system AYC akan secara otomatis mengurangi putaran roda depan sebelah kiri (Xpander Cross pakai penggerak roda depan). Karena kalau kedua roda putarannya sama-sama kencang maka akan terjadi oversteer,” imbuh Rifat.

Variabel dari sistem AYC ada empat, di mana variable tersebut bisa membaca keempat piranti lain yang terhubung dengan system AYC. Keempat piranti tersebut adalah wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Baca juga  Penjualan Ritel Mitsubishi Naik, Xpander Masih Idola

“Ini advanced sekali, setiap ASC mobil bekerja pasti mobil kecepatannya lebih pelan, setelah itu dia akan berpikir lama setelah gripnya. Begitu dengan AYC, kecepatan akan disesuaikan degan putaran mesin, putaran palang kemudi. Mobil ini akan menjaga momentum, kecepatan dalam setiap kondisi,” jelas Rifat.

Moladiners, itulah ulasan mengenai fitur Active Yaw Control Xpander Cross facelift. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika