Selain ABS, 3 Fitur Keselamatan Berkendara Ini Bakal Selamatkan Nyawamu!

Haloo sobat Moladiners. Pabrikan otomotif roda dua Tanah Air beramai-ramai menyematkan fitur motor canggih agar keselamatan berkendara dapat lebih terjamin. Namun, beberapa motor kelas entry level yang tergolong memiliki banderol murah masih ada yang belum memilikinya. Padahal peran fitur keselamatan berkendara ini cukup memudahkan para rider pemula maupun yang baru belajar dalam bermotor.

Syukurnya, sejak beberapa tahun belakangan, fitur pengereman ABS mulai disematkan pada beberapa motor kelas entry-level hingga kelas premium sekali pun. Cara kerjanya yakni membatasi daya pengereman dan menjaga roda tetap berputar sehingga dapat meminimalisir motor tergelincir. Adanya ABS ini membuat si pengendara bisa melakukan manuver untuk menghindari objek di depannya.

Perbandingan ABS dan Non-ABS
Perbandingan Motor Dengan ABS (bawah) dan Non-ABS (atas)

Dengan adanya Fitur Keselamatan Berkendara  ini, riding jadi lebih aman dan nyaman. Penasaran apa aja 3 fitur lainnya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Yamaha FreeGo

*DP mulai dari

3 Fitur Keselamatan Berkendara

Traction Control

traction control test
Perbedaan Laju Motor Dengan Traction Contol Dan Tidak

Kebalikan kerja sebuah ABS, Traction control bertugas mengontrol traksi dan mencegah wheelspin yang mana kondisi ini terjadi ketika roda berputar lebih cepat dari seharusnya. Fitur ini bekerja dengan modulasi torsi mesin, sehingga memungkinkan roda kembali ke posisi semula dan mudah dikendalikan dalam metode yang lebih konstan.

Traction Control ini juga bisa digunakan untuk mengkonfigurasi teknologi serupa, seperti Launch Control atau Wheelie control. yang biasanya hanya ada pada moge. Kesemua teknologi tersebut merupakan solusi agar sepeda motor tidak kehilangan cengkraman saat ber-akselerasi.

Slipper Clutch

kopling slipper clutch
Struktur Kopling Hose Yang Berbeda Dibanding Kopling Konvensional

Fitur yang biasanya terdapat pada tipe motor sport ini dirancang untuk mencegah selip ketika memaksa downshift sehingga terjadi Engine Brake. Nah, apabila dalam kecepatan tinggi lalu memaksakan downshift, bahkan sampai terjadi engine brake berlebihan justru dapat menyebabkan roda jadi selip. Ini biasanya disebut sebagai Back Torque. Gejala itulah yang diminimalisir oleh fitur slipper clutch.

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

Slipper clutch pertama kali diadopsi pada moge mahal seperti Kawasaki ZX-7RR, Aprilia RSV Mille R, and Ducati 748R. Kini fitur berkendara ini pun sudah disematkan pada motor sport entry level seperti Kawasaki All New Ninja 250 dan KTM RC390. Bahkan, motor sport seperti Yamaha R15 sudah menggunakan fitur yang satu ini.

Throttle By Wire

Dengan menggunakan Throttle by Wire (bukaan gas dengan kabel elektronik), membuka gas kini tidak langsung melibatkan koneksi fisik antara twistgrip dan katup throttle. Semua prosesnya diatur oleh ECU canggih yang terhubung sensor pada tuas gas. Adanya fitur ini membuat motor memiliki tenaga yang lebih besar sekaligus lebih efisien sebab gas mengalir dengan mudah.

Tuas Gas Menggunakan Kabel
Komponen Tuas Gas Menggunakan Kabel Yang Berkolaborasi Dengan Perangkat Elektronik

Keuntungan lain dari Throttle by Wire selain akselerasi halus adalah kemampuannya yang dapat terkoneksi pada Cruise control, Traction Control dan push-button power capping. Fitur ini pertama kali ada di Yamaha YZF-R6 pada 2006. Dan sekarang fitur ini juga ada pada Honda CBR250 RR.

Sekian tips tentang fitur-fitur yang seharusnya ada pada motor demi menunjang aman berkendara di jalan raya.

Yamaha Lexi

*DP mulai dari

Baca juga artikel lainnya :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *