Benarkah Aturan Ganjil-Genap Berlaku Juga Buat Motor?

Moladin – Lagi heboh soal perluasan aturan ganjil genap, kabarnya tak hanya kendaraan roda empat tapi juga bakal berlaku pada kendaraan bermotor. Meski baru rencana, namun aturan ini merupakan salah satu solusi untuk menguraikan kemacetan di Jakarta saat jam-jam sibuk.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta membenarkan hal tersebut, Syafrin Liputo memberikan keterangan mengenai rencana perluasan aturan soal ganjil genap tersebut. Namun, aturan tersebut masih dalam tahap pengkajian.

“Aturan ini belum resmi berlaku masih dalam tahap pengkajian. Nanti, mengenai detailnya akan disampaikan saat sesi konferensi pers hari Jumat,” ungkap Syafrin seperti dikutip dari laman dream.chom.

Rencananya aturan ini bakal diperluas hingga 29 ruas jalan. Aturan ini berlaku untuk kendaraan roda dua juga roda empat. Lebih dulu pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan sosialisasi ganjil genap mulai dari 5 Agustus – 30 Agustus 2019.

Rute Ganjil Genap29 ruas jalan yang berlaku ganjil genap | Foto: Dinas Perhubungan DKI Jakarta 

Sementara itu aturan resminya baru akan berlaku pada 2 September 2019. Aturan ganjil genap ini penerapannya berlaku dari Senin s/d Jumat, mulai pukul 06.00 – 10.00 & 16.00.

 

KTM Duke 390 New

*Angsuran mulai dari

 

Pihak Kepolisian Sudah Siapkan Rute Alternatif

Pihak Kepolisian sudah mempersiapkan solusinya nih. Karena wilayah yang akan diberlakukan semakin luas, maka beberapa rute alternatif untuk menghindari jalan yang kedapatan aturan ganjil genap.

ganjil-genap-berlaku-juga-buat-motorPihak kepolisian sudah siapkan rute alternatif | Foto: Dinas Perhubungan DKI Jakarta 

Berikut rute alternatif yang dimaksud;  Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Suprapto – Jalan Salemba Raya – Jalan Matraman – dan sekitar arah Timur. Jalan Warung Jati Barat – Jalan Pejaten Raya – Jalan Pasar Minggu – Jalan Soepomo – Jalan Saharjo – dan sekitar arah Selatan.

Selanjutnya dari Jalan RE Martadinata – Jalan Danau Sunter Barat – Jalan HBR Motik – Jalan Gunung Sahari – dan sekitar Utara. Jalan RA Kartini – Jalan Ciputat Raya – dan sekitar arah Selatan.

Sementara perluasan ganjil genap berlaku juga di Jalan Akses Tol Cikampek- Jalan Sutoyo – Jalan Dewi Sartika – dan sekitar arah Timur. Jalan S Parman – Jalan Tomang Raya – Jalan Surya Pranoto atau Jalan Cideng – dan sekitar arah Utara.

 

TVS Apache RR 310

*Angsuran mulai dari

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *