by

10 Geng Motor Terbesar di Dunia, Ada Asal Indonesia!

Beberapa tahun terakhir, Indonesia sempat dihebohkan dengan maraknya geng motor yang membuat resah masyarakat, di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Namun jauh sebelum itu, ternyata geng motor atau yang biasa disebut klub motor juga berkembang di sebagian wilayah di dunia.

Aksi geng motor sendiri sangat melekat dengan aksi kejahatan atau pun kriminal. Tidak hanya di Indonesia, aksi geng motor pun marak terjadi di sejumlah negara di Eropa, salah satunya Selandia Baru.

Bedanya, geng motor di Selandia Baru melancarkan aksinya lebih terstruktur dan memiliki visi misi yang jelas. Tak seperti di Indonesia, yang melancarkan aksi hanya sebatas mencari ketenaran atau pun misi balas dendam dan aksi kriminal lainnya.

Dari sekian banyak geng motor yang ada di dunia, ada sebagian geng motor yang ternyata yang punya kiprah positif. Lalu apa saja geng motor yang terkenal di dunia? Simak ulasan berikut ini.

1. The Rebels

The Rebels Motorcycle Club
Geng motor the rebels

The Rebels sejatinya merupakan klub motor asal Selandia Baru. Mereka kerap terlihat di Pulau Selatan dan Utara Selandia Baru. Meski demikan, geng motor ini juga beraksi sampai ke Australia.

The Rebels terbentuk sejak tahun 2011 lalu. Berdasarkan data Kepolisian Selandia Baru, geng motor The Rebels kerap terlibat aksi kejahatan yang terorganisir.

2. The Road Knights

The Road Knights MC
The Road Knights MC berkembang di Selandia Baru

The Road Knights jadi salah satu yang geng motor yang cukup tua di dunia. Karena klub motor ini terbentuk sejak tahun 1979 silam. The Road Knights diketahui sering muncul di sisi pulau bagian Selatan dari Selandia Baru, khususnya di kota Invercargill, Dunedin, dan Timaru.

Sedikit mengulas kebelakang, geng motor ini pernah terlibat perang dengan klub motor lainnya bernama The Damned yang berujung insiden kekerasan. Menurut informasi dari beragam sumber, The Road Knights merupakan rival kuat dari geng motor The Mongrel Mob.

Perkembangan geng motor ini sudah merambah ke sejumlah benua di dunia, seperti Amerika Serikat, Belanda, dan juga Thailand.

3. The Tribesmen

The Tribesmen MC
Tribesmen MC berdiri sejak tahun 1980

Klub motor yang cukup tua lainnya kembali datang dari Selandia Baru, yakni The Tribesmen yang berdiri sejak tahun 1980. The Tribesman memiliki ciri khar menggunakan pakaian berwarna kuning dengan logo tengkorak dengan 2 buah piston yang mengacungkan jari tengah.

The Tribesman umumnya bermukim di pulau sisi utara Selandia Baru, khususnya wilayah Otara, Murupara, dan Rotorua. Serupa dengan The Road Knights, geng motor ini juga menjadi musuh bebuyutan The Mongrel Mob.

4. The Hells Angels, Geng Motor asal Amerika Serikat

Geng motor The Hells Angels MC
Hells Angels MC

The Hells Angels, geng motor yang sudah cukup mendunia. Di mana geng motor yang berbasis di Fontana, California, Amerika Serikat itu diketahui kerap melakukan tindak kriminalitas. Penyebaran geng motor ini juga hampir ke enam benua di seluruh dunia.

Setidaknya ada sekira 27 negara sudah dijajaki oleh The Hells Angels. Geng motor ini sebelumnya sempat membuat chapter di wilayah Auckland, Selandia Baru pada tahun 1961 silam.

5. Highway 61 MC

Highway 61 MC
Geng motor Highway 61 MC

Masih dari Selandia Baru, geng motor berikutnya adalah Highway 61 MC yang berdiri sejak tahun 1960-an. Geng motor ini memiliki chapter yang tersebar di pulau sisi Selatan dan Utara Selandia Baru.

Highway 61 MC sudah berekspansi hingga ke Brisbane, Australia.

6. The Head Hunters Motorcycle Club

The Head Hunters MC
The Head Hunters MC

Salah satu geng motor yang cukup tua di Selandia Baru lainnya, adalah The Head Hunters Motorcycle Club yang terbentuk sejak 1960-an di Selandia Baru.

The Head Hunters juga memiliki chapter di sepanjang pulau sisi Utara dari Selandia Baru. Berbeda dari klub motor lainnya, The Head Hunters memiliki tempat gym tinju yang dikenal bernama ‘The Fight Club’.

7. The Nomads

geng motor terbesar di dunia
The Nomads MC

The Nomads pertama kali berdiri di tahun 1977, yang dibentuk oleh Dennis Hines, yang merupakan mantan anggota dari klub motor lainnya, Black Power.

Klub motor ini berlokasi di sejumlah wilayah seperti Horewhenua, Masterton dan Wellington.

Di 2009, ketua The Nomads meninggal di penjara, setelah terlibat perebutan kekuasaan di dalam klub.

8. The Black Power

the black power mc
The Black Power MC

The Black Power jadi geng motor terbesar kedua di Selandia Baru. Klub motor ini pertama kali berdiri di tahun 1970 di Wellington. \

Para anggota Black Power saat ini sudah tersebar di seluruh Selandia Baru, dan rival utama geng motor ini adalah The Mongrel Mob.

Setiap anggota geng motor The Black Power memiliki ciri khas, yakni selalu menggunakan warna biru dan memiliki logo kepalan tinju.

9. The Mongrel Mob, Geng Motor terbesar di Selandia Baru

geng motor terbesar di dunia
The Mongrel Mob

Nama The Mongrel Mob cukup terkenal sebagai geng motor yang cukup besar di dunia, maupun negara asalnya Selandia Baru. Klub motor ini lahir di Hawke’s Bay, Selandia Baru, pada tahun 1962.

Penyebaran The Mongrel Mob telah mencapai lebih dari 30 chapter di seluruh dunia. Anggota terbanyak berasal dari Selandia Baru dan Australia. Mongrel Mob terkenal dengan anggotanya yang memiliki tato di seluruh wajah.

Rival kuat The Mongrel Mob adalah The Black Power. Hingga beberapa tahun terakhir, kedua geng motor itu kerap terlibat bentrokan dan sejumlah aksi kekerasan.

10. Satudarah, salah satu geng motor asal Indonesia yang disegani dunia

satudarah MC geng motor berdarah Indonesia
satudarah MC geng motor berdarah Indonesia

Satudarah Motorcycle Club, berasal dari Indonesia yang cukup disegani di Eropa. Geng ini didirikan pada tahun 1990 di Moordrect, Belanda oleh warga keturunan Maluku yang lama menetap di Belanda.

Nama Satudarah diambil dari istilah Maluku ‘Katong satu dara’ yang artinya kita satu darah atau bersaudara. Geng motor ini sudah memiliki chapter di lebih dari 44 negara di dunia termasuk Indonesia.

Keberadaan geng motor ini sudah sejajar dengan Hell’s Angels, geng motor yang cukup disegani di Belanda, yang merupakan rival kuat dari Satudarah.

Satudarah termasuk dalam jajaran klub motor pelanggar hukum terbesar di Belanda. Presiden Satudarah, Angelo Manuhutu divonis 25 bulan penjara oleh pengadilan Belanda karena tindak pencucian uang.

Chapter Satudarah sudah mencapai 44 di seluruh Belanda dan telah membuka cabang di Belgia, Perancis, Spanyol, Indonesia, Malaysia, Denmark, Swedia, Jerman, Maroko, Norwegia, Singapura, Thailand, Curacao, Suriname, Swiss, Kanada, Australia, dan Turki.

Beda dari geng motor lainnya, Satudarah beranggotakan semua ras ke klub. Hal ini disebabkan sejarah pembentukan geng oleh sekelompok keturunan Maluku bersama dengan kerabatnya yang asli Belanda.

Sebagai informasi tambahan, sejumlah etnis di Belanda terdiri dari keturunan Belanda, Ambon, Suriname, dan lain-lain.

Bagaimana Moladiners menarik bukan Artikel Geng Motor Terbesarnya? Selain itu Untuk kamu yang sedang ingin mencari dan ingin membeli Motor kamu bisa cek di Moladin dan dapatkan berbagai motor dengan harga terbaik dan Cicilan Rendah, Jadi tunggu apalagi? Segera Beli Motor di Moladin.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Terbaru