5 Harga Aki Motor Vario 125, Banyak Pilihan!

by Firdaus Ali
Harga aki motor Vario 125

Berikut akan kami informasikan mengenai harga aki motor Vario 125 yang dijual di Indonesia. Menariknya, aki untuk skutik tersebut banyak pilihan merek dengan banderol yang berbeda-beda.

Aki motor atau biasa dikenal dengan accu motor merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang cukup penting dan perlu diperhatikan oleh pengendara. Sebab, Aki motor sendiri merupakan pusat dari segala sumber kelistrikan pada motor.

Jika dikatakan sebagai sumber listrik, maka segala fungsi motor yang menggunakan listrik seperti nyalanya lampu dan klakson juga tugas dari aki untuk menyuplai sumber energinya.

Dengan fungsinya yang menjadi sumber untuk memberikan kelistrikan bagi motor, maka kesehatan aki perlu untuk dirawat dan dijaga. Seperti, memastikan bagian kiprok berfungsi normal. Karena terdapat socket arus dari kiprok yang berfungsi mengisi ulang daya listrik ke aki, menjadikan adanya ketergantungan untuk aki tetap berfungsi normal. 

Bahkan dengan aki yang baru sekalipun dapat cepat rusak jika kiprok yang terpasang tidak sehat (tidak mengisi ulang daya aki). Begitu pula jika kabel kelistrikan sudah rusak, aki akan ikut cepat rusak.

Cara Kerja Aki Motor Pada Sistem Kelistrikan

Untuk memfungsikan penuh seluruh sistem kelistrikan, aki akan dibantu oleh berbagai parts lainnya. Mulai dari kabel-kabel pengantar, kiprok, sekring, relay, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui bahwa aki tidak bekerja sendiri untuk mengerjakan sistem kelistrikan, maka terdapat urutan energi yang dilalui aki atau cara kerja aki untuk berfungsi menghidupkan nyala lampu atau lainnya. 

Baca juga  Aki Hybrid vs Aki Kering Lebih Baik Mana?

Berikut adalah urutan cara kerja aki secara general dalam andilnya di sistem kelistrikan motor:

  • Aki mengalirkan arus AC menuju kiprok (rectifire) dan sepul (starter com).
  • Selanjutnya, arus listrik dari sepul akan menuju kiprok untuk berbagai fungsi.
  • Kabel hijau (G) sebagai arus negatif, kabel putih (W) untuk memfungsikan pick-up pulser, kabel kuning (Y) untuk lampu, dan merah (R) yang berfungsi mengisi ulang aki dan mengubah arus menjadi DC yang mengarah ke relay-relay.
  • Terdapat kabel berwarna hitam/merah (Bl/R) yang berasal dari sepul menuju ke CDI untuk berfungsi pada pengapian.
  • Dalam cara kerja ini, terdapat sekring (fuse) yang membuat arus untuk stabil dari aki menuju kiprok/sepul dan sebaliknya.

Cara kerja di atas merupakan milik dari kerja aki motor rilisan lawas. Kini kabel kuning (Y) yang berfungsi untuk menyalakan lampu, langsung mendapatkan perubahan arus menjadi DC saat keluar dari kiprok tanpa menuju ke aki terlebih dahulu. Oleh karena itu, motor yang rilis mulai 2015 memiliki lampu yang langsung hidup sejak saat kunci kontak diputar ke-ON.

Nah, setelah mengetahui apa itu aki motor dan cara kerjanya, kita kembali akan mengulas beberapa pilihan harga aki motor Vario 125 berikut ini:

1. GS Astra MF GTZ5S

Pilihan harga aki motor Vario 125 yang pertama adalah GS Astra MF GTZ5S yang dibanderol kisaran Rp200 ribuan. Aki Astra MF GT5S ini terkenal kuat dan awet dalam penggunaannya. Aki ini dilengkapi  teknologi valve regulates lead acid dan menggunakan separator Absorbent Glass Mat (GAM).

Baca juga  Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak

2. Bosch AGM RBT5S MF

Harga aki motor Vario 125 selanjutnya ada Bosch AGM RBT5S MF yang nggak kalah menarik dengan aki motor lainnya. Aki Bosch ini memiliki tipe aki kering yang paling diminati oleh para konsumen. Aki ini mengandung cairan elektrolit dengan ultra gel yang canggih.

Selain itu, aki ini juga sangat mumpuni karena telah mengantongi lisensi SNI, jadi pastinya aman digunakan. Teknologi ultra gel yang ditawarkan oleh aki Bosch memiliki beberapa keunggulan.

Yaitu menjadikan aki lebih efisien untuk mesin kendaraan, bebas korosi, anti bocor, dan spill-proof. Aki ini mampu menghasilkan arus listrik yang stabil dengan masa pakai lebih lama, sehingga nggak akan mudah tekor. Nah, untuk harganya sendiri sangatlah terjangkau yaitu Rp150 ribuan.

3. Aspira 11 – GTZ- 6CMF

Selanjutnya ada aki Vario 125 merek Aspira 11 – GTZ – 6CMF yang dibanderol kisaran Rp 200 ribuan. Aki motor ini menawarkan aki khusus untuk motor matic seperti Vario dan lainnya. Aki Aspira telah diklaim mampu bertahan lebih lama  dari aki jenis lain.

Hal tersebut karena dilengkapi dengan accu zuur yang sesuai, berkualitas dan tentunya dengan standar pabrik. Aki Motor ini memiliki tegangan 12 V dan bebas perawatan, karena diproduksi dengan teknologi valve regulates lead acid.

4. Yuasa MF

Harga aki motor Vario 125 merek Yuasa MF dibanderol kisaran Rp 250 ribuan. Aki ini merupakan keluaran dari Jepang yang dilengkapi dengan kualitas canggih. Aki Yuasa dapat digunakan untuk segala jenis motor matic ataupun motor biasa.

Baca juga  5 Penyebab Aki Mobil Tekor, Pelajari Dengan Benar!

Untuk pilihan jenis akinya sendiri, Yuasa memiliki aki kering atau aki basah. Nah, kamu bisa memilih jenis aki ini sesuai dengan kebutuhanmu. Aki keluaran Jepang ini memiliki voltase 12 volt dengan kapasitas 5 ampere. Aki Yuasa ini memiliki dimensi panjang 11,4 cm, lebar 7 cm dan tinggi 10,7 cm.

5. Motobatt MT6S

Selanjutnya, harga aki motor Vario 125 merek Motobatt MT6S yaitu Rp 200 ribuan. Aki Motobatt MT6S menawarkan berbagai jenis aki kering yang dilengkapi dengan bahan elektrolit gel.

Kenapa aki elektrolit Gel ini umurnya lebih panjang? Karena bahan gelnya ini mampu menghasilkan dan mengalirkan listrik dengan arus yang besar namun tetap stabil.

Kelebihan aki Motobatt ini adalah daya tahannya yang sangat kuat terhadap guncangan. Dengan teknologi tersebut nggak akan terjadi sel-sel yang nggak terendang akibat guncangan dan penguapan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika