Harga All New MU-X dan D-Max Juni 2024, Mesin Kecil Bertenaga

by Tigor Sihombing
kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x

Moladin kali ini menghadirkan ulasan tentang daftar harga All New MU-X dan D-Max untuk bulan Juni 2024.

Generasi terbaru dari All New MU-X dirilis pada tahun 2021 dan diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pada generasi ini, Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengadopsi strategi baru dengan hanya menawarkan satu varian, yakni 4×4 AT.

Model terbaru MU-X mengalami perubahan signifikan pada bagian wajah, terutama lampu dan gril, memberikan tampilan yang lebih modern dan jauh dari kesan pikap. Mobil ini berbagi platform dengan Mazda BT-50 dan menggunakan mesin baru RZ4E-TC, 1.900 cc, 4-silinder, DOHC, 16 katup, commonrail, plus intercooled VGS.

Mesin ini menggantikan mesin sebelumnya, 4JK1-TC 2.500 cc, dan menghasilkan tenaga lebih besar yaitu 147,9 hp dan torsi 350 Nm. Satu-satunya opsi transmisi adalah transmisi otomatis 6-percepatan yang baru. Sistem penggerak yang digunakan adalah 4WD dengan fitur shift on the fly, dan kapasitas tangki bahan bakar ditingkatkan menjadi 80 liter.

Dimensi All New MU-X adalah panjang 4.850 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.815 mm, dan wheelbase 2.855 mm. Beratnya mencapai 2,8 ton, dengan ground clearance 230 mm dan radius putar 5,7 meter. Semua roda menggunakan pelek 17 inci dan rem cakram, dengan suspensi depan independent dan suspensi belakang 5-link coil spring dengan stabilizer.

Fitur lainnya meliputi dua airbag, ABS+EBD+BA, traction control system, hill start assist, hill descent control, emergency stop signal, sensor dan kamera parkir, immobilizer, follow me home, electric parking brake + autohold, serta head unit 7 inci dengan Android Auto & Apple Car Play.

Baca juga  Bengkel Isuzu Berjalan, Solusi Layanan Purna Jual Era Pandemi

IAMI menjelaskan bahwa generasi ketiga MU-X telah dilengkapi dengan penguatan sasis, proteksi tambahan pada bagian kolong serta radiator dan intercooler, serta kemampuan berkendara di genangan air setinggi 0,8 meter. Generasi baru MU-X ini dijual dengan harga Rp559,8 juta.

Selain MU-X, IAMI juga meluncurkan generasi baru pikap D-Max dengan beberapa pilihan model.

Berikut adalah daftar harga terbaru untuk Isuzu D-Max dan Isuzu MU-X:

Daftar Harga Isuzu D-Max

  1. Isuzu D-Max DC: Rp 469.600.000
  2. Isuzu D-Max Rodeo M/T: Rp 497.600.000
  3. Isuzu D-Max SC: Rp 393.700.000

Daftar Harga Isuzu MU-X

  1. Isuzu MU-X 4×4: Rp 599.450.000

Spesifikasi Isuzu D-MAX

Sedangkan All New Isuzu D-Max juga hadir dengan satu pilihan mesin, yakni mesin diesel 1.900 cc dengan turbo, mesin yang sama dengan MU-X. Sekilas, kapasitas mesin ini tampak lebih kecil dibandingkan dengan pesaingnya yang menggunakan mesin 2.500 cc.

Namun, jangan tertipu oleh ukurannya. Mesin dengan kode RZ4E-TC ini menawarkan tenaga yang luar biasa. Mesin diesel 1.900 cc turbo ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 PS atau sekitar 147,9 TK pada 3.600 rpm. Torsinya juga mengesankan, mencapai 35,7 Kgm atau setara 350 Nm yang dapat dicapai pada putaran rendah, yaitu antara 1.800 rpm hingga 2.600 rpm.

Baca juga  Hadapi Regulasi Euro 4, Bagaimana Nasib Isuzu Panther?

Jadi, meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil, performanya tetap dapat diandalkan. Mesin bertenaga ini disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan. Sistem penggeraknya menggunakan teknologi 4WD Shift On The Fly, yang memungkinkan perpindahan dari mode 2H ke 4H tanpa harus berhenti, meski untuk mengaktifkan mode 4L, mobil harus dalam keadaan berhenti dan tuas transmisi di posisi netral.

Peralihan mode penggerak ini dapat diakses melalui kenop yang terletak di tengah dasbor. Saat berkendara di jalanan aspal, pengemudi bisa memilih mode 2H. Untuk medan off-road ringan, mode 4H dapat digunakan, sedangkan untuk medan yang lebih berat, mode 4L adalah pilihan yang tepat. Ketika mode 4L diaktifkan, fitur traction control akan secara otomatis nonaktif.

Salah satu fitur unggulan lainnya adalah Rear Differential Lock. Fitur ini sangat berguna ketika D-Max berada di medan off-road dan rodanya mengalami selip. Rear Differential Lock menyalurkan tenaga yang sama ke kedua roda belakang, sehingga membantu mobil keluar dari rintangan. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya bisa diaktifkan saat mobil berada dalam mode penggerak 4L.

Selain performa mesin yang mengesankan, All New Isuzu D-Max juga menawarkan berbagai keunggulan lainnya. Kabin D-Max dirancang untuk kenyamanan dan fungsionalitas, dengan berbagai fitur modern yang memudahkan pengemudi. Misalnya, terdapat kontrol yang mudah dijangkau dan digunakan, serta ruang kabin yang lapang.

Tidak hanya itu, D-Max juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Fitur-fitur seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dan brake assist (BA) turut meningkatkan keamanan berkendara. Pada medan off-road, fitur hill start assist dan hill descent control sangat membantu dalam menjaga kestabilan dan kontrol kendaraan.

Baca juga  Kapan Isuzu Luncurkan Mu-X 4x2 di Indonesia?

Promo Isuzu All New MU-X dan D-Max

Bagi para pemilik kendaraan Isuzu, Astra Isuzu menawarkan promo Paket SMART (Service Hemat Hanya di Astra Isuzu) yang berlaku dari 15 Mei hingga 19 Juli 2024. Promo ini menawarkan berbagai diskon menarik, seperti:

  • Diskon jasa hingga 15%
  • Diskon sparepart 5%
  • Diskon bahan 10%

Selain itu, program ONE DAY DEAL kembali hadir. Program ini menawarkan keuntungan besar bagi konsumen, termasuk doorprize dengan hadiah jutaan rupiah, special cashback, free admin, asuransi driver senilai 44 juta, DP dan bunga ringan, diskon purnajual, paket total solution, dan voucher total solution senilai Rp 500 ribu.

Perubahan strategi pada MU-X dan D-Max ini menunjukkan bagaimana Isuzu menyesuaikan diri dengan tuntutan pasar dan regulasi yang ada. Dengan mengurangi kubikasi mesin namun tetap mempertahankan performa, Isuzu memastikan bahwa kendaraannya tetap kompetitif di pasar yang semakin ketat.

Demikian ulasan harga All New MU-X dan D-Max. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika