Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Digoreng di IIMS Bikin Konsumen Kecewa, Emang Yakin laku?

by Tigor Sihombing
Suzuki Jimny 5 pintu konsep camping

Harga Suzuki Jimny 5 pintu digoreng. Meskipun Suzuki Jimny 5 pintu menawarkan daya tarik yang tidak dimiliki oleh saudaranya yakni Jimny 3 pintu.

Namun harga Suzuki Jimny 5 pintu yang digoreng bahkan hingga menyentuh puluhan juta rupiah di IIMS 2024 menimbulkan tanda tanya besar: Apakah yakin kendaraan ini akan laku diserap pasar seperti saudaranya?

Mobil yang diimpor langsung dari pabrik Maruti Suzuki di India ini dipasarkan dengan kisaran harga mencapai Rp 550 jutaan, naik sekitar Rp 80 juta dari harga standarnya di Indonesia Rp 470 on the road Jakarta.

Meskipun demikian, pihak penjual menjamin bahwa unit Jimny 5 pintu yang ditawarkan sangat terbatas, hanya tersedia dalam jumlah sedikit.

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu digoreng

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu digoreng

Estimasi awal dari Maruti Suzuki menyebutkan bahwa akan ada 100 unit Jimny lima pintu yang diimpor ke Suzuki Indonesia setiap bulannya, atau sekitar 1.200 unit per tahun.

Namun, tingginya minat dari konsumen telah menyebabkan pesanan mencapai 1.000 unit, menjadikan waktu tunggu untuk mendapatkan kendaraan mengular lebih lama.

Baca juga  Diskon Suku Cadang Suzuki 25 Persen di GJAW 2023!

Hal ini turut berpotensi membuat praktik peningkatan harga (upping price) menjadi hal yang umum dilakukan oleh sales-sales nakal, yang hendak mengail keuntungan seperti booming penjualan Suzuki Jimny 3 pintu.

“Ya kalau dulu (Jimny 3 pintu) harga melonjak kan karena dibentuk pasar. Kalau ini kan unit masih benar-benar baru launching masa sudah digoreng,” kata Hendrik pengunjung IIMS 2024 yang merasa kecewa.

Penjualan Suzuki Jimny 5 Pintu Kurang Laku

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu

Di India, penjualan Jimny 5 pintu menunjukkan penurunan yang signifikan sejak peluncurannya pada bulan Juli 2023.

Namun, pertanyaan dasar yang harus terjawab ialah apakah Suzuki Jimny 5 pintu akan mendapatkan sambutan yang sama dengan versi tiga pintunya di Indonesia?

Hal ini harus segera dibuktikan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengingat tren penjualan Suzuki Jimny 5 pintu di India sebagai basis produksinya sendiri telah menurun drastis.

Sebagai perbandingan, di India, data penjualan Jimny 5 pintu di menunjukkan penurunan yang signifikan bulan ke bulan.  Bahkan mencapai titik terendah pada bulan Januari 2024 dengan hanya 163 unit terjual, jauh dari angka penjualan awal yang mencapai ribuan unit.

Baca juga  4 Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2023, Cuma Mild Hybrid!

Penurunan ini mendorong Suzuki India untuk menyesuaikan harga beberapa varian Jimny, namun hal ini belum mampu mengembalikan tren positif dalam penjualan.

Dengan demikian, Suzuki harus berbenah untuk mengatasi tantangan ini dan menjawab kebutuhan konsumen India agar Jimny 5 pintu dapat kembali bersinar di pasar otomotif India, terutama mengingat India adalah basis produksi utama untuk kendaraan ini.

Dengan pertimbangan ini, keberhasilan Suzuki Jimny 5 pintu di Indonesia tentu menjadi hal yang menarik untuk dipantau lebih lanjut, terutama dengan kondisi pasar dan minat konsumen yang berbeda-beda dari satu negara ke negara lainnya.

Data penjualan Suzuki Jimny 5 pintu di India:

  • Juli 2023: 3.778 unit terjual
  • Agustus 2023: 3.104 unit terjual
  • September 2023: 2.651 unit terjual
  • Oktober 2023: 1.852 unit terjual
  • November 2023: 1.020 unit terjual
  • Desember 2023: 730 unit terjual
  • Januari 2024: 163 unit terjual

Demikian ulasan terkait Harga Suzuki Jimny 5 Pintu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika