by

Daftar Harga Suzuki Karimun Bekas, Mulai Rp 45 Jutaan

Harga Suzuki Karimun bekas saat ini sangatlah terjangkau. Bahkan ada yang dipasarkan mulai dari Rp 45 jutaan untuk lansiran tahun 2000 alias Karimun Kotak. Sementara untuk yang tahun 2013 ke atas atau Wagon R, dijual mulai Rp 60 jutaan. 

Jika melihat sejarah Suzuki Karimun di Indonesia, mobil dengan segmen city car ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1998. Ketika itu statusnya Completley Built Up (CBU) dari Jepang.

Selang satu tahun kemudian tepatnya bulan September 1999, Indomobil Group meluncurkan Suzuki Karimun rakitan Indonesia alias Completely Knocked down (CKD).

Meski demikian, di pasar mobil bekas, Suzuki Karimun generasi pertama tersebut lebih banyak dijual dengan NIK tahun 2000. Untuk lansiran tahun 1999 jarang populasinya. Hal tersebut nampaknya agar unit mobil mendapat NIK tahun yang lebih muda. Begitu juga dengan Karimun CBU yang sulit ditemui unitnya.

Mobil dengan segmen city car ini mengusung desain boxy alias kotak namun terlihat modern. Peluncurannya mendapat respon yang positif dari konsumen, saat itu mobil ini bersaing dengan pabrikan otomotif asal Korea Selatan yaitu Hyundai Atoz dan Kia Visto.

Meski berstatus City Car, dimensi Suzuki Karimun cukup bongsor dikelasnya. Yaitu mempunyai panjang 3.410 mm, lebar 1.575 mm dan tinggi 1.705 mm serta jarak poros roda 2.335 mm.

Baca juga  Penjualan Suzuki XL7 Moncer, Segmen SUV Makin Subur

Ukuran tersebut tentunya menjadi nilai lebih karena ruang kabinnya lebih lega. Sebab jika dibandingkan dengan kedua pesaingnya, tercatat Hyundai Atoz dan Kia Visto mempunyai dimensi lebar 1.495 mm.

Singkat cerita, Suzuki Karimun dalam perjalanannya telah melakukan beberapa kali transformasi. Mulai dari berubah jadi Suzuki Estilo, kemudian hingga menjadi mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan nama Karimun Wagon R. 

Akhirnya pada November 2021, Suzuki Karimun Wagon R resmi disuntik mati alias berhenti produksinya. Lalu dari berbagai model Karimun tersebut, mana yang lebih layak dibeli?

Sebelum membuat keputusan, ada baiknya kamu ketahui spesifikasi dan harga Suzuki karimun bekas dari tahun ke tahun. Mari simak ulasannya berikut ini:

Suzuki Karimun Kotak Paling Banyak Diburu 

harga suzuki karimun bekas
Karimun edisi pertama di Indonesia

Harga Suzuki Karimun bekas edisi pertama yang dikenal dengan karimun kotak lansiran tahun 2000 – 2006 ada dikisaran Rp 45 juta hingga Rp 63 jutaan. Tergantung dari kondisi bodi, interior, mesin, kaki-kaki serta keabsahan suratnya.

Suzuki Karimun generasi pertama ini mengusung mesin berkode F10A dengan kapasitas 970 cc, 4-silineder SOHC yang dikombinasikan dengan transmisi manual 4-percepatan yang dikenal bandel serta irit dalam hal konsumsi bahan bakarnya. Mesin ini juga ternyata digunakan Suzuki Katana dan Suzuki Carry 1.0 liter yang sudah teruji durabilitasnya.

Mobil ini tersedia dalam dua varian, DX untuk varian entry level dan GX untuk varian tertingginya.

Baca juga  Suzuki dan Toyota Kembangkan C-HR Bermesin Ertiga

Adapun pada varian GX sudah dilengkapi dengan roof rail, fog lamps, gril krom, pelek palang 5, dan wiper belakang.

“Suzuki Karimun edisi pertama lebih banyak dicari orang dibandingkan generasi setelahnya. Sebab desainnya lebih modern serta kabinnya lebih lega,” ungkap Jeffry, salah satu Staff diler mobil bekas dibilangan Cirendeu. (24/11/2021).

Harga Suzuki Karimun Estilo Cuma Rp 50 Jutaan

harga suzuki karimun bekas
Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo merupakan generasi kedua, hadir pada tahun 2007 hingga 2008 dengan tampilan yang berubah total. Untuk harga bekasnya ada dikisaran Rp 53 juta hingga Rp 58 jutaan.

Tampilannya lebih imut, namun sayang desain baru tersebut kurang diminati konsumen di Indonesia. Peminatnya masih lebih banyak Karimun generasi pertama.

Sementara itu, untuk jantung mesin juga berubah. Karimun Estilo menggunakan mesin berkode F10J, berkapasitas 1.100 cc dengan tenaga maksimal diklaim mencapai 65 PS.

Karimun Estilo Facelift Dijual Lebih Mahal

harga suzuki karimun bekas
Suzuki Karimun New Estilo

Selanjutnya pada tahun 2009 -2012 Suzuki Indonesia mencoba peruntungan Kembali dengan meluncurkan Suzuki New Karimun Estilo alias versi facelift.

Tampilan keseluruhannya sekilas tidak berubah, namun jika diperhatikan bagian grill depan berbeda, ukurannya lebih besar yang dipadukan dengan bumper depan yang desainnya lebih modern.

Oh ya, bagian mesinnya juga kembali dirubah. Yaitu menggunakan mesin K10B berkapasitas 998 cc dengan teknologi Double Overheat Camshaft (DOHC) injeksi. Hasilnya, mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimum 69 PS dengan torsi 90 Nm.

Baca juga  Suzuki Ertiga vs Honda Mobilio, Bagus Mana?

Untuk harga Suzuki Karimun Estilo bekas versi facelift, ada dikisaran Rp 65 jutaan.

Harga Suzuki Karimun Wagon R

harga suzuki karimun bekas
Suzuki Karimun Wagon R

Harga Suzuki Karimun bekas Wagon R lansiran 2013 – 2019 kisaran Rp 62 juta hingga Rp 75 jutaan. Banderol tersebut tergantung tahun produksinya, semakin tua maka semakin murah.

Suzuki Karimun Wagon R ini masuk dalam kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang notabennya mobil dengan harga murah dan ramah lingkungan.

Karimun Wagon R memiliki kabin dengan rancangan yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang. Hal tersebut dibuktikan dengan dimensi panjang 3.635 mm, lebar 1.475 mm serta tinggi 1.670 mm dan mempunyai jarak sumbu roda 2.400 mm.

Tampilannya mengusung desain yang kembali lagi ke awal yaitu mengotak. Selain itu juga sudah menggunakan transmisi Auto Gear Shift (AGS) untuk varian tertingginya atau Wagon R GS.

“Suzuki Karimun Wagon R masih banyak yang mencari, Khususnya konsumen yang tinggal di Jakarta. Selain irit BBM, perawatannya mudah dan harga part tidak mahal,” tutup Sulaiman.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga Suzuki Karimun bekas. Tertarik membeli yang tahun berapa? Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru