oleh

Daftar Harga Toyota Calya Bekas, Masih Masuk Akal!

Tahu informasi daftar harga Toyota Calya bekas dari tahun ke tahun, tentunya penting untuk kamu yang menginginkan mobil terjangkau dan muat banyak. Para pedagang mobil bekas, ada yang menjualnya di bawah Rp 100 juta. Cocok sekali buat taksi online, bukan?

Sebagai informasi, Toyota Calya bekas merupakan salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang beredar di Indonesia. Mobil ini hadir sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Di mana Pada ketentuan teknis aturan tersebut dinyatakan bahwa besaran harga jual mobil LCGC paling tinggi di angka Rp 95 juta, berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek. Namun begitu, banderol itu bisa berubah, tergantung indikator ekonomi dan teknologi yang diterapkannya.

Mobil ini pertama kali mengaspal pada tahun 2016 berbarengan dengan Daihatsu Sigra. Ketika itu, Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 129.650.000 hingga Rp 150.000.000.

Soal mesin, Toyota Calya menggunakan mesin dengan kode 3NR berkapasitas 1.197 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Di atas kertas tenaga maksimumnya mencapai 87 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya ada di 108 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Menariknya, meski menyandang sebagai mobil LCGC, kapasitas Calya adalah 7 penumpang. Alhasil mobil ini masuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan tentunya menjadi idola untuk market yang menginginkan mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Baca juga  Toyota Yaris GR Sport Juara ITCR Max 2021

Tiga tahun berselang, tepatnya pada tahun 2019 Toyota Calya mengalami refreshment alias facelift. Dimana terdapat tambahan fitur yang lebih modern untuk menunjang penampilannya menjadi terlihat “lebih mahal”.

“Toyota Calya lakunya cepat. Sebab harganya terjangkau, perawatan mudah, harga sparepart terjangkau serta mesin dapat diandalkan,” terang Bobby, salah satu pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu (4/6/2022).

Kembali ke pembahasan harga Toyota Calya bekas, pastinya dengan tahun muda dan nominal terjangkau sangatlah menarik untuk dipunya. Ini bisa jadi pilihan rasional, dibanding beli Calya baru.

Biar kamu tidak penasaran, mari kita simak ulasannya daftar harga Toyota Calya bekas dari tahun ke tahun:

Toyota Calya 2016 – 2018, Harga Mulai Rp 98 Jutaan

harga toyota calya bekas
Toyota Calya 2016 – 2018

Harga Toyota Calya edisi pertama mulai di kisaran Rp 98 jutaan untuk varian E MT dan Rp 105 jutaan untuk varian E MT dan varian E AT harganya dikisaran Rp 107 hingga Rp 114 jutaan. Adapun untuk Toyota Calya generasi pertama menghadirkan pilihan E Std, E MT, E AT, G MT dan G AT.

Sementara itu, untuk varian G MT dan G AT di angka Rp 120 juta sampai Rp 135 jutaan. Tergantung kondisi mobil serta keabsahan surat—suratnya.

Desain eksterior Toyota Calya generasi pertama ini terlihat simpel. Kombinasi grill dengan aksen krom yang seolah menyatu dengan headlampnya untuk varian E AT, G MT dan G AT. Untuk varian E MT warna grill senada dengan warna body mobil.

Baca juga  5 Perbedaan Toyota GR Yaris Vs TRD Sportivo

Untuk velg, varian E MT menggunakan jenis velg kaleng. Sementara untuk varian di atasnya sudah mengadopsi velg alloy. Semua varian mempunyai ukuran velg yang sama, yaitu ring 14. Kemudian untuk profil ban 175/65R14.

Bagian interior tampilannya sederhana, wajar karena mobil ini segmentasinya LCGC. Namun begitu, tata letak dashboard dari Calya terlihat apik dan modern. Untuk sistem audio, Calya generasi pertama mengadopsi double din yang bisa memutar radio dan sudah dilengkapi Bluetooth dan AUX.

Soal fitur, meski menyandang mobil LCGC, Toyota Calya generasi pertama (2016 sampai 2018) disemua varian sudah menggunakan Dual 2 SRS Airbags dan sabuk pengaman disetiap kursinya, dan power window.

Oh ya, berbicara sistem pengereman, Calya generasi pertama terbilang sudah cukup canggih. Di mana untuk tipe E, rem depan menggunakan rem cakram dan rem belakang menggunakan rem tromol. Untuk tipe G pengeremannya menggunakan sistem ABS. Fitur keamanan Toyota Calya menggunakan fitur Immobilizer dan remote alarm sehingga bisa memberikan keamanan ekstra ketika mobil berada di parkiran.

Toyota Calya 2019 Sampai Sekarang (Rp 135 juta hingga Rp 150 jutaan)

harga toyota calya bekas
Toyota Calya facelift (2019)

Mendapat respon positif, toyota Calya akhirnya bersolek alias facelift pada akhir tahun 2019. Yup, mobil MPV LCGC ini hadir dengan desain yang lebih modern serta didukung fitur-fitur yang mumpuni.

Baca juga  Toyota GR Corolla Hadir di Jepang, Ini Spesifikasinya

Pada sisi eksterior ubahannya terlihat signifikan. Bagian grill dari Calya facelift lebih mirip dengan Toyota Avanza. Yaitu mengusung desain garis horizontal dipadukan lampu depan dengan model baru, yakni model bertumpuk dengan posisi lampu sein di bawah lampu utama.. Selain itu foglamp Calya baru kini berbentuk segitiga, sedangkan model lamanya segitiga terbalik.

Oh ya, untuk velg ukurannya masih sama yaitu 14 inchi. Namun desainnya sedikit agak berbeda, meski masih mengusung gaya palang lima. Untuk bagian belakang, Calya facelift 2019 ini masih sama dengan yang lansiran 2016.

Ubahan yang signifikan pada Calya facelift 2019 adalah pada kelengkapan fitur-fiturnya. Yup, mobil 7-seater LCGC ini sudah mengadopsi fitur spion elektrik, lampu depan LED, serta head unit touchscreen yang bisa mengakomodasi USB, AUX, serta kamera parkir.

Kemudian, untuk fitur keselamatan juga sudah ada Electronic Brake Distribution (EBD) untuk melengkapi dari sistem rem ABS. untuk fitur rem ini hanya tersedia di Calya varian G. nah, soal harga Toyota Calya bekas facelift 2019 ini memang masih di atas Rp 120 juta. Yaitu dikisaran Rp 135 juta hingga Rp 150 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga Toyota Calya bekas. Buat kamu yang ingin membeli mobil dengan kapasitas 7 penumpang dan harga yang kompetitif, Toyota Calya bisa menjadi pilihan menarik.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru