Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga Yamaha NMAX 2024 Lengkap 3 Varian serta Kelebihan dan Kekurangannya

by Firdaus Ali
Harga Yamaha NMAX 2024

Berikut kami ulas harga Yamaha NMAX 2024, dimana setiap tahunnya harga skutik gambot itu terus mengalami kenaikan karena peminat motor Maxi Yamaha paling populer di keluarga MAXI Yamaha ini terus bertambah.

Yamaha NMAX pertama kali diluncurkan pada 15 Februari 2015. Motor ini lahir perdana di Tanah Air untuk dunia dengan mengambil lokasi di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

NMAX memang bukan motor matik bongsor pertama di Indonesia, lantaran sudah ada Honda PCX 150 lebih dulu. Meski lahirnya agak terlambat, namun NMAX menawarkan sesuatu yang beda. Mulai dari harga terjangkau, hingga performa mesin mantap.

Yamaha NMAX saat itu dijual Rp 27,4 juta (OTR Jakarta). Jauh lebih murah dibanding PCX selaku kompetitor yang dipasarkan dengan banderol Rp 40 jutaan. Meski murah, namun dari sisi fitur tidak kalah dibanding PCX.

Mulai dari jantung mekanis yang mengadopsi teknologi katup variabel (VVA). Kelebihannya ialah mampu menggelontorkan torsi dan tenaga lebih hebat di setiap rentang putaran mesin.

Desain motor matik pabrikan garputala ini juga punya aura sporty lebih kental. Nampak jelas dari aplikasi ban berukuran lebar dengan komposisi iukuran bang depan 110/70-13 dan 130/70-13.

Fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS) dual channel juga sudah jadi kelengkapan perlengkano hadir. Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Harapannya dengan ABS, pengendara bisa menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Untuk melengkapi NMAX ABS, akhirnya pada 22 Juni 2015 lahirlah NMAX tanpa ABS. Harganya jauh lebih murah, ketika itu dijual Rp23,5 juta (OTR Jakarta).

Meski tidak punya ABS, namun rem cakram di kedua roda masih tersemat. Lalu bobotnya juga lebih ringan 1 Kg, menjadi 119 Kg.

Pada 3 Desember 2019, Yamaha NMAX generasi kedua hadir. Motor ini mendapat revisi penuh bila dibandingkan versi sebelumnya. Mulai dari mesin, fitur, sampai dengan desain berubah.

NMAX generasi kedua punya tampilan lebih berotot dengan lekuk-lekuk tubuh lebih kuat terasa. Kemudian desain lampu depan dan belakang dibuat lebih pipih, sehingga terkesan agresif.

Perbedaan lain ada di jantung mekanis. Walau sama-sama pakai kapasitas 155cc dengan teknologi VVA, namun jeroannya beda. NMAX generasi kedua dibuat jauh lebih bertenaga. Sementara torsi sedikit dikurangi.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM NMax Baru Vs Lama, Irit Apa Boros?

Tujuan revisi tersebut untuk menjadikan rasa berkendaranya semakin nikmat. Bukan cuma itu, Yamaha juga memberi berbagai fitur modern khusus di varian tertinggi. Ada panel instrumen yang sanggup terkoneksi smartphone (Y-Connect), keyless, kendali traksi (traction control), dan suspensi belakang dengan pengaturan tingkat kekerasan.

Dari sisi harga, NMAX generasi kedua saat pertama kali meluncur dijual mulai Rp29,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar. Sementara varian ABS/Connected dipasarkan Rp33,75 juta (OTR jakarta).

Setelah mengetahui perjalanan singkat Yamaha NMAX di Indonesia, mari kita simak harga Yamaha NMAX 2024 berikut ini:

Harga Yamaha NMAX 2024 Terbaru

Harga Yamaha NMAX 2024 terbagi menjadi 3 varian, Standard, S Version dan Connected/ABS. Berikut daftar harganya yang kami lansir dari laman resmi Yamaha Motor Indonesia:

  • Yamaha NMAX Standard: Rp 32.175.000
  • Yamaha NMAX S Version: Rp 33.175.000
  • Yamaha NMAX Connected/ABS: Rp 36.300.000

Sebagai informasi, setiap varian dari Yamaha NMAX juga menawarkan pilihan warna yang berbeda-beda. Untuk varian Standard ada kelir Metallic Blue, Matte Green, Metallic Red dan Maxi Signature (hitam).

Kemudian untuk varian S Version ada warna Metallic Red, Matte Green, Prestige Silver dan Maxi Signature (hitam). Sementara itu untuk varian flagship alias Conntected/ABS ada warna Prestige Silver, Maxi Signature (hitam) dan Matte Green.

Kelebihan Yamaha NMAX

Setelah mengetahui harga Yamaha NMAX 2024, selanjutnya akan kita informasikan beberapa kelebihan Yamaha NMAX. Berikut daftarnya:

Bisa Terkoneksi Dengan Smarphone

Kelebihan Yamaha Nmax yang pertama adalah panel instrumen terkoneksi smartphone. Teknologi ini dinamakan sebagai Comunication Control Unit (CCU). Menariknya CCU tersebut merupakan pertama kalinya diterapkan di motor buatan Indoensia.

Bila ingin terkoneksi dengan smartphone, pemilik motor harus lebih dulu mengunduh aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang berbasis Bluetooth. Fungsi utama Y-Connect untuk membuka fitur-fitur baru yang berhubungan dengan motor.

Mulai dari posisi parkir, waktu servis, konsumsi bahan bakar, hingga kerusakan motor. Semua itu bisa diakses lewat smartphone. Di samping itu, panel instrumen Nmax juga mampu memberi informasi bila ada pesan atau telepon masuk.

Baca juga  Harga Yamaha Lite Version: NMAX, Aerox, Filano dan Fazzio 2023!

Hanya saja, konektivitas smartphone ini cuma tersedia di varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected

Sudah Mengadopsi Traction Control System

Varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected sudah dilengkapi fitur keselamatan istimewa berupa traction control system (TCS). Fitur ini mampu menjaga ban agar tidak selip saat berakselerasi di jalan licin.

Cara kerja TCS dengan membaca putaran roda depan dan belakang. Kalau ada perbedaan, maka memutus distribusi tenaga ke roda belakang. Tekniknya bisa dengan memundurkan timing pengapian dan mengurangi suplai bensin melalui injektor. Alhasil ban mampu mencengkeram aspal dengan sempurna.

Fitur TCS secara bawaan pabrik otomatis aktif untuk varian NMAX ABS/Connected. Meski demikian, TCS dapat dinonaktifkan dengan pengaturan di tuas sebelah kiri.

Kendali traksi atau traction control disebut sebagai keunggulan NMAX, lantaran kompetitor belum punya. Bahkan motor 150cc lain juga belum ada yang memilikinya. TCS kebanyakan dimiliki oleh motor 250cc ke atas seperti Yamaha XMAX dan Vespa GTS Super Tech 300.

Suspensi Tabung Yang Bisa Diatur Tingkat Kekerasannya

Di dalam suspensi tabung Nmax terdapat beberapa komponen, salah satunya balon berisi nitrogen. Balon tersebut berfungsi mencegah oli shock tercampur udara. Dengan demikian, diharapakan kerja suspensi selalu optimal setiap waktu.

Menariknya lagi, di varian Nmax ABS/Connected tersedia fitur pengaturan kekerasan untuk suspensi belakangnya. Ada dua tingkat kekerasan. Level 1 dipakai bila ingin berkendara sendirian, ini bawaan pabrik. Sementara level 2 yang lebih kaku untuk berboncengan.

Cara mengaturnya mudah, cukup colok lubang di suspensi dengan obeng kembang. Kemudian putar searah jarum jam untuk pindah ke level 2. Jika ingin balik lagi ke level 1 cukup putar berlawanan dengan jarum jam.

Teknologi Katup Variabel (VVA)

Keunggulan NMAX selanjutnya adanya katup variabel (VVA) pada mesinnya. Manfaat fitur ini untuk memberikan performa terbaik di setiap rentang putaran mesin. Jadi tidak hanya di putaran mesin bawah saja yang bagus, di atas juga mantap.

Cara kerja VVA dengan mengatur profil kem sesuai putaran mesin. Saat mencapai 6.000 rpm, maka selenoid actuator mendorong kem ke profil lebih tinggi. Alhasil putaran mesin atas bakal istimewa.

Ketika dipakai berkendara, kamu akan merasakan seperti ada dorongan tenaga. Tidak banyak memang, namun cukup untuk membuat mesin terasa terus mengisi. Tidak ngempos.

Baca juga  Skutik Rp 20 Jutaan, Pilih Yamaha Lexi atau Freego?

Begitu pula saat Nmax desearasi dan putaran mesin kurang dari 5.500 rpm. Maka dorongan selenoid actuator otomatis akan berhenti. Profil kem pun berubah jadi rendah kembali.

Kekurangan Yamaha NMAX

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, begitu juga dengan Yamaha NMAX. Berikut daftarnya:

Tidak Semua Pakai Keyless

Kekurangan Yamaha NMAX yaitu tidak semua varian dilengkapi keyless. Hanya di varian tertinggi atau NMAX ABS/Connected. Sementara NMAX Standard masih pakai anak kunci konvensional.

Ini disebut sebagai kekurangan NMAX, lantaran Honda PCX 150 selaku kompetitor telah mengaplikasikan fitur ini sebagai standar. Keyless hadir di motor Honda sejak varian paling rendah alias PCX CBS.

Padahal kehadiran keyless cukup penting di motor, terutama untuk mencegah maling. Fitur keyless terintegrasi immobilizer yang membuat mesin tidak bakal aktif tanpa remote bawaan. Tentunya hal ini menyulitkan tangan-tangan jahil yang mau menggondol motor kamu.

Ground Clearance Rendah

Ground clearance NMAX baru ternyata cuma 124 mm. Ini lebih pendek dari generasi sebelumnya yang mencapai 135 mm. Entah apa alasan Yamaha menguranginya. 

Celakanya lagi, ground clearance tersebut juga jauh lebih rendah dari punya Honda PCX selaku kompetitor. Jarak terendah ke tanah notor matik pabrikan berlogo sayap tersebut mencapai 137 mm.

Torsi Lebih Kecil Dibanding NMAX Lama

Mesin NMAX lama mampu menghasilkan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm. Sementara NMAX baru, torsinya cuma 13,9 Nm. Ada penurunan sekitar 0,5 Nm.

Ternyata usut punya usut, Yamaha melakukan penyesuaian torsi tersebut, agar NMAX terbaru tidak terlalu mengentak saat berakselerasi. Dengan penurunan torsi, akselerasinya diklaim lebih nyaman.

Meski demikian, tetap saja ini penurunan performa. Terlebih untuk tarikan awal. Ditambah lagi, bobot NMAX terbaru lebih berat sekitar 5 kg.

Moladiners, itulah ulasan harga Yamaha NMAX 2024 beserta sejarah singkat, kelebihan dan kekurangannya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika