Hino Mantapkan Eksistensi Jadi Market Leader Bus di Indonesia

by Ivan
Hino Market Leader Bus di Indonesia

Pasar otomotif Tanah Air tidak saja berbicara market kendaraan penumpang saja, tapi juga ada pasar kendaraan komersial termasuk bus di dalamnya. Nah untuk tahun ini Hino klaim menjadi market leader bus di Indonesia.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku main distributor resmi kendaraan Hino di Indonesia, terus memperkuat posisi sebagai market leader bus di Indonesia dengan menguasai lebih dari 60% market share. Dimana khusus periode Oktober – November 2023, banyak perusahaan otobus (PO) merilis armada terbaru menggunakan sasis – sasis bus Hino.

Sebut saja sasis bus Hino Bus AK240, RK280 dan line up bus terbaru Hino di era Euro4. Termasuk sasis RM 280 yang hadir dengan sasis space frame dan dilengkapi air suspension sukses menjadi incaran perusahaan otobus.

Unit Terbaru PO Tranex Hino Bus RM 280 ABS

Unit Terbaru PO Tranex Hino Bus RM 280 ABS

Banyak perusahaan otobus asal Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera yang baru saja memperkenalkan armada terbaru mereka menggunakan sasis bus Hino. Mulai dari PO 27 Trans, PO Akas Mila, PO Arimbi, PO Bagong Grup, PO Dali Prima, PO Efisiensi, PO Eka, PO Garuda, PO Gunung Harta, PO Harapan Jaya. Ada juga PO Haryanto, PO Jaya Utama, PO Juragan 99, PO KYM, PO Prima Jasa, PO Ramayana, PO Sinar Jaya, PO Subur Jaya, PO Tami Jaya dan PO Tunggal Jaya.

Baca juga  Spesifikasi Hino RM 280 ABS, Bodi Pakai Karoseri Laksana Legacy SR3 XHD

Untuk perusahaan bus asal Sulawesi ada PO Adhi Putra. Juga tidak ketinggalan PO asal Pulau Sumatera yang melayani rute Trans Sumatera hingga ke Pulau Jawa semisal Transport Express di Sumatera Barat, PO Ranau Indah asal Sumatera Selatan, PO Putra Simas dari Bengkulu dan PO Vido Trans Nusa,Lampung.

“Kami sangat senang melihat semakin banyaknya PO bus yang memilih sasis bus Hino, terutama RM 280 untuk armada terbarunya. Hal ini menunjukkan bahwa Hino terus dipercaya oleh pelanggan kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik sebagai armada terbaru untuk menopang transportasi masyarakat,” ujar Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI.

Spesifikasi Hino RM 280

Tiga armada Hino Bus terbaru pesanan PO Harapan Jaya

Tiga armada Hino Bus terbaru pesanan PO Harapan Jaya

Salah satu sasis bus paling laris dan menjadi andalan PT HMSI tentus saja sasis bus Hino RM 280. Bus ini sendiri memiliki berbagai keunggulan seperti mesin J08E-WD 6 silinder dengan teknologi common rail yang menghasilkan tenaga 285 PS dan torsi 834 Nm, sehingga mampu memberikan performa yang tangguh dan efisien.

Baca juga  Dua Sasis Bus Hino Jadi Pilihan PO EPA Star Palembang

Bus Hino RM 280 didukung transmisi MX07 yang memiliki 7 percepatan dengan kombinasi rasio gigi lebih optimal untuk performa kecepatan tinggi dan efisiensi bahan bakar. RM 280 turut dilengkapi dengan Wide Air Suspension memberikan kenyamanan berkendara yang optimal. Juga sasis space frame yang mudah diaplikasikan untuk beragam model bodi.

Sasis space frame ini seperti nampak pada bagasi bus yang bisa dibuat tembus dari kanan ke kiri, sehingga daya angkut lebih banyak. Sementara untuk fitur keselamatan Hino Bus RM 280 turut dilengkapi dengan varian pengereman ABS.

Hino Bus RM 280 sudah dilengkapi  varian pengereman ABS

Hino Bus RM 280 sudah dilengkapi varian pengereman ABS

Dari sisi layanan purna jual, Hino pun sangat siap untuk mendukung industri transportasi. Layanan purna jual bus Hino sangat terkenal dengan biaya perawatan dan suku cadang yang ekonomis. Ketersedian jaringan dealer yang tersebar luas dari Aceh sampai Papua dan tentu saja mekanik yang terlatih dan berpengalaman.

“Dari data Gaikindo selama Januari – Oktober 2023 ini, Hino Bus menguasai 64% market share pasar Bus di Indonesia. Hasil ini membuat kami bangga karena Bus Hino terus menjadi market leader di Indonesia. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh customer yang telah memberikan kepercayaan kepada Hino menjadi mitra terpercaya bagi industri transportasi antar kota antar propinsi maupun pariwisata di Indonesia” tutup Santiko.

Baca juga  Bus Hino Terbaru Milik PO Yoanda Prima Siap Libas Jalur Sumatera

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputaar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika