by

Honda City Hatchback Resmi Dijual, Ada Versi Murah

Akhirnya Honda City Hatchback memamerkan dirinya dalam world premiere di Thailand, Selasa (24/11/2020). Mobil khas anak muda ini dipasarkan mulai 599,000 baht untuk varian S+ atau setara Rp 279 jutaan.

Banderol tersebut terbilang murah, mengingat kehadiran mesin turbo berperforma mantap di dalam kap mesinnya. Di atas kertas, jantung mekanis 3 silinder DOHC tersebut mampu melontarkan torsi hingga 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm dan tenaga maksimal 122 PS pada 5.500 rpm.

Mobil anyar ini juga tidak tersedia dalam pilihan transmisi manual untuk pasar Thailand. Alhasil pemilik kendaraan cuma bisa mengandalkan CVT sebagai sistem distribusi tenaga.

Kenapa harga Honda City Hatchback bisa murah? Salah satu penyebabnya, banderol tersebut hanya untuk varian S+ atau paling rendah.

City Hatchback Varian Terendah, Dapat Apa?

honda city hatchback S+
Varian paling rendah dapat terlihat dari penggunaan pelek warna silver

Sebagai kompensasi harga terjangkau, banyak fitur yang disunat untuk City Hatchback S+. Ambil contoh untuk eksterior terlihat lampu depan masih bohlam proyektor dan pakai pelek warna silver ukuran 15 inci.

Masuk ke interior, joknya juga belum dilapis kulit. Tidak ada head unit layar sentuh. Fitur cruise control dan paddle shift hilang. AC belum otomatis.

Baca juga  Nasib Honda Jazz, Digantikan City Hatchback?

Honda juga tidak memberi kompartemen tengah untuk City Hatchback varian paling rendah. Begitu pula dengan arm rest di jok belakang.

Meski dalam hal kenyamanan banyak yang hilang, tapi Honda City Hatchback S+ mendapat fitur keselamatan mumpuni seperti varian lain. Ambil contoh airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), vehicle stability assist (VSA), hill start assist (HSA), dan emergency stop signal (ESS).

Satu lagi yang tidak kalah menarik adalah pelipatan bangku fleksibel. Jok baris keduanya dapat dilipat 60:40, rata dengan lantai, bisa pula dibuat sedemikian rupa agar ruang di tengah jadi semakin lega. Kamu juga dapat membuat semua jok rebah untuk dipakai tidur.

Varian RS, Fiturnya Berlimpah

interior city hatchback rs
Tersedia head unit layar sentuh 8 inci yang terintegrasi Apple CarPlay di City Hatchback RS

Untuk konsumen yang menginginkan fitur modern berlimpah, Honda City Hatchback RS bisa jadi pilihan. Dari eksterior terlihat penggunaan lampu depan LED. Kemudian pelek, grile, dan beberapa aksen lain didominasi penggunaan warna hitam.

Tidak ketinggalan, Honda juga memberi ukuran pelek lebih besar mencapai 16 inci. Penanda lain di eksteriornya, hadir lampu kabut.

Baca juga  10 Mobil Terlaris Sepanjang November 2020

Kemudian interior City Hatchback RS sudah menggunakan jok kulit dengan kombinasi aksen merah agar kesan sporty terasa. Hadir pula AC otomatis, paddle shift, cruise control, dan 3 power outlet untuk penghuni kabin.

Head unit layar sentuh 8 inci pun ikut meningkatkan kesan modern. Menariknya lagi, fitur Apple CarPlay sudah terintegrasi sehingga bisa memudahkan koneksi smartphone. Agar kenyamanan semakin terasa, Honda memberi 8 speaker yang bisa memanjakan telinga saat mendengar musik.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Honda City Hatchback RS dijual 749000 baht atau setara Rp 349 jutaan. Jika dianggap terlalu mahal, ada pula varian tengah yang bernama SV, harganya 675000 bath yang bila dikurs ke mata uang Indonesia sekitar Rp 315 jutaan.

Kabarnya kehadiran, mobil ini sekaligus menggantikan eksistensi Honda Jazz. Hanya saja sampai sekarang, di laman Honda Thailand, Jazz masih diniagakan berbarengan dengan City Hatchback.

Untuk mengetahui informasi terbaru soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru