oleh

Honda Civic RS Jadi Safety Car Mandalika Track Day 2022

Mobil sedan sport, Honda Civic RS jadi safety car di Mandalika Track Day 2022. Ajang tersebut berlangsung pada 21-22 Mei 2022, diperuntukkan buat para komunitas dan pembalap yang ingin menjajal Sirkuit Mandalika.

Mandalika Track Day merupakan acara pertama setelah sirkuit tersebut diresmikan pada 12 November 2021. Selama acara akan ada track day, drift show, serta coach drift.

Sebagai informasi Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,303 Km. Kemudian sampai sekarang sudah pernah dijadikan lokasi untuk berbagai ajang internasional seperti seri penutup FIM World Superbike 2021, hingga MotoGP pada Maret 2022.

Kemudian soal Honda Civic RS jadi safety car Mandalika Track Day 2022, sesungguhnya karena mobil tersebut memang punya karakter sporty kental. Alhasil memang cocok buat jadi safety car. Di samping itu, Civic RS juga sesungguhnya sudah pernah menjadi official car di ISSOM 2022.

“Honda Civic merupakan salah satu produk Honda yang legendaris di Indonesia dan juga secara global. Honda Civic generasi kesebelas ini tampil dengan model yang sporty yaitu Honda Civic RS,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy.

Baca juga  Honda Civic Generasi Ke-11, Parasnya Mirip Camry

“Honda Civic RS mulai digunakan sebagai Safety Car di Sirkuit Sentul karena memiliki karakter sporty yang cocok dengan image balap yang memang sudah melekat pada model legendaris Honda ini,” tambahnya.

Spesifikasi Honda Civic RS 2022

 

honda civic rs jadi safety car mandalika track day 2022 002
Civic RS menggunakan mesin 1.500 cc turbo

Honda Civic RS jadi safety car, memangnya seberapa sporty mobil ini? Kalau melihat desain eksteriornya, aura sporty sudah terpancar. Lihat saja atap rendah dan bodi melebar.

Kemudian masuk interior, tidak kalah istimewa. Ada sentuhan sporty kental, plus kesan modern lewat dua layar besar di dashboard.

Bicara jantung mekanis Honda Civic RS terbaru, memang tetap pakai mesin 1.5 liter turbo. Hanya saja performanya dibuat lebih buas. Honda memberi penyempurnaan di bagian turbo dan tambahan teknologi VTEC di katup pembuangan.

Hal ini berefek ke performa sedan Honda tersebut. Kini bisa melontarkan torsi puncak 240 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm dan tenaga maksimal 178 PS pada 6.000 rpm. Kombinasinya adalah transmisi CVT, lalu untuk simulasi perpindahan gigi secara manual bisa pakai paddle shift. Tidak ketinggalan, ada pula sport mode yang menjadikan rasa berkendara semakin menyenangkan.

Baca juga  Harga BMW Seri 3 Bekas, Banyak yang Murah!

Di Indonesia, harga Honda Civic RS dengan spesifikasi seperti itu dijual Rp 584,9 juta (OTR Jakarta). Tidak ada varian lain yang pabrikan berlogo H pasarkan.

Bicara kompetitor dari Civic RS, di Tanah Air adalah Toyota Corolla Altis. Hanya saja memang kalau dari sisi aura sporty, Altis masih kalah jauh dibanding Civic. Mobil Toyota itu lebih mengedepankan tampilan elegan.

Itulah tadi bahasan soal Honda Civic RS jadi safety car di Mandalika Track Day 2022. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru