Komparasi Hyundai Stargazer X Vs Xpander Cross Vs BR-V, Pilih Mana?

by Firdaus Ali
Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs Honda BR-V

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V. Ketiganya merupakan LSUV dengan kapasitas 7-penumpang yang dijual di Indonesia dengan harga Rp 300 jutaan.

Dari ketiganya, Hyundai Stargazer X menjadi anak bontot yang baru saja lahir di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Menggunakan basis yang sama dengan Hyundai Stargazer MPV, mobil LSUV ini diklaim menawarkan sensasi yang berbeda dan siap bersaing dengan Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander.

Unit yang kami komparasi di sini merupakan varian tertinggi dari masing-masing mobil. Dengan kata lain ini adalah pertarungan antara Honda BR-V Prestige with Honda Sensing, Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, dan Hyundai Stargazer X Prime IVT Captain Seat.

Salah satu kelebihan Stargazer X dibanding kompetitor adalah harga varian tertingginya paling terjangkau, cuma Rp 337,2 juta (OTR Jakarta). Kemudian punya fitur canggih seperti Hyundai Bluelink dan Speaker BOSE yang tidak ada di BR-V dan Xpander Cross. Performa mesin 1.500 cc LSUV Hyundai ini juga paling bertenaga dengan catatan akselerasi 0-100 Km/jam cuma 12,1 detik.

Lalu untuk Honda BR-V varian tertinggi istimewa dengan desainnya yang khas SUV tapi elegan. Ini tidak dipunya oleh para rivalnya. Ditambah lagi fitur Honda Sensing yang hadir, lebih lengkap dengan adaptive cruise control (ACC), Stargazer X dengan Hyundai SmartSense belum memiliki ACC.

Kelebihan Xpander Cross memang bukan di fitur, tapi ini merupakan LSUV dengan bantingan suspensi paling berkualitas. Interiornya juga tidak kalah nyaman dan lega, lantaran dimensinya paling bongsor dibanding Stargazer X dan BR-V. Kemudian konsumsi BBM LSUV Mitsubishi tersebut paling irit dibanding rival, mencapai 19,5 Km/liter.

Dari ketiga LSUV ini, mana yang sebaiknya dibeli? Berikut kami beberkan hasil komparasi Hyundai Stargazer X Vs Xpander Cross Vs BR-V:

Harga Stargazer X Prime IVT Captain Seat Paling Murah

Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs Honda BR-V

Harga Stargazer X tipe tertinggi lebih murah dibanding rivalnya

Pembahasan pertama komparasi Hyundai Stargazer X vs Mitsubishi Xpander Cross vs Honda BR-V adalah dari sisi harga. Jika dilihat dari laman resmi ketiga merek LSUV tersebut, Hyundai Stargazer X mematok harga paling murah untuk varian tertingginya.

Stargazer X Prime IVT Captain Seat 2023 dijual mulai Rp 337,2 juta (OTR Jakarta). Sementara itu untuk Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT Rp 342,65 juta (OTR Jakarta) dan Honda BR-V Prestige with Honda Sensing jadi LSUV termahal dengan Rp 356 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Penjualan Honda di IIMS Hybrid 2021, Brio Laris!

Meski dijual lebih murah dibanding para rivalnya, Hyundai Stargazer X Prime IVT Captain Seat memiliki banyak fitur yang tidak dipunya pesaingnya, sebut saja konektivitas telematika Hyundai Bluelink, speaker premium 8-titik mere Bose 8, hingga jok baris kedua captain seat.

Dimensi Honda BR-V Paling Ringkas dan Elegan! 

komparasi hyundai stargazer x vs xpander cross vs br-v

Xpander Cross punya aura SUV paling gagah

Pembahasan komparasi Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V selanjutnya adalah dari sisi dimensi eksterior. Di atas kertas, Xpander Cross jadi LSUV paling bongsor.

Mobil tiga berlian ini punya panjang 4.595 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.790 mm serta ground clearance 225 mm. Bandingkan dengan Stargazer X punya dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm, dan ground clearance 200 mm. Selanjutnya Honda BR-V punya panjang 4.490 mm, lebar 1.780, dan tinggi 1.685 mm dan ground clearance 220 mm.

Dengan dimensi paling besar, Mitsubishi Xpander Cross juga terlihat paling gagah untuk sebuah SUV. Kemudian ground clearance mencapai 225 juga membuat pengemudi tidak ragu saat mengendarainya di jalan bergelombang. Bodi bawah Xpander Cross tentu punya potensi minimal bersinggungan dengan jalan, dibanding lawan-lawannya.

Sementara itu Honda BR-V dengan dimensi paling mungil, tapi tetap terasa gagah. Utamanya karena kehadiran grille depan besar. Keunggulan lain dari LSUV Honda, aura elegan juga muncul. Jadi, tidak terlalu terkesan macho.

Desain Hyundai Stargazer X sesungguhnya yang kurang terkesan SUV. Hal ini, lantaran basisnya yaitu Stargazer MPV memang tampil membulat. Alhasil, ketika Stargazer X dibuat jadi SUV dengan tambahan aksesori-aksesori, terkesan kurang pas.

Interior Mitsubishi Xpander Cross Paling Nyaman

Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V

Soal kenyamanan bantingan suspensi, Xpander Cross paling unggul, BR-V kedua, dan Stargazer X ketiga

Selanjutnya bahasan soal interior Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V, mana yang paling nyaman? Ternyata dari ketiganya, LSUV Mitsubishi punya kabin yang lebih istimewa dibanding kompetitor.

Kenyamanan Xpander Cross terasa dari joknya yang tebal dan menampung bobot pengemudi maupun penumpang dengan pas. Lalu leg room dan head room mobil ini juga sangat baik, hingga baris ketiga.

Baca juga  Honda Civic Gen-11, Bergelar Mobil Terbaik

Tidak cuma itu, berbicara bantingan suspensi, team Moladin telah mencoba ketiga mobil LSUV tersebut. Dari hasil review yang kami lakukan, Mitsubishi Xpander Cross punya bantingan paling nyaman, disusul Honda BR-V, dan posisi buncit Stargazer X.

Kenyamanan kabin Xpander Cross tidak cuma terasa ketika melewati jalan bergelombang, saat bermanuver mobil ini juga paling stabil. Ini juga didukung teknologi Active Yaw Control (AYC). Kelebihan dari AYC mampu membuat mobil tetap stabil saat melewati tikungan tajam. Cara kerjanya dengan melakukan pengereman roda depan di bagian dalam tikungan, sehingga meminimalkan understeer, dan memungkinkan kendaraan bergerak seperti yang pengemudi inginkan. FItur AYC tersebut tidak dipunya oleh kompetitor seperti Stargazer X dan BR-V.

Bicara kenyamanan, didukung pula dengan kekedapan kabin. Xpander Cross ternyata punya interior paling senyap. Dari hasil uji yang kami lakukan dengan DB Meter (alat pengukur kesenyapan kabin), angkanya mencapai 70,1 DB. Nomor kedua Stargazer X dengan 72,3 DB, terakhir BR-V dengan 73,4 DB.

Keunggulan dari Stargazer X, interiornya punya opsi captain seat yang tidak dipunya oleh para kompetitor. Di samping itu, jok belakangnya juga memiliki aksesori berupa meja lipat untuk menambah kenyamanan buat penumpang belakang.

Fitur Hyundai Stargazer X Paling Lengkap ada Bluelink dan Speaker BOSE

Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs Honda BR-V

Stargazer X ada fitur Hyundai Bluelink

Selanjutnya, pembahasan komparasi Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V adalah dari sisi kelengkapan fitur. Dari ketiganya, fitur Hyundai Stargazer X terbilang paling lengkap.

Hyundai Stargazer X sudah dilengkapi teknologi telematika Hyundai Bluelink yang memungkinkan pemilik mobil mengontrol dan memantau mobil hanya dari smartphone, bahkan bisa dilakukan dari jarak jauh. Fitur ini mampu menghidupkan dan menonaktifkan mesin mobil, mengetahui kondisi kendaraan, dan lain-lain.

Lalu LSUV dengan logo H miring punya Hyundai SmartSense untuk keselamatan berkendara. Walau demikian, fitur ini tidak seistimewa Honda Sensing di Honda BR-V. Hal tersebut, lantaran di BR-V memiliki adaptive cruise control (ACC), sementara di Stargazer X belum. Lalu untuk airbag, Stargazer X dan Xpander Cross sama-sama memiliki kantung udara hingga ke belakang.

Baca juga  Biaya Restorasi Suzuki Jimny SJ410, Semahal Apa?

Sementara Mitsubishi Xpander Cross belum memiliki semua itu, airbag juga cuma dua untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Keunggulan dari LSUV tiga berlian adalah fitur AYC yang tidak ada di kompetitor.

Performa Mesin Stargazer X Lebih Unggul untuk Akselerasi

Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs Honda BR-V

Pengujian Drag race, Stargazer X unggul

Membahas komparasi Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V tentu perlu membahas performa mesin. Review yang kami lakukan adalah drag race dan akselerasi 0-100 km/jam. 

Bila melihat di atas kertas, mesin Honda BR-V yang paling superior. Pakai mesin 1.498 cc yang bisa melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Kemudian Stargazer X berada di posisi dua, menggunakan kapasitas 1.497 cc Smartstream G1.5 MPI. Jantung mekanisnya bisa menghasilkan torsi puncak 143,8 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm.

Sementara peringkat terakhir adalah Mitsubishi Xpander Cross yang pakai mesin 1.499 cc. Cuma bisa menghasilkan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 105 PS.

Hanya saja data di atas kertas, berbeda dengan hasil review saat berkendara. Dari hasil pengujian kami berupa drag race, Hyundai Stargazer X paling unggul, catatannya tembus 12,1 detik dengan akselerasi dari 0 – 100 km/jam. Di peringkat kedua ada Honda BR-V dengan 12,4 detik dan peringkat terakhir adalah Xpander Cross dengan 12,8 detik.

Walau unggul dalam hal performa, tapi kekurangan Stargazer X salah satunya adalah bannya licin. Ini kami rasakan saat tes menanjak, dimana mobil ini kerap mengalami wheel spin. Kemungkinannya selain karena ban licin, performanya juga luar biasa. Alhasil agak kesulitan menanjak kalau bobot distribusi penumpangnya tidak tepat.

Konsumi BBM Xpander Cross Paling Irit

Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs Honda BR-V

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross paling irit

Berbicara konsumsi BBM, kami mengujinya dengan metode full to full dengan jarak 76,5 km. Hasilnya, Mitsubish Xpander Cross mampu meraiih angka 19,5 km/liter. Kemudian di posisi kedua ada Honda BR-V dengan angka 16,4 km/liter. Sementara itu Stargazer X paling boros dengan angka 14,3 km/liter.

Moladiners, itulah ulasan mengenai komparasi Hyundai Stargazer X vs Xpander Cross vs BR-V. Sebagai catatan, dari ketiga LSUV itu tentunya punya kelebihan dan kekurangan. Kamu pilih yang mana?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika