Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Inikah Cikal Bakal Suzuki Ertiga Listrik ?

by Ivan
Maruti Suzuki YMC concept cikal bakal Ertiga listrik

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selalu berkilah perihal mobil elektrifikasi mereka. Pasalnya hingga saat ini Suzuki tetap mengandalkan unit hybrid tanpa ada model listrik murni. Jadi mungkinkah akan segera lahir Suzuki Ertiga listrik…?

Ditambah kehadiran Suzuki Ertiga Cruise Hybrid yang meluncur di IIMS 2024 lalu. Kini ada 4 model Suzuki yang mengedepankan teknologi Mild Hybrid, mulai dari Suzuki XL7 Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid, dan Suzuki Grand Vitara Hybrid.

Tak cuma itu, Dony Ismi Himawan Saputra selaku 4W Deputy Managing Director PT SIS, sempat bicara kemungkinan mobil komersial listrik Suzuki segera hadir.

Mobil komersial listrik Suzuki e Every Concept
Mobil komersial listrik Suzuki e Every Concept

“Berkaitan dengan mobil listrik, langkah pertama kita dari kendaraan penumpang dulu. Ketika kendaraan penumpang sudah masuk ke elektrifikasi dengan teknologi hybrid maka ke depannya akan ada teknologi-teknologi lain yang lebih advanced yang kami siapkan di (segmen) penumpang,” buka Donny.

“Nah kalau teman-teman lihat sudah ada nih dari prinsipal kami kerja sama dengan beberapa merek membuat kendaraan listrik versi komersial. Jadi ke depannya apakah ini nanti akan kami akan luncurkan di Indonesia, kita tunggu lebih lanjut. Intinya ketika prinsipal sudah menyiapkan dan market itu ada tentu ya pasti kita akan perkenalkan di Indonesia,” tandasnya

Baca juga  Bocoran Harga Ertiga Hybrid, Lebih Murah Dari Avanza dan Xpander!

Pernyataan Donny tersebut kami yakini terkait dengan kehadiran mobil komersial listrik Suzuki e Every Concept yang sempat mejeng di Japan Mobility Show 2023 lalu. Bahkan tak hanya e Every Concept, kami menguak informasi jika saat ini tengah disiapkan sebuah MPV listrik Suzuki yang bisa saja menjadi generasi lanjutan Suzuki Ertiga listrik.

MPV Listrik Maruti Suzuki YMC

Maruto Suzuki R3 MPV Concept jadi inspirasi Maruti Suzuki YMC
ilustrasi : Maruti Suzuki R3 MPV Concept jadi inspirasi Maruti Suzuki YMC

Prinsipal Suzuki di India, Maruti Suzuki dikabarkan berencana memperkenalkan MPV listrik anyar dengan codename YMC yang bocor di internal Suzuki. Jadi besar kemungkinan mobil konsep ini bakal menjelma jadi Suzuki Ertiga listrik.

MPV listrik ini memang masih akan dijadwalkan meluncur jelang akhir tahun 2026 atau penghujung 2025. Nah yang menarik ialah mobil ini diproyeksi akan menggunakan platform 27PL yang sama dengan Maruti Suzuki eVX.

Artinya dengan menggunakan platform skateboard listrik 27PL Toyota yang tak lain turunan dari platform 40PL, MPV listrik Suzuki akan memiliki karakter yang mirip dengan varian eVX bermerek Toyota yang diproyeksi lahir paruh kedua tahun 2025.

Baca juga  Promo Menarik Suzuki untuk Konsumen XL7 dan Ertiga

Meski belum bisa dipastikan apakah Suzuki akan menghasilkan MPV listrik setara produk Toyota. Besar kemungkinan Maruti Suzuki YMC akan berbagi fitur dengan eVX, termasuk paket baterai dengan pilihan kapasitas 40 kWh dan 60 kWh. Sehingga nantinya MPV listrik Suzuki alias generasi lanjutan Suzuki Ertiga listrik akan mampu menggapai jarak tempuh yang diklaim hingga 550 km dengan sekali pengisian daya.

Dua Mobil Konsep Listrik Suzuki

Suzuki eVX Concept

Selain mempersiapkan mobil MPV listrik, Maruti Suzuki di India juga sudah merancang dua mobil listrik lain. Pertama tentu saja Maruti Suzuki eVX yang sudah kami singgung sebelumnya sebagai kembaran Compact SUV listrik Toyota.

Bahkan Maruti Suzuki saat ini sedang dalam proses mengembangkan sekitar sepuluh kendaraan baru untuk dirilis selama tiga hingga empat tahun ke depan, dengan enam di antaranya adalah SUV.

Maruti Suzuki eVX dikemas dengan fitur-fitur di bagian dalam seperti beberapa airbag, sistem infotainment layar sentuh besar, konsol instrumen digital, pengatur suhu otomatis, dan panoramic sunroof. Dan dengan lantai yang rata dan posisi baterai yang optimal diklaim memberikan ruang kabin yang luas dan volume bagasi juga bisa besar. Estimasi paling cepat mobil ini meluncur ialah pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Ertiga Hybrid, Harus Tahu!

Kedua ialah Maruti Suzuki eWX. Ini merupakah hatchback listrik terjangkau yang dipersiapkan meluncr tahun 2026 atau 2027 yang juga sudah ditampilkan pada gelaran Japan Mobility Show beberapa bulan lalu. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika