Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Interior Honda WR-V RS, Senyaman Apa?

by Firdaus Ali
Interior Honda WR-V RS

Kali ini kami akan membahas spesifik mengenai Interior Honda WR-V RS. Alasannya jelas, supaya Moladiners lebih paham luar dalam mengenai small SUV terbaru dari pabrikan berlogo H ini.

WR-V hadir dengan banderol mulai dari Rp 271,9 juta untuk varian E CVT, Rp 289,9 juta untuk varian RS CVT dan Rp 309,9 juta untuk varian RS CVT with Honda Sensing. Dengan banderol tersebut, WR-V akan bersaing ketat dengan kompetitor seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Kia Sonet.

Bicara interior, kelebihan dari Honda WR-V adalah kabinnya lega. Hal ini bisa kami rasakan langsung ketika mencoba masuk ke dalam kabinnya. Lalu bagasi small SUV tersebut pun cukup luas dibanding para kompetitor dengan kapasitas 380 liter.

Mau tahu keunggulan WR-V lainnya dari sisi interior? Berikut informasi lengkapnya:

Plafon Warna Hitam di Kabin WR-V RS Jadi Tidak Mudah Kotor

Interior Honda WR-V RS

Interior Honda WR-V RS pakai warna dominan hitam hingga ke plafon

Bahasan interior Honda WR-V RS yang pertama adalah plafon yang berwarna hitam. Terkesan sepele, tapi ini adalah bentuk totalitas dari Honda untuk membuat small SUV miliknya terasa nyaman buat pengemudi dan penumpang.

Jadi bukan hanya jok, dashboard dan doortrim saja yang pakai warna hitam, melainkan juga plafonnya. Hal ini tentu menarik sebab untuk rivalnya seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky ataupun Kia Sonet, plafonnya rata-rata berwarna terang seperti abu-abu muda.

Kelebihan plafon hitam di interior Honda WR-V RS adalah tidak mudah kotor, karena paparan debu dan noda. Selain itu aura sporty juga semakin terasa dengan warna gelap ini. Ditambah lagi untuk varian RS, ada aksen warna merah di beberapa bagian seperti dashboard, jok, dan panel pintu.

Lalu khusus untuk joknya, pada varian RS sudah dibalut dominasi material kulit, serta ada sedikit bahan fabric atau kain di bagian pinggirnya. Tidak hanya itu saja, pada bagian setir dan tuas persneling juga sudah mengadopsi material kulit. Kehadiran material kulit tersebut tentunya memudahkan untuk dibersihkan, terutama bila terkena tumpahan makanan dan minuman.

Kabin dan Bagasi WR-V Lega

kelebihan honda wr-v - bagasi

Bagasi WR-V lebih luas dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Nah, berbicara kapasitas penumpang, Honda WR-V RS bisa memuat untuk lima orang secara nyaman. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran 5 headrest yang bisa diatur ketinggiannya. Dua headrest di bangku baris pertama dan tiga sisanya bangku di baris kedua.

Hanya saja catatannya, agar muat 5-orang adalah penumpang belakang punya postur tubuh yang biasa-biasa saja, jangan terlalu besar. Pasalnya jika penumpang di bangku baris kedua mempunyai postur badan yang bongsor, akan lebih nyaman hanya ditempati 2 orang. Maklum ini kan small SUV.

Kemudian di jok belakangnya, orang dengan tinggi 168 cm masih merasa nyaman duduk di sana. Leg room dan head room masih terasa cukup. Bicara kekurangan, tidak ada armrest portable di jok belakang, terlebih Kia Sonet selaku kompetitor sudah punya.

Selanjutnya untuk kelebihan interior Honda WR-V ada pula di bagasi yang tergolong lumayan besar, yaitu berkapasitas 380 liter. Bandingkan dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang cuma punya bagasi dengan kapasitas 369 liter. Walau demikian, kalau dibanding Kia Sonet, bagasi WR-V masih kurang lega, pasalnya SUV Kia tersebut bisa menampung barang hingga 392 liter di belakang. Hal menarik lain soal bagasi WR-V, bisa diperbesar dengan cara melipat jok baris kedua dengan konfigurasi 60:40.

Lalu bagaimana dengan bantingan suspensinya saat diajak berkendara. WR-V ternyata punya kaki-kaki yang cukup kaku atau keras, alhasil jadi penumpang terasa kurang nyaman terlebih ketika melewati jalan bergelombang. Untungnya, jok mobil ini cukup empuk, sehingga sedikit mengobati kekerasan suspensinya.

Fitur Pendukung Kenyamanan Kabin Cukup Lengkap

Interior Honda WR-V RS

Pengemudi dan penumpang WR-V dimanjakan dengna fitur-fitur modern

Pada bagian interior Honda WR-V RS, mobil SUV ini memberikan berbagai fitur kenyamanan untuk pengemudi. Ambil contoh, joknya bisa diatur ketinggiannya. Lalu ada panel cluster berukuran 4,2 inci TFT yang bisa menunjukkan beragam informasi, termasuk Honda Sensing, konsumsi bahan bakar, serta informasi lain. Pabrikan berlogo H juga sudah mengadopsi fitur start/stop engine untuk memudahkan dalam menghidupkan mesin.

Selanjutnya, di lingkar kemudi atau setir juga disematkan beberapa tombol atau steering switch untuk memudahkan pengemudi mengontrol audio dan fitur-fitur pendukung lainnya. Untuk mendukung fitur entertainment, Honda WR-V RS juga punya display audio layar sentuh 7 inci yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Ukurannya cukup kecil apalagi dibanding Toyota Raize dengan head unit 9 inch dan Kia Sonet 8 inch.

Head unit tersebut juga berguna untuk layar kamera parkir serta fitur LaneWatch. Jadi pengemudi akan dimudahkan dengan gambaran bagian samping mobil (meminimalkan blind spot), saat mau belok kiri.

Bicara sistem audio, WR-V RS varian tertinggi sudah punya 6 speaker. Ini sama persis dengan Toyota Raize, hanya saja kalau pembandingnya Kia Sonet tentu kalah. Pasalnya SUV Kia itu pakai 7 speaker dari BOSE.

Di dalam interior Honda WR-V RS ini juga ada beberapa tempat penyimpanan. Seperti ada 6 cup holder yang akan memudahkan pengemudi dan penumpang untuk meletakkan tempat minum saat berkendara. Ditambah, ada juga day/night rear view mirror, map light, sun visor with mirror & lamp, footrest dibagian pengemudi, serta seat back pocket. Untuk memudahkan mengisi daya gawai saat berkendara, dua USB charger di depan dan 1 power outlet hadir di bangku baris pertama. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai interior Honda WR-V RS. Kamu tertarik membelinya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika