Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Naik Mobil 15 Menit!

by Tigor Sihombing

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung pada Kamis (20 Juli 2023). Dengan beroperasinya ruas tol tersebut, presiden berharap dapat menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru utamanya di wilayah Sumatera.

Efek paling terasa adalah dulu naik mobil dari Bengkulu ke Taba Penanjung butuh waktu 1 jam. Kini dengan adanya tol baru, cuma 15 menit.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol ruas Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi dan ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” ucap Presiden dalam sambutannya.

Ruas jalan tol yang telah rampung sepanjang 16,7 kilometer tersebut dibangun dengan nilai konstruksi mencapai Rp4,8 triliun dan merupakan bagian dari jalan tol Bengkulu-Curup-Lubuklinggau. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari koridor pendukung jalan tol trans Sumatra yang menghubungkan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan.

“Ini merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuklinggau,” tambahnya.

Kepala Negara pun berharap dengan beroperasinya jalan tol ruas Bengkulu-Taba Penanjung ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Bengkulu. Selain itu, Presiden juga meyakini bahwa jalan tol tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca juga  Biaya Tol Jakarta-Semarang 2023, Naik Mobil Cuma Segini!

“Kita harapkan sekali lagi dengan selesainya jalan tol ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi, mempercepat mobilitas orang dan barang. Kita harapkan ini bisa menyejahterakan masyarakat kita karena daya saing Bengkulu pasti akan meningkat lebih baik,” tuturnya.

Tol Bengkulu Cuma Punya Satu Rest Area

jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung

Jalan tol ini juga merupakan bagian dari koridor pendukung jalan tol trans Sumatra yang menghubungkan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan.

Jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung terdiri 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 21 jembatan, dan memiliki 1 rest area. Adapun kecepatan maksimal mobil berkendara pada jalan tol ini adalah 80 km/jam. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, untuk Seksi 1 Lubuk Linggau – Kepahiang sepanjang 54,5 km dan Seksi 2 Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 24,6 km, saat ini sedang dalam tahap persiapan.

“Sedang persiapan dan diusahakan dalam waktu dekat akan mulai konstruksinya,” kata Basuki.

Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu memiliki total panjang 95,8 km yang terbagi menjadi 3 seksi dan 2 simpang susun. Adapun jumlah biaya investasinya sebesar Rp37,61 T. Seksi 3 Taba Penanjung – Bengkulu yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) sejak tahun 2019 telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada April 2022, dan telah dioperasikan sejak 12 Januari 2023 lalu.

Baca juga  Batas Kecepatan Mobil di Tol, Ngebut Ada Sanksinya!

Jalan tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu akan melintasi Provinsi Sumatera Selatan menuju ke Bumi Raflesia yang merupakan salah satu sirip dari ruas utama (backbone) Jalan Tol Trans Sumatera yang kelak akan menghubungkan Kota Palembang – Lubuk Linggau dan Bengkulu di Lintas Barat Sumatera.

Kehadiran jalan tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu yang membentang diantara kawasan hutan dan perbukitan, diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru, termasuk ke arah Pelabuhan Baai dan kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol tersebut.

Demikian ulasan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika