Honda PCX Electric Bersuara Desing Mampu Menembus Jarak Tempuh 69 km

 

 

 

Honda PCX Electric yang baru saja diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM), (31/1) lalu, masih dengan DNA Honda PCX. Namun bedanya dengan PCX 150 dan PCX Hybrid, di bagian penggerak roda PCX Electric sudah murni gunakan konstruksi motor listrik dengan struktur Interior Permanent Magnet (IPM). Dimana IPM mampu hasilkan efisiensi energi dan performa motor listrik yang optimal, dengan output maksimum 4.2kW serta torsi maksimal 18Nm di 500rpm.

 

Motor Assist Honda PCX Electric

Sebagai sumber tenaga, IPM yang bagian dalamnya terdiri dari komponen utama berupa Motor Assist (Dinamo), didukung dua unit baterai portabel. Nama baterai portabel di motor electric generasi ketiga Honda itu disebut Honda Mobile Power Pack (HMPP). Kedua baterai cukup besar dan lumayan berat tersebut di tempatkan pada bagian bagasi, atau tepatnya di bawah jok pengendara.

“Baterai yang dipakai Honda PCX Electric telah kami rancang dengan kemampuan yang maksimal. Dimana kami telah melakukan serangkaian pengujian meliputi ketahanan terhadap guncangan, siraman air, suhu panas dan dingin, bahkan kemampuanya dalam menahan benturan. Sehingga Baterai tipe lithium-ion tersebut yang benar-benar pas untuk mendukung performa Honda PCX Electric selama diajak berkendara,” jelas Toshiyuki Inuma, selaku Presiden Director PT AHM.

 

Baterai Honda PCX diklaim tahan guncangan, air dan suhu panas dan dingin

Jarak Tempuh Honda PCX Electric

Lanjut Toshiyuki Inuma, 2 baterai HMPP yang disematkan pada PCX listrik ini terdiri dari baterai tipe lithium-ion dengan kapasitas masing-masing 50,4V. Kedua baterai yang memiliki densitas dan daya tahan tinggi, ketika dipasang secara serial diklaim mampu menjelajah hingga jarak tempuh 69 km dalam sekali pengisian penuh. Data tersebut merupakan hasil pengujian tim penguji PT AHM, dengan menjalakan motor di kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan.

 

Honda Vario 150 eSP

Harga tercantum adalah harga DP

 

Jika baterai habis, untuk pengisianya-pun tidaklah sulit. Karena Honda telah melengkapi PCX Elektrik dengan charger portabel yang tersimpan setiap unit sepeda motor. Sehingga konsumen dapat melakukan pengisian baterai melalui sumber listrik yang ada di rumah. Adapun untuk melakukan charge di rumah, lama pengisian butuh waktu sekitar 6 jam. Sedangkan dengan off-board charging atau pengisian dengan charger terpisah, baterai dapat di isi hanya dalam waktu empat jam.

 

Suara Desing PCX Listrik

Namun yang perlu diketahui konsumen tentang Honda PCX Elektrik dibanding PCX 150 atau PCX Hybrid, motor generasi ketiga Honda itu tetap menimbulkan suara ketika sedang berjalan. Meski tidak sekeras suara mesin, tapi dari bagian Interior Permanent Magnet (IPM) akan terdengar suara desing. Dimana suara akan semakin keras ketika putaran roda semakin cepat.

 

Honda PCX listrik bisa menempuh jarak hingga 69 km

 

Oleh sebab itu, adanya IPM menyebabkan jarak sumbu roda PCX listrik sedikit lebih panjang. Hal tersebut guna mengakomodasi dua baterai di ruang bagasi. Namun dengan adanya hugger yang berfungsi sebagai dudukan dua suspensi belakang, komponen mampu mengurangi getaran dan tetap memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Baca juga:

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *