Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

12 Kaca Film Mobil Terbaik 2023, Bukan Asal Gelap!

by Deni Ferlindungan
7 Pilihan Kaca Film Mobil Terbaik di Indonesia

Setiap kendaraan tentunya membutuhkan kaca film mobil terbaik untuk menunjang kenyamanan serta keamanan ketika berkendara. Namun biasanya, kualitas seiring dengan harga yang cenderung mahal.

Kaca film berfungsi membuat kabin jadi lebih sejuk. Tak hanya itu, kaca film mobil juga membuat tampilan kendaraan lebih keren, karena punya berbagai macam warna.

Di sisi lain, ketika terjadi kecelakaan, kaca film juga berfungsi melindungi penumpang di dalam mobil dari serpihan kaca pecah. Hal ini, lantaran kaca film mampu membuat kaca yang pecah saat kecelakaan, tetap menyatu, tidak bertebaran.

Bagi kalian yang ingin membeli kaca film, berikut ini Moladin akan memberikan tips pasang kaca film terbaik, berikut dengan rekomendasi produk yang bisa digunakan untuk tahun 2023.

Sebagai gambaran, saat ini begitu banyak merek kaca film mobil yang menawarkan teknologi serta keunggulan masing-masing. Lalu seperti apa sebenarnya kaca film mobil terbaik yang bisa jadi pilihan? Simak ulasan lengkap berikut ini:

Tips Pasang Kaca Film Mobil Terbaik, Tidak Harus Hitam!

tips pasang kaca film mobil terbaik

Tips pasang kaca film mobil terbaik

Memasang kaca film terkadang terlihat mudah, namun membutuhkan beberapa faktor penting yang perlu kamu ketahui. Pastinya selain kamu harus memilih kaca film mobil terbaik, kamu juga wajib memperhatikan tempat dan juga cara pemasangannya. Soal warna juga tidak boleh asal hitam dan gelap.

Pertama adalah pemasangan kaca film harus di tempat yang kondusif, seperti jauh dari debu dan intensitas pencahayaan yang bagus. Hal ini untuk mencegah debu berterbangan yang bisa menempel pada permukaan kaca saat sedang pemasangan kaca film. Intensitas pencahayaan yang baik juga mencegah kesalahan saat pemasangan, misalkan permukaan kaca film terdapat gelembung.

Kemudian kaca film yang lama atau bawaan pabrik, harus dibongkar dengan menggunakan heat gun. Ini dimaksudkan meminimalisir sisa lem yang masih menempel pada permukaan kaca. Tidak disarankan untuk menimpa kaca film yang lama dengan yang baru. Karena fungsi kaca film tidak akan optimal serta visibilitas pengemudi akan lebih terbatas. Kaca film yang didobel akan menggugurkan garansi, lho!

Setelah proses pembongkaran kaca film yang lama selesai. Kaca dibersihkan dengan cairan sabun khusus dan grease cleaner untuk menghilangkan sisa lem yang masih menempel pada permukaan kaca. Terpenting yang wajib diingat, kaca film juga perlu diukur seakurat mungkin dengan ukuran kaca mobil, sehingga saat pemasangan tidak ada lembaran kaca film berlebih yang menyebabkan timbul lipatan pada kaca film.

Guna mencegah gelembung di bagian permukaan, sebaiknya pemasangan kaca film menggunakan alat khusus untuk proses perataan. Setelah pemasangan, jangan mengoperasikan power window dan dilap. Pasalnya kaca film harus dibiarkan selama 3 sampai 7 hari untuk merekatkan kaca film terhadap permukaan kaca.

Terakhir yang tidak kalah penting, pilih kaca film yang tidak harus hitam. Boleh pilih warna lain seperti hijau, biru, abu-abu. Terpenging, carilah kaca film yang benar-benar bisa menolak sinar ultra violet (UV) masuk ke dalam kabin. Kemudian tidak boleh juga terlalu gelap.

Berapa Persen Prosentase Tembus Cahaya untuk Kaca Film?

prosentasi tahan cahaya kaca film mobil terbaik

Maksimal untuk kaca film depan mobil cuma boleh 40 persen

Dalam memasang kaca film terbaik, kamu juga perlu taat aturan. Berdasar surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor, ternyata ada prosentase tembus cahaya yang harus dipenuhi untuk pemasangan kaca film di mobil. Jadi memang, tidak boleh terlalu gelap.

Khusus kaca film samping, boleh menggunakan maksimal 70 persen tembus cahaya. Sementara untuk kaca film depan dan belakang maksimal 40 persen. Kemudian, di kaca depan mobil pemasangannya juga tidak boleh seluruh bagian, kaca film tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca depan.

Autran ini dimaksudkan untuk alasan keamanan dan keselamatan. Dengan kaca film yang tidak terlalu gelap, maka visibilitas berkendara kamu masih baik saat malam hari. Kemudian di sisi lain, kamera CCTV atau petugas kepolisian masih dapat melihat kondisi di dalam kabin mobil kam. Harapannya, kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dapat dicegah lebih cepat oleh pihak berwajib.

Baca juga  Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Ampuh Sob!

Ragam Material Kaca Film Mobil

material kaca film mobil terbaik

Ada banyak material kaca film, tapi pilihlah yang terbaik untuk mobil kamu

Ketika kamu memilih kaca film terbaik 2023, perhatikan pula materialnya. Jadi pilihan warna memang penting untuk tampilan, tapi dari sisi fungsi, material harus dipilih sesuai kebutuhan agar bisa menolak panas.

Beberapa pilihan material kaca film mobil antara lain: nano carbon ceramic, dyed film, carbon film, hingga ceramic film. Berikut detail lengkapnya:

  • Nano Carbon Ceramic Film

Material kaca film yang pertama sering digunakan adalah nano carbon ceramic film. Bisa dikatakan ini merupakan paduan dari carbon dan ceramic. Jadi dalam hal penghalau sinar UV sangat baik. Kelebihan kaca film jenis ini adalah usia pakai yang panjang. Menarik bukan?

Hanya saja kekurangannya ada di harga yang mahal. Ya, ada rupa ada harga!

  • Dyed Film

Selanjutnya adalah kaca film dengan material dyed film. Harganya memang murah, tapi dari sisi kualitas penghalau sinar UV kurang baik. Kemudian daya tahannya juga tidak istimewa, jadi sebaiknya dihindari. Pasalnya ada kemungkinan kamu akan beli kaca film lagi untuk beberapa tahun ke depan.

  • Carbon Film

Lalu ada material carbon film yang lebih lebih padat dan kuat dari dyed film. Kualitasnya pun juga lebih baik untuk menyaring sinar UV. Walau demikian, kaca film mobil ini bukan tanpa kekurangan. Salah satunya bisa mengurangi visibilitas berkendara terutama di malam hari, karena pengendara jadi lebih silau saat terkena lampu mobil lain.

  • Ceramic Film

Material kaca film mobil yang paling sering dipakai adalah carbon film. Keunggulannya ada di tolak panas yang sangat baik, jadi kabin terasa sejuk. Hanya saja usia pakainya kurang lama, lantaran material carbon film mudah teroksidasi dan memudar seiring pemakaian.

Merek Kaca Film Mobil Terbaik 2023 yang Ada di Pasaran

1. 3M

3M masuk dalam pilihan kaca film mobil terbaik yang bisa jadi pilihan

3M masuk dalam pilihan kaca film mobil terbaik di Indonesia

Bicara mengenai kaca film mobil terbaik yang bisa jadi pilihan adalah kaca film 3M. Produk 3M umumnya dirancang untuk menambah kenyamana, melindungi interior kendaraan dan pengemudi serta penumpang.

Menariknya, kaca film mobil ini dilengkapi dengan teknologi yang bisa meminimalisir efek panas dan negatif dari sinar matahari. Kalau kamu yang ingin mencari kaca film dengan teknologi canggih, mungkin 3M Crystalline AutoFilm jawabannya.

3M Crystalline AutoFilm dilengkapi dengan teknologi multilayer optical yang membuat tampilan kaca tetap bening, namun tetap dapat menghalau panas melebihi kaca film berwarna gelap, tanpa mengubah tampilan mobil.

Teknologi yang juga tersemat pada produk itu adalah Nano-Layer yang bertugas untuk mempertahankan suhu dingin dalam kabin, serta melindungi kendaraan.

Berikut adalah kisaran harga untuk tipe-tipe kaca film 3M:

  • 3M Crystalline: Harga mulai dari Rp 3 – 4,2 jutaan untuk pemasangan seluruh badan mobil.
  • 3M Black Beauty: Harga mulai dari Rp 1,5  – 2,4 jutaan untuk pemasangan seluruh badan mobil.

Banderol tersebut dapat berbeda-beda, tergantung kondisi mobil dan lokasi tempat pemasangan kaca film ya, Sob! Sebagai contoh, kamu menggunakan mobil city car, seperti Toyota Agya. Mungkin biaya pemasangannya akan lebih murah ketimbang mobil MPV, SUV, ataupun lainnya.

2. Solar Gard

kaca film solar gard

Solar Gard merupakan kaca film mobil terbaik yang bisa jadi pilihan

Pilihan kaca film mobil terbaik berikutnya kamu mungkin bisa menggunakan kaca film Solar Gard. Produk yang ditawarkan Solar Gard dirancang untuk melindungi penggunanya dari paparan sinar matahari yang menyengat.

Solar Gard memiliki produk unggulan yang diberi nama Black Phantom Series. Produk ini menggunakan material The Most Advanced Nano Ceramic Technology yang membuatnya memiliki tampilan hitam pekat.

Baca juga  3 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun, Bisa Pakai Sampo

Dengan material tersebut kaca film mobil Solar Gard memiliki kemampuan menangkal sinar ultraviolet dan inframerah hingga 99 persen dan 96 persen. Buat kalian yang tertarik, untuk pemasangan kaca film Solar Gard Black Phantom Series biasanya berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan.

Inilah kisaran harga untuk berbagai jenis kaca film Solar Gard:

  • Solar Gard Black Phantom: Harga dimulai dari Rp 2- 2,8 juta untuk pemasangan di seluruh badan mobil.
  • Solar Gard Platinum Performance: Harga dimulai dari Rp 2,8 juta untuk pemasangan di seluruh badan mobil.
  • Solar Gard LX Series: Harga dimulai dari Rp 3,1 juta untuk pemasangan di seluruh badan mobil.

3. Llumar

Llumar kaca film mobil terbaik yang punya market besar secara global

Llumar kaca film mobil terbaik yang punya market besar secara global

Llumar masuk dalam pilihan kaca film mobil terbaik yang bisa kamu gunakan. Nama besar Llumar secara global tidak perlu diragukan. Penjualan kaca film mobil Llumar mencapai 60 persen di seluruh dunia.

Itu sebabnya, kamu tidak perlu meragukan kualitas dan kemampuan yang ditawarkan oleh Llumar. Produk yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Llumar Gold Series.

Varian ini memiliki karakter hijau kebiruan jika dilihat dari luar. Tak sebatas melindungi interior mobil kesayangan, kaca film ini juga mampu meningkat tampilan mobil semakin enak dipandang.

Terkait harganya, Llumar Gold Series biasanya ditawarkan dengan banderol sekitar Rp 2,75 juta hingga Rp 4 jutaan. Harga tidak mengikat, tergantung ukuran mobil kalian.

4. Iceberg

kaca film Iceberg

Iceberg merupakan kaca film mobil yang bisa diandalkan

Selanjutnya membahas mengenai kaca film mobil terbaik, kamu bisa memiliki kaca film Iceberg. Produk-produk Iceberg dikenal memiliki teknologi bernama Night Vision Technology yang mereka usung.

Keunggulan teknologi tersebut diklaim mampu menghasilkan pandangan yang clear dan jernih saat mengemudi di malam hari. Kaca film lansiran Iceberg ini juga terbuat dari 100 persen karbon dan diproduksi dengan teknologi nano.

Sehingga mampu menolak panas secara maksimal dan menolak sinar inframerah hingga 99 persen. Kaca film mobil Iceberg sendiri memiliki tiga varian unggulan, yakni Ice, Onyx, dan Pearl.

Berminat? Untuk pemasangan produk-produk Iceberg tersebut, kamu harus menyiapkan bujet mulai Rp 3,5 jutaan.

5. V-KOOL

Kaca Film V-KOOL

V-KOOL, merek kaca film yang telah dipercaya di Indonesia sejak lama

Kurang lengkap rasanya, jika membahas kaca film mobil terbaik tidak mencantumkan V-KOOL sebagai pilihan. Sebab kaca film mobil ini sudah dijual di Indonesia selama lebih dari 20 tahun.

Selain itu, V-KOOL juga menawarkan beragam varian yang dibuat dengan material dan teknologi terbaik. Setiap kaca film mobil V-KOOL yang diciptakan, setidaknya memiliki tujuh lapisan eletrik yang diperkuat dengan emas untuk meningkatkan daya tahan dan performanya.

Hasilnya, kaca film mobil V-KOOL mampu memantulkan sinar infra merah yang menyebabkan panas mobil dengan baik. Kaca film mobil ini juga memiliki teknologi Spectrally Selective V-KOOL.

Teknologi ini bertujuan untuk mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam kabin, tapi tetap mempertahankan tingkat cahaya yang masuk ke dalam kabin. Dengan kata lain, kaca film ini berpenampilan bening namun menolak panas.

Berikut adalah kisaran harga untuk kaca film V-Kool, untuk pemasangan full body:

  • V-Kool Diamond Series: Kisaran harga dimulai dari Rp 4 jutaan
  • V-Kool Gold Series: Kisaran harga dimulai dari Rp 5,5 jutaan
  • V-Kool Silver Series: Kisaran harga dimulai dari 4,3 jutaan

6. Huper Optik

Huper Optik Kaca Film

Huper Optik

Huper optik merupakan pelopor kaca film dengan pengaplikasian bahan keramik halus. Keistimewaan bahan keramik adalah sangat kuat dan tahan lama, walau digunakan dalam berbagai cuaca serta kondisi.

Maka tak heran jika Huper Optik masuk dalam daftar kaca film mobil terbaik yang bisa jadi pilihan. Pihak pabrikan mengklaim, kaca film mereka tahan air garam. Oleh karenanya bukan cuma mobil yang memakai, melainkan pula kapal laut.

Jajaran produk Huper Optik pun istimewa, lantaran mampu menolak panas sinar infra merah hingga 96 persen. Alhasil suhu dalam kabin mobil dapat lebih sejuk sekitar 5-10 derajat Celcius, meski di kondisi panas yang terik.

7. CP-F1

Kaca Film CPF1

CPF1 kini dipercaya sebagai kaca film standar pabrikan otomotif asal Jepang

CP-F1 unggul lewat penggunaan bahan baku premium berupa logam berkualitas tinggi dan teknologi nano ceramic. Itu yang menjadi alasan mengapa produk ini masuk dalam pilihan kaca film mobil terbaik saat ini yang tersedia di Indonesia.

Menariknya, kaca film ini juga telah dipercaya lebih 12 tahun oleh agen pemegang merek (APM) otomotif terbesar di Indonesia. Bagi kamu pengguna Toyota Avanza terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan kaca film CP-F1.

Salah satu produk unggulan lapisan film untuk kaca mobil bikinan CP-F1 adalah Solar Control. Kelebihannya, mampu melindungi dari bahaya sinar UV matahari dan mereduksi panas hingga 16 derajat.

Penggunaan kaca film CP-F1 Solar Contro juga bisa melindungi penumpang dari bahaya serpihan kaca saat kecelakaan.

Inilah kisaran harga untuk kaca film CPF1 :

  • CPF1 Solar Control: Kisaran harga dimulai dari Rp 1,4 jutaan.
  • CPF1 Black Security: Kisaran harga dimulai dari Rp 1,7 jutaan.

8. Lluminox

tips pasang kaca film mobil terbaik

Lluminox memberikan garansi selama 8 tahun.

Merek kaca film mobil terkemuka dari Amerika Serikat, Lluminox, telah berada di pasar Indonesia sejak tahun 2008. Produk ini menawarkan kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Lluminox memberikan garansi selama 8 tahun.
Harga kaca film Lluminox:

  • Lluminox Eclipse: Kisaran harga mulai Rp 1,5 jutaan

9. Spectrum

tips pasang kaca film mobil terbaik

Kaca film murah mulai denbgan harga Rp 1 jutaan

Spectrum merupakan kaca film mobil terbaik yang efektif menolak sinar matahari. Harganya juga terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp 1 jutaan. Selain digunakan di mobil, Spectrum juga tersedia untuk gedung dan rumah.

Harga kaca film mobil Spectrum :

  • Spectrum UV400: Kisaran harga mulai Rp 1,8 juta
  • Spectrum Neo: Kisaran harga mulai Rp 1,7 juta
  • Spectrum Black IR: Kisaran harga mulai Rp 1,8 juta
  • Spectrum Steel: Kisaran harga mulai Rp 1,4 juta

10. CoolPlus

tips pasang kaca film mobil terbaik

Pemasangan kaca film Coolplus

CoolPlus pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2018. Meskipun relatif baru, CoolPlus telah menjadi salah satu pilihan terbaik dalam kelasnya dengan harga yang terjangkau. Kaca film CoolPlus menggunakan teknologi Nano Ceramic dan UV400, mampu menolak panas hingga 100% dengan fitur High Heat Rejection. Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi Night Vision untuk menjaga kecerahan pada malam hari.

Harga kaca film CoolPlus:

  • Premium Black: Kisaran harga Rp 700 ribu – 1,2 jutaan
  • Premium Silver: Kisaran harga Rp700 ribu – 1,2 jutaan
  • Pro Series: Kisaran harga Rp 1,3 juta – 1,9 jutaan
  • UV400: Kisaran harga Rp 1,8 juta – 2,4 jutaan
  • Diamond Series: Kisaran harga Rp 3,2 juta – 3,9 jutaan

11. Konica Minolta

tips pasang kaca film mobil terbaik
Konica Minolta, awalnya dikenal sebagai perusahaan perangkat fotografi, memasuki industri kaca film mobil pada tahun 2011. Produk pertamanya, ICE-Myu, resmi hadir di Indonesia pada tahun 2015. ICE-Myu memiliki keunggulan optik, teknologi pelapisan, dan teknologi material. Kaca film Konica Minolta tidak menghalangi sinyal smartphone dan mampu menolak panas secara optimal. Produk ini telah digunakan pada sejumlah mobil Mitsubishi.

Harga kaca film Konica Minolta:

  • Konica Minolta ICE-Myu: Kisaran harga Rp 2 jutaan – 7 jutaan

12. Perfections

tips pasang kaca film mobil terbaik

Kaca film Perfections

Merek Perfections menghadirkan teknologi Nano Metal Oxide Material yang tidak akan mengganggu sinyal elektromagnetik. Harga kaca film ini sangat terjangkau, dimulai dari Rp700 ribu, menjadikannya salah satu kaca film mobil dengan harga terbaik. Kaca film Perfections memiliki struktur yang kuat, mampu menahan pecahan kaca saat terjadi kecelakaan, dan melindungi dari sinar UV. Pantulan cahaya hanya sekitar 8%, memberikan pandangan yang jernih baik siang maupun malam hari.

Harga kaca film Perfections:

  • Perfections Black Crystal: Kisaran harga Rp 3 jutaan
  • Perfections Nickel: Kisaran harga Rp 4,4 jutaan
  • Perfections Zircon: Kisaran harga Rp 2 jutaan

Semoga informasi mengenai kaca film mobil terbaik 2023 ini dapat bermanfaat buat kamu, dan dapat membantu kalian yang ingin memasang atau mengganti kaca film mobil kamu.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika