Jangan Bingung, Ini Beda Kawasaki D Tracker dan D Tracker X

Moladin – Penggemar supermoto pasti sudah tidak asing dengan produk keluaran dari Kawasaki. Kawasaki memang termasuk salah satu pabrikan yang memproduksi supermoto dengan berbagai tipe. Salah satu seri yang disukai banyak penggemar supermoto adalah D Tracker.

Supermoto ini cocok untuk yang suka dengan adventure. Motor D Tracker terbukti tangguh dan memiliki tenaga serta akselerasi yang sangat powerful. Tak cuma itu saja, D Tracker tawarkan desain yang garang namun nyaman dikendarai di medan yang sulit.

Kawasaki D Tracker ini juga ada beberapa jenis. Kali ini Moladin akan coba kupas soal perbedaan dari Kawasaki D Tracker dan juga D Tracker X. Check these out.

Untuk Kawasaki D Tracker sendiri ada dua jenis. Yang pertama ada Kawasaki D Tracker 150 dan juga Kawasaki D Tracker SE alias Special Edition. Perbedaan dari kedua jenis motor ini ada pada bagian tampilan dan juga harganya saja. Dipastikan untuk bagian mesinnya benar-benar sama.

Dari segi tampilannya yang berbeda adalah adanya hand guard dan juga setang yang lebih rata. Setang motor ini mirip fat bar. Selain itu juga ada raiser pada motor Kawasaki D Tracker seri SE. Sok upside down dari Kawasaki D Tracker SE berwarna emas. Untuk tipe D Tracker Standar berwarna silver.

 

Kawasaki D-Tracker

*Angsuran mulai dari

 

Kaki-Kaki Kedua Tipe Berbeda

Pada bagian kaki-kakinya, pembedanya ada pada warna peleknya. Untuk tipe D Tracker Standar peleknya berwarna alumunium, untuk seri SE peleknya berwarna hitam. Tipe SE sendiri juga sudah dilengkapi dengan under cowl untuk melindungi mesin bagian bawah.

Terdapat juga semacam cover plastik pada sasis samping di dekat pangkal swing arm. Bodi dari motor ini berukuran panjang 2.015 mm, lebar 830 mm, dan tinggi 1.130 mm. Beratnya sendiri 118 kg dan tangki bahan bakarnya bisa menampung 6.9 liter.

Untuk pilihan warnanya sendiri seri D Tracker Standar dihadirkan dengan warna Candy Burnt Orange dan Candy Lime Green. Untuk Kawasaki D Tracker SE alias Special Edition hadir dengan pilihan warna Lime Green dan Shiny Yellow.

Perbedaan harga dari keduanya pun tidak terlalu jauh. Varian Kawasaki D Tracker Special Edition dibanderol 1-2 juta rupiah lebih mahal dari yang varian standar. Harga Kawasaki D Tracker tipe standar ini berkisar 31 jutaan.

 

D Tracker Berkapasitas Mesin 150cc

Kawasaki D-TrackerD Tracker memakai mesin berkapasitas 150cc

Untuk mesinnya sendiri baik varian D Tracker Standar ataupun SE berjenis 4 tak SOHC 2 katup dengan sistem pendingin udara yang bisa menstabilkan suhu mesin berkapasitas 144cc. Kapasitas mesin dari D Tracker ini sama dengan Kawasaki KLX150.

Kawasaki D Tracker masih belum dilengkapi dengan teknologi FI. Motor ini masih menggunakan sistem karburator. Mesinnya bisa mengeluarkan tenaga maksimal 8.6 kW atau setara 12 PS pada putaran 8.000 RPM. Torsi puncaknya 11.3 Nm di putaran 6.500 RPM. Motor ini bisa berlari hingga kecepatan 100-115 km/jam.

 

D Tracker X Bawa Mesin 250cc

Kawasaki D-Tracker XD Tracker X bawa mesin 250cc

Nah, kalau untuk Kawasaki D Tracker X sendiri ini adalah varian dengan harga termahal. D Tracker X hadir dengan kapasitas mesin yang luar biasa besar. Kawasaki D Tracker X mengusung mesin 4 tak DOHC dengan 4 katup yang memiliki kapasitas 249cc.

Mesinnya sudah menggunakan teknologi FI, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit namun performa tetap prima. Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 18 kW pada 9.000 RPM.

Torsinya bisa mencapai 21 Nm pada 7.000 RPM. Terdapat pula pendingin cairan untuk menstabilkan suhu mesin. Tenaga serta torsi yang dikeluarkan akan disalurkan pada transmisi 6 percepatan yang responsif.

Desain dari Kawasaki D Tracker X ini memang lebih besar dan tampak lebih garang. Dimensi dari motor ini memiliki panjang 2.130 mm, lebar 795 mm, tinggi 1.125 mm. Beratnya 139 kg dan tergolong cukup berat.

 

Kawasaki D-Tracker X

*Angsuran mulai dari

 

Meskipun demikian, handlingnya ringan dan tetap nyaman dikendarai di berbagai medan. Supermoto ini juga tetap nyaman saat dipakai untuk boncengan. Tangki bahan bakarnya bisa menampung hingga 7.7 liter. Motor ini juga sudah menggunakan speedometer Full Digital yang mudah dibaca dan informatif.

Motor ini merupakan satu-satunya supermoto 250cc yang dipasarkan di Indonesia. Bisa dibilang Kawasaki bermain sendiri alias mendominasi kelas ini. Untuk harganya sendiri, Kawasaki D Tracker X dibanderol di kisaran 60 jutaan.

Baik Kawasaki D Tracker Standar, SE maupun D Tracker X terbukti handal dan stabil di jalan off-road maupun on-road. Ini karena semuanya sudah didukung dengan suspensi Upside Down.

Desainnya pun sangat garang dan seakan siap untuk para pecinta adventure untuk menantang jalanan. Bagi Anda yang ingin mencari Supermoto Kawasaki D Tracker semua tipe bisa banget mengintip di Moladin.com. 

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *