by

Kawasaki KLX 300 Supermoto, Mungil dan Menyenangkan

Di Eropa, Kawasaki KLX 300 Supermoto resmi meluncur pada November 2020. Kuda besi ini sangat menarik, lantaran punya tubuh mungil tapi performa mesinnya luar biasa!

Basis dari motor tersebut mirip dengan Kawasaki KLX 250 yang dijual di Indonesia. Kamu bisa melihat kesamaan dari sisi tampilan. Hanya saja untuk pasar Eropa, mesinnya menggunakan kubikasi 300 cc.

Kemudian ban yang dipakai merupakan jenis onroad dan berukuran lebih kecil. Motor tersebut disebut sebagai Kawasaki KLX 300 Supermoto.

“All New 2021 KLX 300 SM merupakan motor supermoto ringan dengan fokus ke jalan raya yang siap untuk memberikan kesenangan berkendara,” seperti dikutip dari rilis resmi Kawasaki Eropa.

Ingin tahu lebih detail tentang motor supermoto terbaru dari Kawasaki tersebut? Apakah bakal hadir pula di Indonesia? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

Spesifikasi Kawasaki KLX 300 Supermoto

kawasaki klx 300 supermoto
Ban onroad, suspensi yang lebih pendek, serta cakram besar jadi keisitmewaannya untuk bermanuver di jalan aspal

Jika melihat spesifikasinya, Kawasaki KLX 300 Supermoto memang memiliki tubuh lebih kecil dari KLX 300 atau KLX 250. Hal ini dikarenakan perbedaan di sektor kaki-kaki.

Baca juga  Motor Trail Yamaha YZ85 MY 2019 Terbaru

Ban motor pakai ukuran 110/70-17 inci di depan dan 130/70-17 inci di belakang. Kemudian suspensi depan dan belakang juga dibuat lebih pendek dibanding motor Kawasaki KLX 300. Ukuran cakram pun berbeda, dimensinya dibuat lebih besar. Cakram depan 300 mm dan belakang 240 mm.

“KLX 300 SM dibuat begitu ramping dan dengan rangka perimeter ringan yang memudahkan manuver tapi stabil saat berada di kecepatan tinggi,” beber laman resmi Kawasaki Eropa.

Dengan semua perubahan tersebut, memastikan joknya jadi lebih rendah dibandingkan KLX 300 yang merupakan motor trail. Alhasil saat diajak berkendara di jalan raya, versi supermoto ini lebih ramah karena kaki pengendara mudah menapak ke aspal.

Perbedaan lain ada di pewarnaan, rangka, suspensi, dan pelek Kawasaki KLX 300 Supermoto dicat hitam. Kemudian spion tidak bulat, melainkan lebih bersudut.

Soal performa mesin, tidak ada beda. Kawasaki KLX 300 Supermoto pakai jantung mekanis berkubikasi 292 cc, satu silinder, DOHC, berpendingin cairan. Padanannya adalah transmisi 6-percepatan manual.

Baca juga  Honda CRF150L Supermoto, Intip Spesifikasi Motornya!

Bakal Masuk Indonesia?

Kawasaki D-Tracker X
Indonesia sudah punya motor serupa bernama D-Tracker X, hanya saja kubikasinya cuma 250 cc

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sampai saat ini menjual KLX Series dalam beberapa varian. Ada 150 cc, 230 cc, dan 250 cc. Hanya saja untuk naik ke 300 cc sepertinya tidak mungkin. Pasalnya, dari sisi harga jual bakal melambung tinggi karena pajak barang mewah.

Jadi Kawasaki KLX 300 Supermoto sepertinya tidak bakal dijual di Tanah Air. Meski begitu, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir karena sesungguhnya kita sudah punya D-Tracker X. Sebagai informasi, produk supermoto Kawasaki di Indonesia lebih dikenal sebagai D-Tracker.

KLX 300 Supermoto dan D-tracker X sesungguhnya sangat mirip. Perbedaan terbesar cuma ada di kapasitas mesin yang pakai 250 cc. Tertarik punya? Di Indonesia, harga D-Tracker X Rp 65,7 juta (OTR Jakarta).

Editor: LDR

Terbaru