Review Kawasaki Ninja 250SL Sosok Buas 250cc

Halo, ketemu lagi sama Jinny. Kali ini Jinny bakal nge-review Kawasaki Ninja 250 SL alias Kawasaki Ninja RR Mono sang 250cc single cylinder. Kawasaki Ninja RR Mono merupakan keluarga sport fairing Kawasaki yang menggunakan konfigurasi mesin 1 silinder, basis mesin sang kakak Kawasaki KLX250. Secara keseluruhan bentuk bodi, Kawasaki Ninja RR Mono terbaru ini memiliki bagian yang identik dengan Kawasaki Z250SL seperti halnya sasis, tangki serta bodi bagian buritan.

 

Engine & Handling Kawasaki Ninja RR Mono

Mesin Kawasaki Ninja 250SL
Sektor Mesin Kawasaki Ninja 250SL

 

Mesin berkapasitas 249cc ini menganut mekanisme katup DOHC 4 klep dengan suara letupan yang khas. Basis mesin kepunyaan KLX250 yang memiliki torsi menarik sejak RPM bawah. Dengan torsi sebesar 22,6 Nm pada 8.200 RPM serta bobot motor yang hanya 151 Kg musti hati-hati ketika lepas koplingnya yang terbilang cukup keras. Jika mendadak pelintir gas roda depan gampang loncat, kecuali kalian punya niat pake motor ini buat wheelie.

 

Namun mesin bertenaga badak ini memiliki sisi minusnya, gak bisa sembarangan minum bensin. Wajib menggunakan BBM beroktan 92 keatas atau sekelas Pertamax dikarenakan rasio kompresi 11,3 : 1 terbilang besar untuk kelas motor harian.

handling kawasaki ninja rr mono
Lincah Saat Diajak Bermanuver

 

Dengan bodinya yang hanya 151 kg saja, menjadikan motor ini lebih mudah diajak bermanuver. Selain bobotnya yang ringan, dimensi juga terbilang ramping. Dapat dengan leluasa selap-selip diantara kemacetan ibu kota dan dengan mudahnya stang ditekuk sesuai kemauan. Kawasaki Ninja 250 SL dilengkapi dengan sokbreker teleskopik berdiameter 37mm serta suspensi belakang Uni-Track yang memberikan feel handling yang stabil.

 

Desain Kawasaki Ninja 250SL

Headlamp Kawasaki Ninja 250SL
Headlamp Kawasaki Ninja 250SL

 

Sesuai dengan namanya, Kawasaki Ninja 250 SL terbaru memiliki dimensi yang kompak, ramping seperti sport fairing 150cc pada umumnya. Meski begitu si mungil 250cc terlihat racy abis berkat stang underyoke serta bodi plastik yang memiliki sudut-sudut tajam. Kawasaki Ninja 250 SL mengadopsi single headlamp karena memang lebih serasi dengan bodi yang ramping. Sayangnya headlamp masih menggunakan lampu model bohlam.

 

buritan kawasaki ninja rr mono
Bagian Belakang Ninja RR Mono

 

Bagian buritan yang agak tinggi dengan ujung meruncing bikin motor ini keliatan keren, sporty abis. Honestly, bagian belakang motor ini menjadi angle yang paling sedap saat dipandang.

Beli Kawasaki Ninja 250SL Sekarang!

Kenyamanan Berkendara dengan Kawasaki Ninja 250SL

Stang Underyoke Kawasaki Ninja rr mono
Stang Underyoke Kawasaki Ninja 250SL

 

Posisi setang underyoke Kawasaki Ninja 250SL menuntut rider-nya harus lebih merunduk, pasalnya setang diposisikan dibawah segitiga atas. Pergelangan tangan lebih banyak menerima pressure sebab hampir keseluruhan beban lebih condong ke bagian depan. Lebih dari 30% bobot badan bakal ditopang oleh pergelangan tangan, which is membuat pergelangan tangan lebih cepat pegal. Namun posisi stang model begini lebih menguntungkan apabila berada dalam ajang balapan, secara rider dapat merebahkan badannya keatas tangki agar dapat lebih menyatu dengan motor

 

Jok Kawasaki Ninja RR Mono
Jok Kawasaki Ninja 250 SL

 

Nampaknya Kawasaki Ninja RR Mono menggunakan material jok dengan spesifikasi khusus balap, joknya tipis sekaligus keras. Dimensi jok Boncengers juga kecil banget. Pantat bakalan cepat pegal. Ketinggian jok si mungil ini cukup bersahabat dengan rata-rata tinggi orang Indonesia, kaki bisa menapak ke darat meski tumit masih ngambang dikit. Bisa dibeli-in lowering kit biar kuda-kuda makin mantap.

 

Kelebihan Kawasaki Ninja RR Mono

  1. Dimensi motor yang ramping dan bobot yang ringan
  2. Power dan Torsi yang impresif
  3. Desain agresif dengan banyak lekukan tajam membuatnya kian sporty
  4. Handling yang lumayan bagus

 

Kekurangan Kawasaki Ninja RR Mono

  1. Kopling dan Joknya keras
  2. Speedometernya imut banget
  3. Ban terkadang selip saat melintas di jalanan basah

 

Kesimpulan

Kawasaki Ninja 250 SL alias Ninja RR Mono ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal sekitar Rp. 45 juta-an, tidak sesuai ekspektasi Jinny dulu ketika baru press realease. Motor ini memiliki handling yang baik, bobot SL (Super Light) alias ringan bikin motor lebih mudah diatur. Kawasaki Ninja RR Mono ini paling cocok buat balap daripada dipake Touring sebab segi ergonominya yang lebih mementingkan handling. Ban standar pabrikan terkadang selip dijalanan basah, tapi hal macam ini bisa diatasi dengan mengganti ban yang lebih sesuai dan berkualitas.

Harga Kawasaki Ninja 250SL termurah dibanderol dengan harga Rp. 45 jutaan (OTR Jakarta). Lebih lengkapnya bisa cek  aplikasi Moladin di Android kalian atau kunjungi website Moladin dengan diskon besar-besaran setiap pembelian motor Kawasaki disini.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *