6 Kekurangan Citroen C3, Yakin Mau Beli?

by Firdaus Ali
kekurangan citroen c3 - eksterior depan

Ada beberapa kekurangan Citroen C3 yang menarik untuk dibahas. Di mana dalam pembahasan kali ini, kami akan membandingkannya dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Yup, brand otomotif asal Prancis, Citroen telah kembali ke Indonesia dengan membawa beberapa model mobil, salah satunya Citroen C3 yang didatangkan dari Negeri Hindustan alias India. PT Indomobil Wahana Trada sebagai pemegang merek mengungkapkan bahwa C3 disuguhkan untuk konsumen yang ingin memiliki mobil ringkas dengan desain dan warna yang futuristik serta modern.

Kelebihan Citroen C3 selanjutnya adalah harga yang terjangkau. Mobil ini dijual Rp 225 juta (OTR Jakarta). Lebih murah dari Toyota Raize 1.2, namun setara dengan Daihatsu Rocky 1.2 X. Cocok buat kamu yang ingin SUV ringkas merek Eropa, tapi tidak pasaran dan bujet sesuai kantong.

Meski begitu, jika ditelisik lebih jauh mobil ini terdapat beberapa kekurangan yang menarik untuk diketahui. Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan beberapa kekurangan Citroen C3 berikut ini:

1. Hanya Tersedia Transmisi Manual

Kekurangan Citroen C3

Citroen C3 cuma tersedia dengan transmisi manual

Kekurangan Citroen C3 selanjutnya adalah hanya tersedia transmisi manual. Hal ini berbeda dengan rivalnya seperti Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang menyediakan pilihan transmisi otomatis atau CVT.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Citroen E-C3 Dipakai Kencan Singkat ke Puncak

Hal ini tentu saja akan menjadi pertimbangan konsumen khususnya yang tinggal di kota besar seperti Jakarta yang akrab dengan kemacetan. Di mana jika mengemudikan mobil dengan transmisi manual tentunya akan lebih cepat capek menghadapi kemacetan jalanan ibu kota.

2. Performa Mesin Kalah Dengan Rocky dan Raize 1.2

Kekurangan Citroen C3

Performa mesin kalah dengan Raize

Selanjutnya, kekurangan Citroen C3 adalah performa mesin yang kalah jika dibandingkan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.2. Citroen C3 mengadopsi mesin 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder dengan transmisi manual 5-percepatan. Mesin tersebut diklaim mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm.

Sementara itu untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky 1.200 cc menggendong mesin 3-silinder DOHC with Dual VVT-i. Hasilnya, di atas kertas mesin Toyota Raize mampu mengeluarkan tenaga maksimum 88 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak 140 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Untuk transmisinya ada otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

Masih berkaitan dengan mesin, kekurangan Citroen C3 adalah hanya menyediakan mesin 1.200 cc. Sementara untuk Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize terdapat pilihan mesin 1.000 cc dengan teknologi turbo.

Baca juga  Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2, Mending Mana?

Di atas kertas, performa mesin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermesin turbo diklaim mampu menorehkan angka 98 PS dan torsi 140 Nm. Tentu, kompetensi ini lebih hebat lagi dibanding mesin Citroen C3.

Bagi kalangan anak muda atau millennial yang menginginkan sensasi berkendara dengan sentuhan adrenalin tentu saja mesin turbo akan menjadi pilihan menarik. Sebab, performanya jelas lebih unggul dibandingkan mesin non turbo.

3. Pengaturan Spion Masih Menggunakan Tuas

Kekurangan Citroen C3

Pengaturan spion di Citroen C3 masih manual dengan tuas seperti Suzuki S-Presso

Satu hal yang sangat mencolok dari kekurangan Citroen C3 adalah pengaturan kaca spion yang masih menggunakan model tuas. Sehingga, jika dilihat dari sisi estetika desain kurang menarik. Di samping itu, pengaturannya juga kurang praktis dibanding spion elektrik.

Berbeda dengan kedua rivalnya, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang sudah menggunakan sistem pengaturan kaca spion elektrik. 

4. Interior Kurang Mewah

kekurangan citroen c3 - interior kurang mewah

Tampilan sederhana interior Citroen C3

Kemudian, material yang digunakan Citroen C3 terlihat kurang mewah. Di mana bahan yang digunakan untuk membungkus joknya masih menggunakan fabric. Oh ya, model jok Citroen C3 juga headrestnya juga masih menyatu dengan senderan seperti mobil LCGC. Alhasil ini jauh dari kesan mewah.

Baca juga  5 Kelebihan Citroen C3, Pemenang World Urban Car 2023!

Berlanjut ke bagian dashboard dan doortrimnya. Material plastic yang digunakan juga terlihat tipis. Lagi-lagi jika dilihat dari sudut pandang estetika kurang elegan dan terkesan murahan.

5. Ukuran Velg Kecil

Kekurangan Citroen C3

Ukuran velg kecil, yaitu 15 inchi

Kekurangan Citroen C3 berikutnya adalah penggunaan ukuran velg yang kecil, yaitu 15 inch yang dibalut ban dengan profil 196/65. Berbeda dengan ukuran velg dari Rocky dan Raize yang sudah mengadopsi velg alloy berdimensi 16 inch hingga 17 inch tergantung variannya.

Ukuran ban dan velg jelas akan berengaruh dari kenyamanan berkendara serta padu-padan tampilan eksteriornya kurang maksimal.

6. Kapasitas Bagasi Kecil

Kekurangan Citroen C3

Kapasitas bagasi kecil, hanya 315 liter

Ukuran dimensi atau kapasitas bagasi menjadi kekurangan Citroen C3 selanjutnya, yaitu hanya berukuran 315 liter. Berbeda dengan bagasi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang bredimensi 369 liter.

Yup, ukuran bagasi tentunya juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen di Indonesia dalam membeli mobil. Dengan bagasi yang lega otomatis pemilik mobil bisa lebih leluasa membawa barang-barang saat bepergian jauh.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kekurangan Citroen C3 dibanding Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Jika kamu menginginkan mobil dengan tampilan yang eye catching tentu Citroen C3 menjadi pilihan menarik. Bagaimana, masih tertarik membeli?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika