by

3 Kekurangan Honda City Hatchback RS Dibanding Rival

Apa sih kekurangan Honda City Hatchback RS? Tentu pernyataan tersebut banyak terlontar dari konsumen. Wajar, karena jarang sekali, ada yang membahas hal ini.

Kami sengaja mengulasnya, agar konsumen tahu secara komprehensif tentang produk penerus Honda Jazz tersebut. Tentu saja saat bicara kelemahan, kami mencoba obyektif. Caranya dengan membandingkan dengan para kompetitor di kelas mobil hatchback 1.500 cc.

Rival di pasar otomotif Indonesia ada Toyota Yaris dan Mazda2 yang berstatus sebagai petahana. Dari komparasi yang kami lakukan, maka ditemukanlah tiga kekurangan Honda City hatchback RS. Mulai dari cuma tersedia dalam satu varian, fitur keselamatannya masih belum selengkap kompetitor, hingga tidak punya mode sport.

Buat kamu yang mau tahu lebih detail soal kekurangan ini, ada baiknya simak bahasan di bawah: 

1. Cuma Ada Satu Varian

kekurangan honda city hatchback
Di Indonesia, City Hatchback RS cuma hadir dalam satu varian

Kekurangan Honda City Hatchback yang pertama, hanya memiliki satu varian yaitu RS. Alhasil konsumen tidak punya opsi varian ketika ingin melakukan pembelian. Honda cuma menyediakan pembeda dari sisi transmisi: 6-percepatan manual dan CVT.

Padahal di Honda Jazz sebagai model pendahulu, tersedia dua versi: RS dan Standar. Lalu kompetitor seperti Toyota Yaris juga punya banyak varian. Totalnya ada 8 versi yang dibedakan dari tipe, pilihan transmisi, hingga jumlah air bag. Mazda2 pun punya dua varian: GT & R.

Baca juga  Mobil Konsep Honda N7X Hadir di Surabaya

Semakin banyak varian, tentunya membuat konsumen lebih mudah dalam memilih mobil sesuai bujet. Kalau punya uang berlebih, bisa pilih varian tertinggi. Sementara  jika bujet terbatas, cocok untuk beli varian terendah.

Walau demikian, Honda mengaku ketersediaan City Hatchback cuma dalam varian RS itu berdasar survei konsumen Tanah Air. Keputusan ini diambil lantaran pada Jazz, tipe RS laku hingga 90 persen dibanding varian standar.

Bicara kelebihan, City Hatchback RS tentunya memiliki desain terbaik dengan berabgai aksesori. Ambil contoh hadiran aerokit di sekujur bodi agar tampilan semakin aerodinamis. Pelek dan grille juga dicat hitam, sehingga terkesan beda.

2. Fitur Keselamatan Ada yang Kurang

kekurangan honda city hatchback
Mazda2 memiliki fitur blind spot monitoring, kemudian Yaris punya jumlah airbag yang lebih banyak

Walau hadir dalam varian tertinggi, Honda City Hatchback RS bukan berarti tanpa kekurangan. Apa lagi kalau dibandingkan dengan kompetitor seperti Toyota Yaris dan Mazda2.

Tidak percaya? Mobil pabrikan berlogo H punya total 6 airbag. Sementara Yaris TRD Sportivo ada opsi 7 airbag. 

Lalu kalau dibandingkan dengan Mazda2, rival City Hatchback yang satu ini bahkan punya blind spot monitoring (BSM). Guna BSM memberitahukan bila ada mobil lain yang ingin menyalip kendaraan kamu. Cara memperingatkan pengendara dengan suara dan indikator lampu di spion.

Baca juga  Bocoran Honda HR-V Terbaru, Berubah Total

Oleh karena ada beberapa kekurangan dibanding kompetitor itulah, maka fitur keselamatan jadi salah satu kekurangan Honda City Hatchback RS. Walau demikian, bukan berarti mobil ini tidak punya sistem keselamatan yang baik.

Buktinya dalam uji tabrak di Asean NCAP dapat 5 bintang. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur standar seperti, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake asssist (BA) sudah dipunya. 

Ditambah lagi ada vehicle stability assist (VSA) dan hill start assist (HSA). Guna VSA mencegah mobil selip saat bermanuver di tikungan. Lalu HSA mampu menahan mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan.

3. Tanpa Mode Sport

kekurangan honda city hatchback rs
Toyota Yaris dan Mazda2 sudah dilengkapi dengan mode berkendara sport

Kekurangan Honda City Hatchback RS yang terakhir adalah tidak punya mode sport. Padahal kompetitor seperti Mazda2 dan Toyota Yaris sudah memilikinya. Guna fitur tersebut tentu untuk memberikan akselerasi yang lebih responsif sesuai kebutuhan.

Meski cuma fitur tambahan, tapi mode sport bisa menghasilkan sensasi berkendara yang berbeda untuk pengemudi. Serta bisa meningkatkan rasa kesenangan berkendara.

Baca juga  5 Perbedaan Toyota Yaris Terbaru Vs Lama

Walau demikian, tanpa mode sport sesungguhnya City Hatchback RS telah dilengkapi mesin yang sangat mumpuni. Performa jantung mekanis 1.500 cc DOHC tersebut bisa dikatakan paling baik di kelasnya.

Di atas kertas mampu mengeluarkan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Bandingkan dengan kompetitor lain seperti Mazda2 dan Toyota Yaris yang punya kompetensi jauh dibawah.

Tidak percaya? Mesin Toyota Yaris yang cuma mampu mengeluarkan torsi 140,2 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk Mazda2, mesinnya hanya bisa melahirkan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 110 PS pada 6.000 rpm.

Itulah tadi bahasan lengkap soal kekurangan Honda City Hatchback RS disertai pula dengan beberapa kelebihannya. Tertarik punya? Untuk informasi terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru