oleh

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Kali ini kami akan menyampaikan kelebihan dan kekurangan Toyota Great Corolla. Buat yang belum tahu, Great Corolla merupakan sedan terlaris di zamannya, maka dari itu unit bekasnya terbilang banyak di pasaran.

Meski begitu, untuk kamu yang ingin meminangnya, harus teliti. Karena sebagai mobil bekas yang sudah berusia lebih dari 20 tahun, tentu saja Great Corolla memilki banyak kekurangan.

“Lebih tepatnya, banyak komponen-komponen parts yang sudah mencapai batas usia pakai, inilah yang harus diperbaiki, supaya proper untuk kembali digunakan,” buka Gembong, mekanik spesialis Toyota Corolla dari bengkel Mitra Karya Motor di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan. 

Lalu bicara kelebihannya, juga banyak. Sebut saja desain timeless, mesin bandel, handling mantap, hingga suku cadang berlimpah.

Semakin penasaran dengan mobil ini? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak kelebihan dan kekurangan Toyota Great Corolla, seperti yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Kelebihan Toyota Great Corolla

1. Desain Timeless

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla
Toyota Great Corolla 1995

Salah satu kelebihan Toyota Great Corolla yang pertama adalah di soal desain yang timeless. Toyota Great Corolla pantas disebut sebagai salah satu model sedan yang memiliki desain eksterior yang tidak lekang dimakan zaman.

Toyota Great Coorolla mengusung desain membulat di sudut-sudut bodynya, lebih bulat dibanding pendahulunya Toyota Corolla Twincam. Desain tersebut sepertinya menjadi tren dijamannya ketika banyak pabrikan mobil mulai mengunakan desain bulat untuk desain body sedan.

Selain itu, kita bisa melihat body Great Corolla begitu sederhana nanum terlihat mewah. Menggunakan lampu depan yang minimalis disertai dengan grill mungil dengan logo Toyota. Di bagian belakang mobil ini, terlihat lampu belakang memanjang diantara bagasi dan logo khas Corolla.

Baca juga  Harga Toyota Kijang Innova Naik, Ada Apa?

2. Suku Cadang Berlimpah

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Peran ketersediaan suku cadang sangat penting untuk mobil – mobil keluaran lawas. Hal ini berlaku untuk Toyota Great Corolla yang mana sparepartnya lumayan banyak tersedia di pasaran.

Tidak cuma itu saja, biaya perawatan sedan ini juga cukup terjangkau.

Misal di bengkel spesialis Great Corolla, Mitra Karya Motor di bilangan Pejaten Jakarta Selatan, biaya tune up hanya tune up Rp 200 ribu. “Untuk injektor cleaning Rp 300 ribu dan penggantian filter-filter kisaran Rp 200 ribu, ” kata Gembong punggawa bengkel Mitra Karya Motor.

Untuk pasrt parts fast moving seperti kampas rem misalnya, selain mudah didapat harganya juuga terjangkau. Yakni di kisaran Rp 100 – 200 ribuan.

3. Handling Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Sebagai mobil bekas keluaran tahun 1990an. Jika dilihat dari laman-laman forum Toyota Great Corolla dikatakan mobil ini meski berusia tidak muda namuan masih tergolong nyaman.

Nah untuk mencapai titiknyaman ini, tentu saja ada komponen-komponen yang harus dilakukan peremajaan. Hal ini supaya fungsi-fungsi parts yang terpasang pada Great Corolla bisa bekerja dengan maksimal.

4. Mesin Bandel

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Yang jadi keunggulan Toyota Great Corolla adalah mesinnya yang bandel, atau memiliki daya tahan yang tinggi. Menurut Gembong, dibanding kompetitornya Honda Ferio, mesin Great Corolla terbuat dari bahan metal, bukan alumunium.

Bahan case mesin ini cenderung lebih kuat dan tahan panas. “Kalau alumunium durabilitynya kurang baik, mudah over heat, tapi memiliki kelebihan lebih ringan,” kata Gembong lagi.

Baca juga  Daftar Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM 50 Persen, Mahal?

Penyakit yang Jadi Kekurangan Great Corolla bekas

1. Kaki – kaki Lemah

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Adapun kekurangannya, terletak pada soal usia sparepart yang harusnya sudah mengalami peremajaan. Jika kamu ingin membeli Great Corolla bekas. Seperti umumnya mobil lawas, masalah kaki-kaki yang sudah lemah juga hinggap pada Toyota Great Corolla.

Maka dari itu, ketika ingin meminang unit bekasnya pastikan kondisi kaki-kaki dijadikan perhatian utama. Pada Toyota Great Corolla biasanya timbul bunyi-bunyi aneh di area kaki-kaki.

Jika mobil terasa ada bunyi gluduk gluduk ketika melintas di jalan rusak bisa di sebabkan karena kerusakan pada bagian ball join. Selain itu bhusing rem umumnya juga rentan masalah.

Karet busing yang terdapat di bagian sayap mobil ini sangat berperan penting untuk menahan beban ,jika karet busing jebol atau pecah juga akan menimbulkan bunyi gluduk. Bahkan jika mobil di rem akan bunyi kreot-kreot.

Lainnya kerusakan pada bagian link stabil di tandai dengan bunyi yg hampir sama denga kerusakan pada bagian ball join, tapi bunyinya lebih terdengar kasar.

Solusi untuk kerusakan ini ada baiknya kamu mengganti bagain-bagaian yang sudah aus tersebut. Untuk biaya pergantiannya ball join saja misalnya harganya berkisar Rp 200 ribuan. Sedangkan linkstabilizernya berkisar mulai dari Rp 150 ribuan.

2. Kurang Bertenaga

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla

Sebagai mobil tua Great Corolla kadang terasa kurang bertenaga. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca juga  Toyota Vios Gazoo Racing Sport, Pakai 10-Percepatan CVT

Misalnya karena tidak optimalnya pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Bisa saja injektor mampat, ada kebocoran di saluran, atau fuel pump mulai melemah.

Atau bisa jadi karena knalpot yang berletup-letup atau berasap menunjukkan terlalu banyak campuran bahan bakar. Gejala ini juga bisa terjadi karena busi terlalu lemah.

Letupan api pada knalpot menunjukkan banyaknya sisa campuran udara dan bahan bakar yang tidak terbakar di dalam ruang pembakaran, sehingga terbakar di ujung knalpot. Jika kamu merasa performa mobil menurun akibat ini, saatnya untuk memeriksakan ke bengkel langganan.

3. Delco Rembes

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Great Corolla
Delco original Great Corolla

Nah yang terakhir ini sering terjadi, delco rembes. Delco sendiri merupakan salah satu komponen pada sistem pengapian mobil. Alat ini berfungsi untuk mendistribusikan induksi tegangan tinggi sekunder koil ke busi sesuai dengan urutan pengapian mesin.

Nah menurut Gembong, delco pada Great Corolla ini sering rembes. Efeknya jika sudah rembes paling masalahnya mogok. ” Untuk penanganannya, sebaiknya komponen ini diganti, Bbisa copotan atau baru. Nah kalau baru kendalanya mahal sekitar Rp 9 jutaan,” kata Gembong.

Menurut Gembong delco bocor ini karena posisinya sejajar sengan mesin. Ketika panas, maka seal akan bocor. Posisinya berbeda dengan delco Kijang yang posisinya berdiri.

“Ketkga delco sejajar dengan mesin jika seal mesin rembes maka oli akan merembet ke distributor, oli kan punya punya gravitais, terjadilah kebocoran,” tutup Gembong.

Demikian ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Toyota Great Corolla. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru