6 Kelebihan Honda Brio RS 2023, Layak Beli?

Honda Brio RS

Moladin akan mengulas kelebihan Honda Brio RS 2023 alias versi facelift, utamanya ketika dibandingkan dengan Brio lama. Sudah sewajarnya ketika mengeluarkan model terbaru, pabrikan melakukan revisi.

Salah satu yang menarik dari Brio RS facelift adalah sudah dilengkapi banyak fitur modern, sebut saja lampu depan dan lampu kabut LED. Ada pula fitur start & stop engine button, head unit layar sentuh 7 inch, dan lain-lain. 

Lalu bagaimana ketika dibanding dengan kompetitor yaitu Toyota Agya GR Sport 2023? Apakah Brio RS terbaru memiliki banyak keunggulan?

Berikut adalah bahasan lengkap soal kelebihan Honda Brio RS 2023 dibanding Brio lama dan juga Agya GR Sport selaku rival:

1. Harga Honda Brio RS Lebih Murah Dibanding Toyota Agya GR Sport

Brio RS Facelift dijual mulai Rp 233,9 juta

Kelebihan Honda Brio RS 2023 yang pertama ada di harga jual. City car tersebut dibanderol Rp233,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian MT dan Rp243,9 juta (OTR Jakarta) untuk CVT. Harga tersebut cukup terjangkau, ketika dibanding kompetitornya yaitu Toyota Agya GR Sport.

Tidak percaya? Cek saja harga Toyota Agya GR Sport yang dijual lebih mahal dari Brio RS terbaru. Pabrikan berlogo T memasarkan Agya varian tertinggi itu mulai Rp237,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian MT dan Rp 253,5 juta (OTR Jakarta) untuk CVT. 

2. Mesin Empat Silinder, Minim Getaran

New Honda Brio RS masih menggunakan mesin lama yakni 1.2L i-VTEC 4 silinder

Kelebihan Honda Brio RS 2023 lainnya adalah soal mesin yang masih mempertahankan konfigurasi empat silinder. Jantung mekanis tersebut dikenal seimbang dan minim getaran, sehingga membuat berkendara semakin nyaman.

Disebut sebagai keunggulan, lantaran kompetitornya yaitu Toyota Agya GR Sport menggunakan mesin tiga silinder. Umumnya kalau pakai konfigurasi tiga silinder, mesin bakal lebih bergetar dibanding empat silinder.

Mesin 1.200 cc milik Brio juga punya performa yang mantap di atas kertas. Mampu melontarkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak di 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm. Angka ini mirip-mirip dengan mesin Agya GR Sport yang bisa menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

3. Brio RS Punya Lampu Kabut LED

Lampu kabut di Brio RS, bahkan Toyota Agya GR Sport tidak punya

Kelebihan Honda Brio RS 2023 dibanding Toyota Agya GR Sport selanjutnya adalah kehadiran lampu kabut LED. Ini penting, utamanya untuk meningkatkan visibilitas berkendara, ketika melewati jalan gelap dan berkabut.

Sebenarnya lampu kabut sudah hadir di Brio lama, bedanya kini di Brio facelift menggunakan teknologi LED. Keunggulan dari LED tentu penggunaan daya yang rendah, sehingga kelistrikan mobil semakin stabil. Ditambah lagi, lampu LED umumnya punya usia pakai yang lebih lama dibanding bohlam.

Toyota Agya GR Sport Gen 2 sebagai kompetitor, bahkan belum memiliki lampu LED sama sekali.

4. Lampu Depan LED

Lampu depan LED belum ada di Brio lama

Jika dibandingkan dengan Brio lama, kelebihan Honda Brio RS Facelift 2023 adalah punya kelengkapan fitur lebih lengkap. Salah satunya, menggunakan new headlight atau lampu depan yang sudah mengadopsi LED dan DRL (daytime running light). Alhasil tampak lebih modern.

Kehadiran lampu depan LED ini juga menyamai keunggulan dari Toyota Agya GR Sport selaku rival. Dengan begitu, Brio RS terbaru jadi lebih kompetitif dari sisi fitur.



5. Fitur Keyless Entry dan Engine Start Stop

Tombol engine start stop baru hadir di Brio RS Facelift 2023

Honda Brio Facelift 2023 kini tidak lagi ketinggalan dari Toyota Agya GR Sport, lantaran sudah dilengkapi keyless entry dan tombol engine start stop. Guna keyless entry untuk memudahkan pengemudi masuk ke dalam mobil, tanpa perlu mengeluarkan kunci atau remote sama sekali.

Kemudian engine start stop button, tentunya memudahkan ketika ingin mengaktifkan mesin. Di mana pengemudi tidak perlu lagi mengeluarkan kunci, kemudian memasukkannya ke lubang kunci. Dengan fitur ini di Brio RS terbaru, maka pengemudi cukup menekan tombiol saja untuk mengaktifkan mesin, begitu pula ketika mau mematikan mesin. Mudah bukan?

6. Head Unit Lebih Besar

Honda Brio RS punya interior yang lebih modern dengan start & stop engine button dan head unti 7 inch

Head unit digital touch screen ukuran 7 inch yang tersedia di dalam mobil merupakan salah satu kelebihan Honda Brio RS 2023. Ini dikarenakan Brio lama cuma pakai head unit 6,2 inch. Kemudian kini sudah bisa terintegrasi dengan smartphone via Android Auto dan Apple Car Play.

Dengan ukuran head unit lebih besar, tentunya penumpang di Brio terbaru jadi lebih nyaman saat melihat video. Di samping itu, layar besar juga memudahkan pengaturan berabgai macam fitur hiburan.

Hanya saja kalau dibanding Toyota Agya GR Sport, maka head unit Brio RS Facelift ini masih kalah besar. Pasalnya pabrikan berlogo T memberi mobil mungilnya head unit yang lebih besar yaitu 8 inch.

Demikian ulasan terkait kelebihan Honda Brio RS facelift 2023. Setelah tahu, apakah kamu tertarik untuk meminangnya? Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

V-Kool Libatkan Video Kreator Muda Dalam Kompetisi Edukasi Kaca Film, Hadiah Puluhan Juta

Spesifikasi Kaca Film Deluxe, Murah Berkualitas Penghalau Panas Harga Rp 1 Jutaan

Penjualan Suzuki Global Naik Signifikan, Pabrik India Penuhi Target