oleh

5 Kelebihan Honda City Sedan Generasi Ke-5

Setelah mencoba langsung alias test drive, kami bisa mengetahui secara detail kelebihan Honda City sedan generasi ke-5. Mobil sedan ini diluncurkan PT Honda Prospect Motor pada akhir Oktober 2021. Harganya tembus Rp 355 juta (OTR Jakarta).

Mahal memang, karena tidak dapat relaksasi pajak dari pemerintah. Wajar karena mobil sedan berlogo H masih impor dari Thailand, bukan produksi dalam negeri. Bandingkan saja dengan Toyota Vios yang dijual mulai Rp 254 hingga 283 juta (OTR Jakarta).

Soal harga jelas jadi kekurangan Honda City sedan. Kelemahan lain, desain pelek masih pakai satu warna alias monoton. Walau demikian, mobil ini juga memiliki sejumlah keunggulan.

Kelebihan Honda City sedan dibanding kompetitor antara lain punya remote engine start, cruise control, performa mesin mantap, hingga speaker berjumlah delapan unit. Istimewa bukan untuk sedan entry level?

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Honda City sedan dari hasil test drive kami keliling Bekasi? Simak bahasan berikut:

1. Remote Engine Start

Kelebihan Honda City Sedan
Fitur Remote Engine Start ini jadi keunggulan Honda City terbaru

Dibanding generasi sebelumnya, kelebihan Honda City sedan generasi kelima sudah dilengkapi fitur Remote Engine Start. Fitur ini membantu pengguna menghidupkan mesin dan AC, dari luar mobil. Alhasil ketika masuk ke dalam kabin sudah terasa sejuk.

Jika dibandingkan pesaingnya Toyota Vios, All New Honda City merupakan model sedan entry level pertama di kelasnya yang memiliki fitur ini. Kehadiran remote engine start di mobil berlogo H sebelumnya telah ada di Honda Accord, Honda Civic RS, Honda City Hatchback RS, New Honda CR-V dan All New Honda BR-V.

Baca juga  5 Masalah Honda City Type Z yang Sering Dikeluhkan

2. Total Ada Delapan Speaker

kelebihan honda city sedan - interior
Kabin Honda City punya delapan speaker yang memanjakan ketika mendengar musik

Kelebihan Honda City sedan terbaru selanjutnya ada di sistem audio. Walau dimensinya ringkas, namun fitur audio mobil ini istimewa. Ada delapan speaker yang memanjakan pengemudi dan penumpang ketika mendengarkan musik.

Bandingkan dengan kompetitor yaitu Toyota Vios yang cuma punya enam speaker. Tentu ini jadi keunggulan tersendiri buat City.

Pengaturan audio juga bisa dilakukan tanpa perlu melepaskan tangan dari setir. Hal ini dimungkinkan melalui Audio Steering Switch yang berada di roda kemudi. Jadi naik turunkan volume suara musik, hingga ganti lagu, cukup tekan tombol di setir.

3. Head Unit Besar dan Canggih

kelebihan honda city terbaru - head unit besar
Fitur multi-angle rear view camer ada di head unit Honda City terbaru

Masih di interior, kelebihan Honda City sedan lainnya penggunaan head unit berukuran besar 8 inci. Ukuran tersebut lebih besar dibanding Toyota Vios yang cuma 7 inci.

Bukan cuma besar, tapi fiturnya istimewa. Head unit City dilengkapi dengan Bluetooth Audio, AM/FM Radio, Hands-Free Telephone, dan Smartphone Connection.

Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada head unit Honda City generasi kelima adalah Multi-Angle Rear View Camera. Alhasil pengemudi dapat gambaran lengkap bagian belakang mobil saat parkir mundur.

Ada tiga opsi tampilan dari kamera mundurnya: Normal View, Wide View, and Top View. Ini pastinya membantu pengemudi saat memarkir mobilnya.

4. Ada Cruise Control

kelebihan honda city sedan - cruise control
Kehadiran cruise control membuat berkendara dengan City terbaru semakin rileks

Walau belum pakai teknologi Honda Sensing, tapi Honda City terbaru sudah punya cruise control. Teknologi ini memungkinkan pengendara bisa lebih rileks saat melewati jalan bebas hambatan.

Baca juga  Harga BMW Seri 3 Bekas, Banyak yang Murah!

Pasalnya laju mobil bisa stabil. Kemudian kalau ingin berakselerasi dan melambat cukup tekan tombol di lingkar kemudi. Alhasil kaki pengendara bisa istirahat dari menekan gas dan rem.

Kami sudah merasakan kenikmatan berkendara dengan cruise control di City Generasi ke-5 saat sesi test drive. Paling tepat, teknologi ini digunakan berselancar di jalan tol yang bebas hambatan.

Cruise Control disebut sebagai kelebihan Honda City terbaru, lantaran Toyota Vios selaku kompetitor tidak punya.

5. Performa Mesin Mantap dengan Tiga Mode Berkendara

mode berkendara honda city - test drive 001
Pilih mode berkendara S untuk merasakan performa mesin Honda City sepenuhnya

Dari sisi performa, kelebihan Honda City sedan didukung oleh mesin 1.5L DOHC i-VTEC. Jantung mekanis ini peris milik City Hatchback. Sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 121 PS pada 6600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Performa mesin ini di atas kertas juga lebih istimewa dibanding Toyota Vios dan City generasi sebelumnya. Tidak percaya, mesin 1.500 cc milik Vios cuma bisa melontarkan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimalnya 107 PS pada 6.000 rpm. 

Sementara dibanding model lawas, tenaga City terbaru ini naik 1 PS. Kemudian performa terbaiknya juga bisa dicapai di putaran mesin lebih rendah.

Kami sudah merasakan performa mantap ini saat sesi test drive. Jika kamu ingin mengerahkan seluruh kemampuan mesinnya, cukup pindahkan tuas transmisi ke mode berkendara S (Sport). Maka putaran mesin langsung menyesuaikan ke 3.000 rpm untuk performa terbaik. Dengan begitu cukup injak pedal gas sedikit saja, City generasi ke-5 langsung melesat.

Baca juga  Dealer Honda Cokroaminoto Jadi Outlet ke-2 di Bali

Sensasi mobil sport ini juga bisa semakin dinikmati, lewat penggunaan paddle shift. Fungsinya membuat kamu merasakan sensasi ala perpindahan gigi lewat tuas di belakang lingkar kemudi.

Jika mau berkendara santai, bisa pilih mode Eco yang membuat performa mesin seperti tertahan. Mobil bakal menahan putaran mesin di angka 1.500 rpm. Tujuannya tidak lain, supaya lebih hemat bahan bakar.

Sementara mode berkendara Honda City yang terakhir adalah D atau Drive. Ini merupakan mode standar yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Selain performa mantap, sistem keselamatannya juga cukup oke. All New Honda City dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), 6 Airbags, Brake Override System, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Honda City merupakan salah satu model Honda yang selalu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari konsumen di Indonesia sejak lebih dari 20 tahun yang lalu”.

“Kami yakin dengan kehadiran All New Honda City ini dapat memberikan nilai lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia,” tambahnya.

Demikian ulasan terkait kelebihan Honda City sedan terbaru. Setelah mengetahui beragam keunggulannya, apakah kamu tertarik untuk punya? Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru otomotif.

Terbaru