by

7 Kelebihan Honda PCX 150 yang Tidak Dipunya Nmax

Kelebihan Honda PCX 150 – Motor bongsor 150cc milik pabrikan berlogo sayap ini memang banyak penggemarnya. Terbukti dari angka penjualannya yang mencapai 25 ribu unit perbulan pada tahun lalu. Sekaligus masuk ke 10 besar motor terlaris di Indonesia.

Pertanyaannya, kenapa Honda PCX banyak dilirik konsumen? Salah satu penyebab adalah harga yang bersaing dengan Yamaha Nmax selaku kompetitor.

Honda PCX dijual mulai Rp29,843 juta (OTR Jakarta) untuk varian CBS. Lalu varian ABS dibanderol Rp32,842 juta (OTR Jakarta). Di samping itu, PCX juga punya banyak keunggulan.

Apa saja kelebihan Honda PCX 150 dibanding Yamaha Nmax? Setidaknya, kami merangkum ada tujuh hal. Untuk detail, simak bahasan berikut:

1. Keyless di Semua Varian

sistem keyless PCX 150
Sistem keyless Honda PCX hadir sejak varian paling rendah

Bicara kelebihan Honda PCX 150, yang pertama adalah dilengkapi keyless untuk semua varian. Fitur ini menggantikan anak kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar.

Alhasil pengendara tidak perlu repot memasukkan anak kunci lagi. Cukup masukkan remote ke saku, kemudian tekan dan putar kenop pintar. Lalu tekan tombol starter, maka mesin motor otomatis aktif.

Keyless di PCX 150 juga terintegrasi dengan immobilizer. Maka motor akan lebih sulit untuk dibobol maling. Pasalnya, cuma remote bawaan pabrik saja yang bisa dipakai untuk mengaktifkan mesinnya.

Baca juga  Yamaha X-Ride Anda Ingin Terlihat Beda? Tiru Modifikasi Ini

Sebenarnya bukan Nmax tidak punya keyless. Hanya saja fitur tersebut cuma ada di varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected. Sementara Nmax Standard masih mengandalkan anak kunci kovensional.

2. Fitur Alarm Jadi Kelebihan Honda PCX 150

kelebihan honda pcx 150
Dengan alarm, Honda PCX bakal sulit dibobol maling

Kelebihan Honda PCX 150 selanjutnya, selain keyless ada juga fitur keamanan berupa alarm yang terintegrasi dengan remote pintar. Hadirnya alarm ibarat pengaman ganda dari maling.

Alarm PCX 150 bekerja dengan cara mengeluarkan suara saat ada potensi maling. Sensornya mendeteksi sentuhan serta getaran yang tidak wajar. Dengan kata lain, alarm bakal berbunyi saat motor digoyangkan atau berpindah posisi.

Fitur alarm ini jadi keunggulan, lantaran Nmax selaku kompetitor tidak memilikinya. Tidak hanya Nmax, motor pabrikan garpu tala lain juga belum ada yang punya.

Alarm sepertinya lebih identik di motor-motor HOnda. Sebut saja Scoopy, Vario 125 dan 150, ADV 150, semuanya sudah pakai fitur keamanan alarm.

3. Answerback System di Semua Varian

kelebihan Honda PCX 150
PCx juga dilengkapi answerback system sehingga mudah untuk mencarinya di lokasi parkir

Selain punya alarm, remote pintar Honda PCX 150 juga terintegrasi answerback system. Fitur ini berguna memudahkan pengendara dalam mencari kendaraan di tempat parkir.

Cara kerja answerback system sangat sederhana. Kamu cukup tekan tombol di remote, maka motor bakal mengeluarkan suara dan menyalakan lampu untuk memberitahukan keberadaannya.

Baca juga  Honda PCX Hybrid Memulai Debut Perdana, Bakal Murah?

Di Yamaha Nmax, answerback system cuma ada di varian tertinggi saja atau Nmax ABS/Connected. Sementara Nmax Standard belum memilikinya.

Baca juga:

4. Bagasi Lebih Luas dan Penyimpanan Mudah

bagasi honda pcx
Motor ini punya bagasi sangat luas, bahkan Nmax kalah

Selain kapasitas bagasinya luas, kelebihan Honda PCX 150 ada di cara penyimpanan yang mudah. Terkait kapasitas, totalnya mencapai 28,8 liter. Sementara Nmax cuma 24 liter.

Bedanya hampir 5 liter. Dengan demikian selain muat helm full face, bagasi PCX juga masih dapat meletakkan berbagai peralatan berkendara dengan mudah. Sebut saja jas hujan, lap microfiber, sarung tangan, dan lain-lain. Di Nmax bukan tidak bisa, cuma memang ruangannya lebih sempit.

Kemudian di PCX, kalau mau meletakkan helm cukup dengan posisi berdiri. Beda dengan Nmax yang perlu membalikkan helm terlebih dulu. Tentu ini jadi kekurangan Nmax, pasalnya punggun helm yang berada di bawah berpotensi bersinggungan dengan lantai bagasi dan mengakibatkan helm lecet.

5. Kapasitas Tangki Bahan Bakar Lebih Besar, Salah Satu Kelebihan Honda PCX 150

PCX
Tangki bahan bakar PCX mencapai 8 liter

Berikutnya yang jadi kelebihan Honda PCX 150 adalah kapasitas tangki bahan bakar. Total kapasitasnya mencapai 8 liter. Jauh lebih besar dari Nmax yang cuma punya 7,1 liter.

Baca juga  7 Rekomendasi Spion Honda PCX 2018 yang Pas Buat Modifikasi

Padahal ukuran tangki Nmax generasi baru ini sudah diperbesar. Sebelumnya, Nmax cuma mampu menampung BBM 6,6 liter.

Dengan tangki besar, pemilik PCX tentu tidak perlu sering-sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Alhasil mobilitas jadi semakin nyaman.

6. Ground Clearance Lebih Tinggi

Honda PCX 150 Facelift
PCX punya ground clearance tinggi, potensi gasruk saat berboncengan jadi minim

Kelebihan Honda PCX selanjutnya adalah ground clearance tinggi. Motor matik berlambang sayap ini punya jarak terendah ke tanah 137cm. Jauh lebih tinggi dibanding Nmax yang cuma 124 mm.

Tentu ground clearance yang tinggi membuat potensi bodi bawah bersinggungan dengan aspal semakin berkurang. Apalagi saat berboncengan. Pasinya ini membuat berkendara jadi lebih nyaman.

7. Desain Elegan Merupakan Kelebihan Honda PCX 150

aksesori pcx
Aksesori resmi PCX membuat tampilannya semakin elegan

Bila kamu melihat desain Nmax dan PCX, ada perbedaan signifikan. Nmax tampil lebih sportif, sementara PCX punya wujud elegan.

Aura elegan inilah yang jadi kelebihan dari Honda PCX. Kamu bisa melihat sosok mewah dari pengunaan pelek besar ukuran 14 inci. Kemudian terdapat aksen chrome di setang dan buritan.

Kemudian, panel instrumennya berukuran besar juga membuat aura mewah ini semakin terasa. Apalagi ditambah latar biru dan indiktor putih.

Share this!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru