Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

5 Kelebihan Honda WR-V RS Dibanding Rocky-Raize!

by Firdaus Ali
Harga mobil Honda bulan November 2022

Ada beberapa kelebihan Honda WR-V RS yang menarik untuk dibahas, sebab kehadirannya digadang-gadang akan mengusik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Honda WR-V resmi diluncurkan secara global di Indonesia pada Selasa (2/11/2022). Tersedia tiga pilihan varian: E, RS, dan RS with Honda Sensing. Ketiganya hadir dalam transmisi otomatis CVT.

Soal harga, Honda WR-V RS dibanderol Rp 271,9 juta untuk varian E CVT, Rp 289,9 juta untuk varian RS CVT dan Rp 309,9 juta untuk varian RS CVT with Honda Sensing. Banderol tersebut disebut sebagai kekurangan, karena lebih mahal dibanding Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

Walau demikian, kelebihan dari WR-V RS juga cukup banyak dibanding kompetitor. Terlihat dari eksteriornya lebih bongsor dan ground clearance hingga 220 mm, melebihi Rocky dan Raize. Lalu aura elegan juga keluar, terlihat dari bagian grill yang mirip dengan Honda HR-V Turbo RS.

Soal fitur keselamatan, Honda WR-V RS juga sudah memiliki Honda Sensing yang terintegrasi dengan adaptive cruise control (ACC), lane keeping assist system (LKAS), collision mitigation braking system (CMBS), road departure mitigation system (RDM), lead car departure notification system (LCDN), dan auto-high beam (AHB). Plus kemunculan Honda LaneWatch.

Kemudian soal mesin, WR-V juga lebih unggul dibanding Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Hal ini lantaran Honda memberi mesin dengan kapasitas terbesar yaitu 1.500 cc.

Baca juga  Hyundai Resmi Jual All New Palisade di Indonesia

Totalnya ada 5 kelebihan Honda WR-V RS dibanding kompetitor secara lebih detail? Berikut rangkumannya: 

1. Dimensi & Ground Clearance WR-V Lebih Unggul dari Raize dan Rocky

Kelebihan Honda WR-V RS

Ground clearance tertinggi di kelasnya

Kelebihan Honda WR-V RS yang pertama dari para rivalnya seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah dimensinya yang lebih bongsor. Mobil LSUV ini mempunyai panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm, serta ground clearance 220 mm.

Sementara untuk dimensi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, panjangnya 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Kemudian untuk ground clearance cuma 200 mm.

Efek positif dari dimensi yang lebih bongsor tentunya kelegaan kabin Honda WR-V RS jelas lebih unggul dibanding rivalnya. Begitu pula dengan ground clearancenya yang lebih tinggi sehingga tidak khawatir mobil mentok saat melewati jalan yang tidak rata.

Mobil LSUV pabrikan H tegak ini juga tersedia beberapa pilihan warna bodi. Khusus varian WR-V RS, ada cat eksterior two tone yaitu ignite red metallic dengan atap hitam (RS Type). Kemudian ada pula warna monotone: ignite red metallic (RS Type), Stellar diamond pearl (RS Type), crystal black pearl, meteroid gray metallic, taffeta white (E type).

Baca juga  Review Honda Mobilio Bekas, Layak Dibeli?

2. Kapasitas Bagasi Hingga 380 Liter

kelebihan honda wr-v - bagasi

Bagasi WR-V diklaim jadi yang terluas di kelasnya

Selain dimensi yang lebih bongsor, kelebihan Honda WR-V RS ada di kapasitas bagasinya yang tembus 380 liter. Ini mengalahkan bagasi milik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang cuma 369 liter.

Bagasi luas di WR-V ini menguntungkan untuk membawa barang-barang saat bepergian. Ditambah lagi jok baris kedua bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40, sehingga bisa dibuat semakin luas bagasinya.

Kemudian untuk interiornya juga cukup lega buat penumpang. Kami sudah mencobanya duduk di jok baris kedua, dengan tinggi badan 168 cm, masih nyaman untuk leg room dan head room. Honda juga memberi WR-V tiga head rest di belakang yang bisa diatur ketinggiannya.

3. Performa Mesin Honda WR-V Lebih Baik Dari Raize dan Rocky

kelebihan honda wr-v rs

Mesin 1.500 cc

Kelebihan Honda WR-V RS selanjutnya adalah performa mesin yang lebih optimal dari rivalnya (Raize dan Rocky). Di atas kertas Honda WR-V RS menggunakan mesin 1.500 cc yang juga digunakan oleh Honda BR-V dan HR-V yang tenaganya mencapai 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

Angka tersebut jelas di atas performa mesin Raize dan Rocky yang menggunakan mesin 1.000 cc turbo. Dimana tenaganya tercatat 98 hp dan torsi 140 Nm.

Baca juga  Mercedes-Benz GLE Terbaru, Harga Tembus Rp 2 Miliar

4. Sudah Pakai Remote Engine Start

kelebihan honda wr-v rs

Remote engine start

Kelebihan Honda WR-V RS selanjutnya adalah sudah menggunakan teknologi remote engine start. Yup, teknologi ini tentunya belum dimiliki oleh Rocky dan Raize.

Adanya teknologi remote engine start tentunya mendukung kenyamanan sebelum berkendara dengan Honda WR-V. Dimana fungsi dari fitur remote engine star ini adalah bisa menghidupkan mesin dan AC secara bersamaan dari remote.

Jadi pemilik WR-V RS bisa memanaskan mesin mobil dari jarak jauh serta mendinginkan kabin terlebih dahulu sebelum memasukinya.

5. Ada Fitur Honda LaneWatch

kelebihan honda wr-v rs

Fitur LaneWatch

Selanjutnya, kelebihan Honda WR-V RS adalah denan adanya fitur Honda LaneWatch. Honda LaneWatch sendiri mempunyai fungsi untuk membantu pengendara mengatasi blind spot yang tidak tertangkap spion. Fitur tersebut berupa kamera dengan lensa lebar, sehingga jangkauannya lebih luas menangkap kondisi sekitar mobil.

Menariknya, fitur LaneWatch pada WR-V RS berupa gambar dari kamera tersebut akan ditampilkan di head unit secara otomatis ketika tombol sein kiri ditekan (kamera ada di spion sebelah kiri). Dengan demikian, pengemudi bakal lebih mudah mengetahui bila ada kendaran lain di sebelah kiri saat berbelok.

Moladiners, itulah ulasan kelebihan Honda WR-V RS. Bagaimana, tertarik meminangnya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika