Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

4 Kelebihan Mitsubishi XForce Dibanding Rival, Wajar Laku!

by Firdaus Ali
paket kredit Mitsubishi Xforce

Berikut akan kami ulas beberapa kelebihan Mitsubishi XForce 2023. Ini merupakan SUV yang cukup laris di pasar otomotif Indonesia, terbukti saat peluncurannya di GIIAS 2023 sudah terpesan 1.100 unit.

Artinya, masyarakat banyak yang tertarik dengan XForce. Walau memang bila dibanding kompetitor seperti Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, hingga Hyundai Creta, SUV tiga berlian ini punya beberapa kekurangan. Sebut saja tidak punya sunroof dan ADAS.

Walau ada kekurangan, Mitsubishi XForce juga sesungguhnya punya banyak keunggulan. Ambil contoh desainnya gagah khas SUV dengan ground clearance tertinggi di kelasnya mencapai 222 mm. Kemudian hadirnya sistem audio dari Yamaha yang membuat musik terdengar begitu merdu dari dalam kabin. Ada pula interior luas utamanya untuk penumpang belakang dan barang di bagasi. 

Nah, mau tahu lebih detail soal kelebihan Mitsubishi XForce 2023 dibanding para rivalnya? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Ground Clearance XFrorce Tertinggi, Mencapai 222 mm

kelebihan mitsubishi xforce - ground clearance tinggi

Ground clearance Xforce tertinggi di kelasnya

Kelebihan Mitsubishi XForce yang pertama adalah ground clearance paling tinggi di kelasnya hingga 222 mm. Jarak terendah ke tanah yang tinggi ini penting untuk sebuah SUV, supaya bodi bawah mobil tidak mudah bersinggungan dengan jalan ketika melewati medan bergelombang.

Bandingkan saja dengan Toyota Yaris Cross yang punya ground clerance 210 mm dan Hyundai Creta 200 mm. Sementara Honda di Indonesia, tidak pernah menyebutkan ground clearance dari HR-V, meski demikian untuk ground clearance HR-V versi Malaysia cuma 183-196 mm. Jadi jelas bukan, ground clerance Xforce yang tertinggi.

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4, MPV Jago Reli

Lalu desain eksterior Xforce juga punya kesan paling gagah gagah, mengusung konsep “Silky & Solid”. Alhasil terwujud tampilan yang berwibawa untuk diajak berkendara di area perkotaan dan alam terbuka. Ciri khasnya adalah grille depan dynamic shield yang dikombinasikan LED daytime running light yang berbentuk L dengan aksen celah yang memancarkan cahaya dalam bentuk ikonik T.

Bicara dimensi, Mitsubishi XForce juga paling bongsor dibandig Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Toyota Yaris Cross. Di atas kerta punya panjang dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm.

2. Interior dan Bagasi Lapang

mitsubishi xforce ultimate 2023 - bagasi

Bagasi Mitsubishi Xforce Ultimate bisa dibuka dengan goyangan kaki

Pada bagian interior juga jadi kelebihan Mitsubishi XForce, utamanya karena lapang. Hal ini dimungkinkan, karena dimensinya memang bongsor dan punya jarak sumbur roda panjang hingga 2.650 mm dan lebar bodi hingga 1.810 mm.

Keunggulan yang satu ini memang tidak terlihat kasat mata, tapi bisa dirasakan ketika kamu duduk di jok baris kedua XForce. Dengan tinggi badan 168 cm, kami merasa begitu nyaman menjadi penumpang belakang mobil ini. Leg room dan head room masih sangat luas. Ditambah lagi jok belakang SUV tiga berlian ini memiliki fitur 8-step reclining (17 hingga 33 derajat). Alhasil penumpang bisa duduk rileks.

Kelebihan Mitsubishi XForce 2023 untuk interior juga ada di ruang bagasi luas. Dari perhitungan sederhana kami menggunakan meteran, diperoleh kapasitas bagasinya yang mencapai 480 liter. Bandingkan dengan Honda HR-V yang cuma punya luas bagasi 421,2 liter, Hyundai Creta 478,5 liter, dan Toyota Yaris Cross 390 liter.

Baca juga  Ribuan Komunitas Mitsubishi L300 Penuhi Jogja, Kopdar Nasional!

Pelipatan jok baris kedua yang fleksibel dengan konfigurasi 40:20:40 juga membuat pembagian antara barang dan orang di dalam kabin semakin mudah. Ditambah lagi, ketika jok belakangnya dilipat, bisa hadir bagasi rata lantai. Ada pula fitur hands free tailgate yang memudahkan buka pintu bagasi Xforce.

3. Dynamic Sound Yamaha Premium dengan 8 Speaker

kenyamanan interior mitsubishi xforce - test drive

Mitsubishi XForce varian Ultimate terintegrasi 8-speaker premium dari Yamaha

Kelebihan Mitsubishi XForce varian Ultimate 2023 sudah dilengkapi dengan Dynamic Sound Yamaha Premium. Ini merupakan sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister. Alhasil ketika mendengar musik, bisa menciptakan dynamic sound untuk penumpang di dalam kabin.

Totalnya ada 8-speaker yang terintegrasi dengan audio dari Yamaha di XForce Ultimate ini. Hadir pula 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara. Tidak ketinggalan, ada fitur Speed Compensated Volume (SCV) untuk menyesuaikan musik dengan kondisi berkendara, seperti kecepatan, kebisingan, dan lain-lain.

“Audio mobil ini juga punya speed sensing volume, yang bisa mendeteksi kecepatan. Jadi meski dalam kecepatan tijnggi, customer tetap bisa mendengarkan kualitas audio terbaik dari buatan Yamaha,” kata Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii. 

Kehadiran 8-speaker Dynamic Sound Yamaha Premium ini jadi kelebihan Mitsubishi XForce, lantaran kompetitornya belum punya. Sebut saja Honda HR-V dan Toyota Yaris Cross yang cuma punya 6-speaker untuk varian tertinggi. Sementara saingan ketat XForce hanyalah Hyundai Creta yang sudah punya 8-speaker dari BOSE. 

Baca juga  Harga BMW X1 2023, SUV Termurah Layak Beli?

4. Fitur AYC Cuma Ada di Mitsubishi XForce

Kelebihan Mitsubishi XForce

Fitur keselamatan AYC berfungsi membuat mobil tidak keluar jalur saat bermanuver

Bicara fitur keselamatan, Mitsubishi XForce memang punya kekurangan tidak punya ADAS. Walau demikian, SUV tiga berlian ini sudah punya teknologi keselamatan mutakhir bernama Active Yaw Control (AYC) yang membuat berkendara semakin nyaman. Fitur ini juga tidak dipunya oleh kompetitor seperti Hyundai Creta, Honda HR-V, hingga Toyota Yaris Cross.

AYC berfungsi membuat mobil tetap berada di jalur yang benar ketika bermanuver pada kecepatan tinggi. Caranya dengan mengurangi putaran roda di ban sebelah kiri atau kanan, tergantung yang membutuhkan. Fitur AYC di XForce terintegrasi pula dengan mode berkendara baik normal, wet, gravel, dan mud. Kombinasi itu semua mampu  menyesuaikan kontrol traksi terkait tire skidding, kontrol mesin, hingga kontrol power steering. Mantap bukan?

Kemudian khusus mode berkendara Wet di XForce juga tidak kalah istimewa. Ini pertama kalinya hadir di mobil Mitsubishi, meningkatkan kemampuan menikung dan stabilitas di jalan basah saat hujan. Bahkan di jalan banjir atau genangan air saat hujan lebat, mode berkendara Wet, membuat Xforce terjaga dari kehilangan kendali dan memungkinkan berkendara tanpa rasa khawatir. 

Selain itu, fitur kesealamatan Mitsubishi XForce juga memiliki Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, hingga Tire Pressure Monitoring System.

Itulah tadi bahasan soal kelebihan Mitsubishi XForce 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika