Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kelebihan Sistem Audio Mitsubishi XForce, Akustik Hasil Racikan Yamaha

by Tigor Sihombing
mitsubishi xforce ultimate 2023 - speaker yamaha

Kira-kira apa ya kelebihan sistem audio Mitsubishi XForce? Salah satunya adalah mendapat sound system yang tidak dipunya oleh mobil-mobil Mitsubishi lain yaitu Dynamic Sound Yamaha Premium. 

Dynamic Sound Yamaha Premium sendiri merupakan sistem audio yang dikembangkan khusus untuk mobil Mitsubishi dari Yamaha. Dalam hal ini, Yamaha tidak hanya memberikan set speaker dengan 8 unit, melainkan juga terlibat mendesain akustik ruang XForce agar mendapat hasil suara premium dari system audio terbaru ini.

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan fitur-fitur audio di dalam XForce telah mendapat perhatian khusus untuk memastikan pengalaman audio yang luar biasa bagi semua penumpang.

“Untuk menghasilkan suara dengan kualitas yang baik untuk pengendara, pengerjaan interior Mitsubishi XForce digarap serius demi menghasilkan akustik suara yang baik,” kata Hikaru.

“Panel door trim dirancang dengan detail untuk mengurangi getaran dan suara yang tidak diinginkan, sementara akustiknya didesain agar mendukung pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman,” jelas Hikaru.

Baca juga  5 Tips Beli Mitsubishi Pajero Sport Bekas, Agar Tidak Menyesal

Bahkan tidak hadirnya kaca atap atau panoramic roof di XForce, salah satu alasannya juga supaya ruang kabin punya akustik yang bagus. Dengan begitu sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium bisa benar-benar terasa ketika musik diputar saat berkendara.

Kami pun sudah mencoba langsung mendengar musik dari dalam kabin Mitsubishi XForce varian Ultimate yang punya audio dari Yamaha. Hasilnya benar-benar istimewa, telinga kami benar-benar dimanjakan, serasa mendengar musik secara live di konser.

Fitur Speed Compensated Volume

kelebihan sistem audio Mitsubishi XForce

Rencananya Mitsubishi akan menggunakan sistem audio Yamaha ini di mobil-mobil lain!

Kelebihan sistem audio XForce selanjutnya, terintegrasi dengan fitur Speed Compensated Volume, yang disingkat SCV. Fitur ini berfungsi mengatur menyesuaikan pengalaman audio sesuai dengan kondisi jalan dan suasana berkendara. Jadi suara berisik dari luar atau goncangan ketika berkendara, tidak akan mengganggu kenikmatan mendengar musik di dalam interior Xforce.

Selain itu untuk mendapatkan suara yang baik, panel pintu mobil yang pertama hadir secara global di GIIAS 2023 ini memiliki tempat speaker yang peletakannya diperkuat untuk menghasilkan suara yang solid. Sebab menurut Hikaru, jika permukaan tempat speaker Xforce tidak kokoh, suara yang solid tidak akan dihasilkan. Terutama untuk menghasilkan suara frekuensi rendah yang kuat, oleh karena itulah pemasangannya harus benar-benar tepat.

Baca juga  KIA Sportage 2021, Calon Rival CR-V dan Almaz RS

Hikaru juga mengatakan terdapat empat tipe suara dalam audio tersebut sesuai jenis musik, yakni lively (pop dance), signature (classic jazz, blues), powerful (rock, hip hop), dan relaxing. Jadi cukup sesuaikan saja dengan keinginan dan preferensi kamu dalam mendengar musik.

Sebagai informasi, untuk varian XForce Ultimate atau varian tertinggi sudah didukung dengan 8-speaker Dynamic Sound Yamaha Premium, head unit ukuran 12,3 inci yang bisa terhubung dengan smartphone via Android Auto dan Apple CarPlay secara wireless.

Sedangkan Xforce Exceed hanya menggunakan head unit ukuran 8 inci. Kemudian varian rendah ini cuma punya 6-speaker dan bukan dari Yamaha. Demikian ulasan kelebihan sistem audio Mitsubishi XForce. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika