Minggu, September 25, 2022

5 Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 Dibanding Rival!

by Tigor Sihombing

Sebagai kasta tertinggi, Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport terbilang cukup banyak. Baik jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner varian G, atau dengan kompetitornya sekelas yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate.

Toyota Fortuner 2.8 sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan pada semester pertama tahun ini. Hanya saja untuk varian GR Sport atau yang tertinggi, baru terungkap spesifikasi dan harganya dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang berlangsung di ICE BSD Tengerang Banten pada 11 Agustus lalu.

Jika dilihat secara tampilan, Toyota Fortuner 2.8 GR Sport terbaru sangatlah istimewa. Utamanya karena punya warna two tone yang tidak dimiliki oleh kompetitor yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakar sebagai varian tertinggi Pajero.

Bahkan ada beberapa fiturnya banyak yang melebihi kompetitornya tersebut. Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport seperti penggunaan head unit lebih besar dengan teknologi NFC, ada pula wireless charger,

Nah seperti apa kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport jika dibandingkan kompetitor terdekatnya Mitsubishi Pajero Sport 2.4 Dakar Ultimate. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Warna Two Tone

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Dengan adanya pilihan dua warna ini tentu membuat tampilan dari mobil satu ini semakin terlihat modern dan stylish. Dan tentunya, akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang yang melihat. 

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yang pertama adalah pilihan warna yang atraktif. Khususnya untuk varian 4×4, memiliki opsi bodi dengan kelir two tone yang tidak dimiliki oleh Pajero Sport Dakar. 

Pilihan kelir dua warnanya cuma ada satu yaitu platinum white pearl di bodi dan attitude black untuk atapnya. Dengan adanya pilihan dua warna ini tentu membuat tampilan dari Fortuner semakin terlihat modern dan stylish. Dan tentunya, akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang yang melihat. 

Baca juga  3 Kekurangan Mobil Kembar Raize-Rocky Dibanding Rival

Selain itu, tampilan eksterior juga terlihat gagah dengan penggunaan aksesori bodi seperti spoiler di bumper depan, grille dengan emblem GR, GR scuff plate, spoiler di bumper belakang, hingga stiker GR terbaru di bodi samping.

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport semakin istimewa dengan berbagai emblem Gazoo Racing tersemat. Sebut saja di opening head unit 9 inci yang juga memiliki fitur NFC e-toll card checking, scuff plate, floor mat, start/stop engine button, hingga head rest cover.

2. Performa Mesin Unggul dengan Kapasitas 2.800 cc

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Mesin Fortuner 2.800 cc milik Fortuner punya performa buas

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport berikutnya ada di soal performa mesin diesel. SUV ladder frame dari Toyota ini dibekali mesin baru yang lebih besar yakni 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 203,9 Ps atau setara dengan 201,1 Hp di 3.000 rpm sampai 4.000 rpm, dan torsi 499,2 Nm di 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.

Jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya yakni 2GD, mesin 1GD ini memiliki tenaga lebih besar 35 persen dan torsi lebih besar 25 persen.

Sedangkan Pajero Sport Dakar mengusung mesin berkapasitas 2.442 cc. Artinya mesin SUV Mitsubishi tersebut lebih kecil kubikasinya dibanding Toyota Fortuner GR Sport. Begitu pun dengan tenaganya yang hanya 179 Hp/3.500 rpm dan torsi 430 Nm/2.500 rpm.

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Xpander CVT, Istimewa?

Walau demikian Pajero Sport Dakar punya napa lebih panjang dengan transmisi hingga 8-speed. Sedangkan Fortuner hanya 6-speed.

3. Head Unit 9 inci dengan Fitur NFC e-toll Card Checking

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Head unit Fortuner 2.8 GR Sport

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 berikutnya adalah ukuran head unit yang lebih besar. Sealin itu di sana juga terdapat fitur smartphone connection Miracast and Voice Command dan fitur Near-field Communication (NFC) yang terletak di kanan bawah head unit,, berfungsi untuk mengecek saldo uang elektronik.

Adapun cara kerjanya sensor NFC menangkap sinyal frekuensi chip Radio-frequency Identification (RFID) dari kartu waktu ditempel. Untuk menggunakannya bisa langsung pencet pilihan menu E-Money pada tampilan utama layar head unit.

Kemudian tempelkan kartu pada logo NFC dan isi saldo terakhir akan ditampilkan di layar. Fitur ini tentu saja sangat memberikan kemudahan, terutama untuk mengetahui sisa saldo terakhir saat mau masuk tol atau keluar parkir. Adapun saat ini kartu uang elektronik yang bisa dipakai hanya E-Money dari Bank Mandiri.

Sedangkan pada Mitsubsihi Pajero Sport Dakar head unit hanya berukuran 8 inci, alias lebih kecil dibanding punya Fortuner. Kemudian belum memiliki fitur NFC.

4. Wireless Charger

Toyota Fortuner

Wireless Charger hadir di Fortuner 2.8 GR Sport

Selanjutnya yang juga jadi kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport adalah kehadiran wireless charger. Fitur ini memudahkan cas baterai smartphone, tanpa perlu pakai kabel.

Kemudian ada rear seat entertainment berupa monitor untuk penumpang belakang. Alhasil penumpang bangku baris kedua dan ketiga bisa tetap melihat video atau film dengan nyaman selama berada di mobil.

Baca juga  9 Rekomendasi Mobil Mesin Turbo Murah di Indonesia 2021

Kemudian khusus varian 4×4, tentunya ada penggerak 4×4 plus easy 4×4 switch, dan downhill assist control (DAC). Fitur DAC berguna untuk melewati jalan menurun yang licin dengan tetap menjaga mobil dalam kecepatan rendah. Tidak cuma itu, jumlah airbag Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 juga sudah sangat banyak yaitu mencapai 7 titik.

Kelebihan lain mobil SUV ini juga sudah dilengkapi dengan pintu belakang elektrik dengan sensor kaki. Ada pula fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC) juga sudah disematkan pada mobil ini sebagai fitur standar.

5. Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Rival Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 dijual dengan harga Rp 720.500.000.

Kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport berikutnya ada di soal harga. Banderolnya untuk varian 4×4 Two Tone adalah Rp 717,05 juta (OTR Jakarta). Tersedia pula varian lebih murah, seperti 4×4 2.8 GR Sport AT Lux Rp 715,843 juta (OTR Jakarta), 4×4 2.8 GR Sport AT Rp 712,05 juta (OTR Jakarta), dan 4×2 2.8 GR Sport AT Rp 621,65 juta (OTR Jakarta).

Sementara untuk Pajero Sport varian tertinggi atau Dakar Ultimate 4×4, banderolnya tembus Rp 720,05 juta (OTR Jakarta). Mitsubishi juga cuma menyediakan satu varian lain untuk versi Dakar Ultimate yaitu 4×2 yang harganya Rp 660,8 juta (OTR Jakarta).

Khusus untuk varian 4×4, beda harga Fortuner GR Sport dan Pajero Dakar Ultimate memang cuma 3 jutaan. Namun dengan beli Fortuner 2.8 GR Sport kamu akan mendapat berbagai keunggulan yang sudah disebutkan sebelumnya. Mulai dari performa mesin lebih mantap, warna bodi two tone, wireless charger, hingga ukuran head unit lebih besar yang telah dilengkapi NFC.

Demikian ulasan terkait kelebihan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport dibandingkan Pajero Sport Dakar Ultimate. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika