oleh

6 Kelebihan Toyota Veloz FWD 2021, Menarik!

Kira-kira apa yang kelebihan Toyota Veloz FWD yang baru meluncur hari ini, Rabu 10 November 2021? Sebelumnya patut kita ketahui dahulu, jika All New Veloz telah jadi produk sendiri yang diproduksi terpisah dengan Avanza.

All new Veloz dibuat oleh pabrik Toyota. Sementara Avanza masih bersama dengan Xenia di pabrik Daihatsu. Ke depannya Veloz juga bakal jadi produk global yang siap diproduksi di negara lain.

Bicara Toyota Veloz, mobil keluarga ini hadir dalam platform baru mengusung penggerak Front While Drive (FWD). Sistem ini dipadukan dengan ubahan sistem suspensi baru dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang, serta karakteristik spring rate dan damper.

Menurut Toyota, sistem suspensi ini mampu memberikan stabilitas pengendalian yang prima dan kenyamanan berkendara yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebar dan jarak sumbu roda yang panjang.

Selain itu, Veloz FWD juga dilengkapi dengan fitur terbaru beberapa di antaranya adalah yang pertama di kelasnya.

Saat ini mobil Veloz FWD tersedia dalam 3 pilihan harga dan tipe yaitu Veloz M/T Rp 251.200.000, Veloz Q CVT Rp 272.100.000, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense) Rp 291.500.000.

Lantas apa saja kelebihan Veloz FWD lainnya. Berikut rangkumannya:

1. Desain Stylish 

Kelebihan Toyota Veloz FWD
Lampu utamanya mengusung teknologi LED yang dipadukan dengan New Fog Lamp berdesain baru.

Kelebihan Toyota Veloz FWD yang pertama adalah desainnya yang stylish. Dengan aksen grille yang seperti cutting berlian. Grile Veloz CVT juga berkesan kokoh, tangguh, dan agresif dengan tampilan warna hitam.

Lampu utamanya mengusung teknologi LED yang dipadukan dengan New Fog Lamp berdesain baru. Kesan sebagai MPV premium tanggung juga terpancar dari sisi samping. Veloz FWD memancarkan garis yang begitu kuat melalui Remarkable Chrome Window Belt, Fender Line & Roof Rail.

Baca juga  20 Mobil Terlaris di Indonesia Agustus 2020, Avanza Menyerah?

Penerapan New Side Stone Guard yang tidak hanya melindungi bodi samping, tetapi juga memperkuat kesan tangguh.

Berbeda dengan Avanza, kelebihan Toyota Veloz CVT juga ada pada penggunaan velg alloy 17 inchi dengan tampilan advance (Q CVT & Q CVT TSS) yang kokoh dan gagah, plus New Foot Lamp di bawah kaca spion samping untuk membantu penerangan di area gelap.

Beranjak pada sisi belakang eksterior All New Veloz, terdapat Progressive Rear Combination Lamp with Full Backdoor Lamp untuk membuat tampilan lebih modern dan lebar. 

Bagian ini yang juga dipertegas dengan Sturdy Rear Bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh dari sebuah crossover.

2. Kabin Luas, Kursi Bisa Dilipat Sofa

Kelebihan Toyota Veloz FWD
Untuk memanfaatkan ruang ekstra ini secara maksimal, kursi All New Veloz dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna.

Sebagai MPV yang pengalaman menjadi mobil keluarga, di dalam interior All New Veloz, konfigurasi tempat dudukya mengusung konsep Spacious Cabin with Long Sofa Mode.

Kabin ekstra luas ini berhasil dihadirkan berkat panjang mobil yang terbentang 4.475 mm dari sisi depan hingga belakang, dengan lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Untuk memanfaatkan ruang ekstra ini secara maksimal, kursi All New Veloz dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pengguna, bahkan dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah untuk memberikan perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga.

Untuk bahannya sendiri, kursi All New Veloz juga hadir dengan New Fabric & Leather Combination Seat yang tampak elegan.

3. Ukuran Head Unit 9 Inci

Kelebihan Toyota Veloz FWD
Penerapan New High Positioned Console juga didesain untuk menambah kenyamanan bagi pengemudi.

Veloz CVT juga mengusung setir berlapis kulit dan Tilt – Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi. Serta dilengkapi Drive Mode Switch pada varian Q CVT.

Baca juga  Bocor! Tanggal Peluncuran Toyota Agya Facelift 2020 di Indonesia

Selain itu, panel instrumen terbaru ukuranya lebih besar yakni 7 Inci dan sudah layar digital. Fungsinya, memastikan semua informasi penting mengenai status kendaraan secara visual.

Penerapan New High Positioned Console juga didesain untuk menambah kenyamanan bagi pengemudi. Veloz FWD juga telah mengadopsi hiburan layar sentuh head unit berukuran 9 inci.

Sistem ini bisa terhubung dengann Advanced Smartphone Connectivity pada head unit dan New Rear-Seat Entertainment juga tersedia pada trim Q CVT dan Q CVT TSS.

4. Wireless Charger

Kelebihan Toyota Veloz FWD
Wireless Charger Veloz FWD

Selain itu, All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan New Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional.

Terdapat pula New Push Start Button yang memberikan sentuhan unik saat menghidupkan dan mematikan mobil, serta fitur New Auto A/C yang secara efektif dan cerdas mendinginkan suhu kabin.

Di dalam kabin, New Veloz FWD juga mengusung New Vibrant Illumination Light yang menciptakan rasa tenang dan damai untuk memberikan momen santai bagi penumpang depan selama perjalanan.

Tidak ketinggalan penumpang belakang juga mendapat layar monitor besar untuk hiburan. Ini disebut sebagai kelebihan Toyota Veloz FWD, karena kompetitor belum ada yang punya.

5. Sistem Transmisi Baru

Kelebihan Toyota Veloz FWD
All New Veloz hadir dengan mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. 

Kelebihan Toyota Avanza Veloz FWD lainnya adalah penggunaan New Adopted CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar. Efeknya diklaim menghasilkan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.

Lalu mesin 1.500 cc miliknya juga tidak luput dari peningkatan performa. Jantung mekanisnya sekarang bisa mengeluarkan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm. Dengan kata lain, peningkatannya 1 Nm dalam hal torsi dan 2 PS di tenaganya.

Baca juga  Toyota Agya Facelift Siap Meluncur, Pakai Start/Stop Engine?

“Engine-nya (Avanza FWD) pun ada yang baru, kami memberikan tuning untuk engine performance,” kata Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi saat bincang-bincang dengan wartawan secara virtual pada Rabu (10/11/2021).

6. Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch

Kelebihan Toyota Veloz FWD
TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Yang memiliki fungsi peringatan dini kecelakaan.

Pertama di kelasnya, All New Veloz dilengkapi fitur keselamatan aktif yang mengandalkan sensor dan radar yakni Toyota Safety Sense (TSS), yang disematkan pada varian atas, Q CVT TSS.

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Ada Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Mobil keluarga terbaru ini juga telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan rem cakram yang solid di belakang, yang diperkuat dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA).

Terdapat 6 Airbags (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai) (Veloz Q CVT TSS) untuk memberikan keamanan lebih baik dan peace of mind untuk orang yang sedang dalam perjalanan.

Vehicle Stability Control yang menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan dan Hill Start Assist yang memastikan start yang mulus di jalan menanjak juga tersedia.

Khusus untuk trim Q CVT & Q CVT TSS, All New Veloz juga dilengkapi dengan New All Round View Camera yang berguna untuk membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar.

Tidak berhenti sampai di situ, All New Veloz juga didukung dengan fitur canggih terbaru Toyota yakni T Intouch yang sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry. T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di All New Veloz, yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA di smartphone.

Demikian ulasan terkait Kelebihan Toyota Veloz FWD. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru