Thursday, October 6, 2022

Kelebihan Transmisi D-CVT di Daihatsu Xenia, Sirion, dan Rocky!

by Tigor Sihombing
Teknologi Transmisi D-CVT

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membeberkan kelebihan transmisi D-CVT dalam gelaran Auto Clinic yang melibatkan 20 komunitas otomotif di BSD, Tangerang. Buat yang belum tahu, D-CVT merupakan transmisi anyar yang dipakai oleh beberapa mobil Daihatsu, seperti Xenia, Sirion, dan Rocky.

“Kami ingin memperkenalkan teknologi transmisi D-CVT kepada komunitas sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia”, kata Ben Faqih, People Development Department Head CSVC PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Menurut Ben, transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan ataupun torsi. Dengan mengembangkan transmisi baru yang disebut “D-CVT” (Dual Mode Continuously Variable Transmission), mobil akan memiliki keunggulan akselerasi lebih halus, rasio gigi lebih panjang, serta memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Kelebihan transmisi D-CVT, mengusung mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear. Alhasil penyaluran tenaga dari mesin mengkombinasikan antara belt dengan planetary gear yang menyebabkan pada saat kecepatan rendah terasa lebih halus dan bertenaga, sementara pada saat kecepatan tinggi bisa lebih irit.

Baca juga  Penjualan Daihatsu di GIIAS 2021, Xenia Nomor Dua

“D-CVT adalah transmisi yang memiliki mekanisme kerja menggunakan belt atau pulley seperti CVT konvensional lainnya, Namun yang berbeda adalah Kombinasinya dengan Planetary Gear,” tambah Ben. 

Dia mengklaim, penggunaan D-CVT meringankan sistem perpindahan gigi. Ini berefek ke efisiensi bahan bakar mobil bisa semakin hemat sekitar 5 persen dibanding CVT konvensional.

Penggunaan teknologi D-CVT juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya. Misalnya terkait penamaan, tetap ada tuas transmisi posisi D (drive) untuk melaju, R (reverse) untuk mundur, dan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual.

Sedangkan khusus pada model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake. Ini bisa dipakai, ketika dalam kondisi jalanan menurun.

Merawat Transmisi D-CVT

kelebihan Transmisi D-CVT

Tampilan tuas transmisi D-CVT di Daihatsu Rocky

Usai mengetahui kelebihan Transmisi D-CVT, para pemilik mobil juga perlu melakukan perawatan secara berkala. Tujuannya membuat transmisi bisa selalu optimal ketika berkendara.

Baca juga  5 Cara Merawat Transmisi Mobil Otomatis yang Benar!

Merawat teknologi transmisi D-CVT juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu pastikan pengecekan volume serta kualitas oli secara berkala. Pengecekan ini dapat dilakukan setiap 20.000 KM atau 12 bulan. Kemudian untuk ganti oli transmisi dilakukan setiap 80.000 KM atau 48 bulan, mana yang lebih dulu tercapai.

Selanjutnya untuk merawat transmisi D-CVT, kamu juga bisa berkendara secara santun. Maksudnya, tidak sering-sering menginjak gas dalam tiba-tiba. Begitu juga saat melakukan pengereman, tidak injak rem mendadak.

Demikian ulasan terkait kelebihan transmisi D-CVT serta cara merawatnya. Kiranya ulasan ini bermanfaat terutama untuk kemu pemilik Daihatsu Sirion, Rocky, dan Xenia terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika