Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan Isofix di Mobil

Masih banyak pemilik mobil belum mengetahui fungsi dari Isofix yang kini telah tersedia di sejumlah mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia. Isofix memiliki arti International Organization Fix, yang dirancang untuk keselamatan penumpang, khususnya anak kecil.

Peran Isofix cukup penting untuk penumpang, terlebih dalam menunjang mobilitas sehari-hari yang biasa menggunakan mobil dan memiliki anak berusia balita.

Posisi Isofix sendiri berada di bagian jok, namun sejatinya bukan dalam bentuk jok yang dimaksud. Melainkan fungsi Isofix terletak pada dua ruang kecil yang terdapat di sisi lipatan jok bagian tengah. Fungsinya sebagai penyangga bagian bawah kursi mobil anak-anak (child car seat) yang dipasang sebagai fitur tambahan.

Fungsi Isofix yang perlu diketahui pemilik mobil

Isofix
Isofix bertugas mengunci child car seat yang diperuntukan bagi anak-anak

Dengan adanya Isofix tentunya dapat membuat bayi dan orang tua dapat lebih nyaman dan aman, ketimbang memangku atau mendudukan anak dan memasangkan seat belt. Isofix pun berperan penting bagi keselamatan si buah hati ketika terjadi kecelakaan.

Namun sayang, hingga saat ini di Indonesia belum ada aturan resmi mengenai anak kecil atau bayi harus duduk di jok khusus, padahal negara-negara maju sudah menerapkan aturan untuk penggunaan Isofix ini yang telah ditetapkan sesuai dengan ISO 13216-1 tentang meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan pada penumpang balita.

Aturan ini pun akhirnya ditetapkan sebagai aturan wajib bagi produsen mobil untuk menghadirkan Isofix sebagai salah satu fitur keselamatan wajib yang tersedia di mobil baru.

Isofix berfungsi sebagai penopang kursi anak kecil atau child car seat yang dijual secara terpisah. Kursi anak kecil itu dipasarkan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi masing-masing penggunanya.

Child car seat ditawarkan dalam sejumlah pilihan, seperti Infant car seat yang diperuntukan bagi anak usia 0-1 tahun yang memiliki berat badan hingga 10 kg. Modelnya bisa diputar dan memiliki kaitan agar dapat dijinjing.

Isofix berfungsi untuk menopang child car seat untuk menjaga keamanan serta kenyamanan bayi di perjalanan

Selain itu ada juga toddler car seat, yang digunakan untuk anak usia 1-4 tahun yang memiliki berat badan 10-20 kg. Serta yang terakhir young children car seat yang pas digunakan bagi anak usia 4-8 tahun yang memiliki berat badan lebih dari 20 kg.

Kehadiran child car seat sendiri nyatanya mampu mengurangi angka kematian anak hingga 75% ketika terjadi kecelakaan. Karena child car seat dirancang agar anak kecil dalam kondisi aman, terlebih bentuk posisi di belakang leher, kepala dan tulang belakang dirancang nyaman dan aman dari benturan dan guncangan.

Sebagai catatan penting buat Anda, Isofix tidak dianjurkan untuk posisi jok depan, karena jika terjadi keadaan darurat yang membuat airbag mengembang secara tiba-tiba, sang buah hati justru akan kesulitan untuk bernafas.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *