by

Ketahui Tanda Velg Mobil Rusak, Jangan Dibiarkan!

Ada beberapa faktor yang menyebabkan velg mobil rusak, salah satunya karena menghantam lubang dengan keras di jalan raya. Meski demikian ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan velg mobil rusak.

Velg mobil merupakan salah satu komponen penting. Tugasnya sebagai penopang mobil. Untuk itu, jika velg mengalami kerusakan sebaiknya segera diperbaiki demi keselamatan dan kenyamanan selama mengendarai mobil.

Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang menganggap enteng kerusakan pada velg mobil. utamanya kerusakan velg seperti peang atau penyok dan retak ringan.

Ciri-ciri velg mobil rusak

velg mobil rusak
Ban sering kempes akibat velg peyang

Ciri-ciri velg rusak terkadang tidak kasat mata, seperti misalnya velg mengalami peyang ringan atau baret. Namun kerusakan yang terjadi pada velg tersebut bisa dirasakan saat mobil dikendarai.

  • Ban sering kempes

Jika ban sudah diisi angin namun sering mengalami kempes, bisa jadi penyebabnya adalah velg mengalami kerusakan seperti peyang atau penyok.

Meski kerusakan penyoknya kecil, namun jika posisinya berada di bibir velg bisa menyebabkan ban akan sering kempes.

  • Muncul suara berdecit

Velg rusak bisa ditandai dengan munculnya suara berdecit. Penyebab umumnya dari komponen spoke yang bermasalah.

Jika hal tersebut terjadi, segera prebaiki di bengkel khusus reparasi velg biar aman dan nyaman saat mobil dikendarai.

  • Ban cepat tipis namun tidak rata

Salah satu manfaat melakukan servis berkala adalah pihak bengkel melakukan pengecekan ke seluruh bagian mobil, utamanya bagian luar yang kasat mata. Nah, saat melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel umum baiknya juga mengecek bagian permukaan ban.

Baca juga  5 Velg Mobil Terbaik yang Cocok Untuk Modifikator

Jika ada sebagian yang sudah menipis namun tidak rata, bisa dipastikan velg mengalami penyok. Segera perbaiki agar tidak menimbulkan kerusakan roda yang lebih parah.

  • Setir getar

velg mobil rusak

Ciri velg mobil rusak selanjutnya adalah muncul getaran yang berlebih pada lingkar kemudi atau setir. Getaran tersebut muncul akibat velg mengalami peyang dan kemudian berimbas pada tekanan angin pada ban yang berkurang.

Selain muncul getaran, laju roda umumnya tidak stabil saat dikendarai alias lari ke kanan dan ke kiri. Saat sudah muncul indikasi tersebut segera perbaiki keusakan velg tersebut. sebab pada beberapa kasus jika masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut velg bisa retak bahkan pecah.

Setelah mengetahui beberapa gejala velg mobil rusak, selanjutnya apakah velg yang rusak tersebut bisa diperbaiki, atau harus diganti?

Biaya servis velg mobil rusak

velg mobil rusak
ilustrasi pemasangan velg mobil

Kerusakan pada velg mobil tidak semuanya bisa diperbaiki. Ada beberapa kerusakan yang mengharuskan pemiliknya mengganti dengan velg baru.

“Untuk velg yang mengalami kerusakan masih bisa diperbaiki, seperti retak dan peyang. Harganya berbeda-beda, tergantung tingkat kerusakannya,” ungkap Sonny, salah satu pemilik toko Velg dibilangan H. Nawi, Jakarta Selatan.

Baca juga  Velg Replika Untuk Mobil, Aman Dipakai?

Kisaran biaya untuk perbaikan velg yang retak ringan atau peyang kecil dimulai dari Rp 200 ribuan. Biaya tersebut dihitung per titik.

Jadi misalnya kerusakan ada di dua titik, berarti biayanya dikalikan dua. Namun jika kerusakannya parah, misalnya retak atau peyang yang parah, biaya perbaikannya bisa sampai jutaan.

Selain perbaikan velg mobil rusak, umumnya bengkel spesialis perbaikan velg juga menerima jasa pengecatan velg. Bahkan saat ini beberapa toko velg juga sanggup menerima jasa pengecatan velg.

“Selain perbaikan velg yang rusak, konsumen juga terkadang ada yang ingin memperbarui warna velgnya dengan warna baru atau warna yang sama dengan sebelumnya. Biaya yang dikenakan tergantung dari ukuran velgnya, semakin besar ukurannya semakin mahal biaya pengecatannya. Harganya dikisaran mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 4 jutaan,” jelas Sonny.

Sonny juga menjelaskan bahwa beberapa bengkel spesialis perbaikan velg juga mampu membetulkan velg mobil yang retak parah. Tentunya dengan perhitungan dan alat press yang mumpuni.

“Beberapa bengkel bubut atau press spesialis velg bisa memperbaiki kerusakan velg yang parah. Namun biayanya mahal, bisa di atas Rp 5 juta untuk satu velg. Selain itu proses perbaikannya juga bisa sampai satu minggu jika tidak antri,” imbuhnya.

Baca juga  7 Ciri Velg Replika Mobil, Jangan Salah Beli!

Cara merawat velg mobil

velg mobil rusak

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada velg mobil, ada beberapa cara perawatannya. Antara lain:

  • Kurangi kecepatan saat melintasi jalan rusak

Saat melewati jalan rusak atau berlubang, disarankan untuk mengurangi kecepatan. Selain menghindari velg penyok akibat benturan dengan lubang jalan, hal tersebut juga untuk menghindari agar velg tidak lecet akibat terkena kerikil.

  • Tekanan angin ban harus pas

velg mobil rusak

Salah satu perawatan velg yang mudah untuk dilakukan adalah menjaga tekanan angin pada ban yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan masing-masing mobil.

Sebab, jika tekanan ban terlalu keras atau kurang bisa mengakibatkan velg peyang karena menahan beban tanpa bantuan tekanan angin dari ban tersebut.

  • Spooring balancing

Selanjutnya adalah dengan melakukan spooring balancing saat melakukan servis berkala. Untuk di bengkel resmi, saat melakukan servis berkala tentunya otomatis sudah termasuk dengan spooring balancing.

Berbeda halnya dengan melakukan servis berkala di bengkel umum, tidak semua bengkel umum mempunyai alat untuk melakukan spooring balancing.

Moladiners, itulah ulasan mengenai velg mobil rusak. Jika kondisi velg sudah terindikasi seperti ulasan di atas, maka sebaiknya segera dicek kondisi velgnya dan segera diperbaiki demi keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Untuk inormasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru