Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kia EV9 Raih Gelar World Car of The Year 2024

by Ivan
spesifikasi kia ev9 gt-line 2023 - eksterior

Kia EV9 dinobatkan sebagai mobil terbaik di ajang World Car Awards 2024. Gelar prestisius ini diraih Kia EV9 setelah menumbangkan perwakilan Cina dan juga Swedia di kategori 3 besar.

Proses pengerucutan kandidat World Car Awards 2024 bukanlah proses kerja semalam. Mobil-mobil kandidat sudah dipilih sejak bulan Oktober tahun lalu untuk selanjutnya dirilis secara bersama-sama untuk memperebutkan gelar World Car of the Year.

Sebanyak 36 kandidat mobil berasal dari pasar otomotif berbeda. Tercatat 16 kandidat mobil berasal dari Cina, 8 mobil Jepang, 5 mobil Eropa, 4 mobil Korea, dan 3 mobil buatan Amerika Serikat.

spesifikasi kia ev9 gt-line - eksterior depan
Kia EV9 varian GT-Line resmi meluncur di Indonesia pada ajang GIIAS 2023

Pada pameran New York International Motor Show yang baru saja berakhir, World Car Awards 2024 akhirnya mengumumkan pemenang mobil terbaik dunia tahun ini. Dan yang mengejutkan, hasilnya jatuh pada Kia EV9. Adapun 3 finalis World Car of The Year 2024 ialah BYD Seal, Kia EV9, dan Volvo EX30.

Ini adalah penghargaan terbaru Kia yang keempat dalam 20 tahun sejarah penghargaan mobil terbaik di dunia. Bahkan EV9 juga dianugerahi Kendaraan Listrik Terbaik di Dunia tahun 2024.

Baca juga  Spesifikasi Kia EV5, Jantung Penggerak dan Proyeksi Kemunculannya di Indonesia

Pada tahun 2020, Kia mendapatkan gelar World Car of the Year pertamanya dengan SUV Telluride, sedangkan Kia Soul EV memenangkan kategori World Urban Car di tahun yang sama. Terbaru, Kia EV6 GT berhasil meraih gelar World Performance Car pada tahun 2023.

Kemenangan Platform E-GMP Hyundai-Kia

Kia EV9 pimpin penjualan mobil listrik Kia
Kia EV9 pimpin penjualan mobil listrik Kia

Terkhusus untuk Kia, saat ini merupakan tahun ketiga berturut-turut platform E-GMP Hyundai-Kia memenangkan penghargaan World Car of the Year. Pencapaian serupa diraih oleh Kia Ioniq 5 dan 6 pada tahun 2022 dan 2023.

Berbicara tentang Ioniq 5, varian performa tinggi yang disebut Ioniq 5 N juga sukses merebut gelar World Performance Car 2024 atau dua tahun berturut-turut bagi kendaraan berplatform E-GMP.

Electric Global Module Platform alias E-GMP adalah sebuah platform yang digunakan Hyundai-Kia dalam mengembangkan mobil listriknya. Dengan satu platform utama, maka bisa menghasilkan beberapa model mobil listrik yang berkualitas sekaligus.

Caranya? Dengan melakukan perubahan sedikit pada platform, misalnya mengubah panjang dan wheelbase, sehingga satu platform bisa mengakomodir beberapa model bodi sekaligus. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah proses produksi dan pengembangan, sehingga beragam mobil bisa diproduksi dengan ongkos produksi lebih ringan dan harga jual jadi lebih rendah.

Baca juga  Bocoran Foto Kia Tasman 2025 Pikap Kabin Ganda Penantang Hilux, Triton dan D-Max
E-GMP jadi platform khusus yang digunakan Hyundai-Kia dalam mengembangkan mobil listriknya
E-GMP jadi platform khusus yang digunakan Hyundai-Kia dalam mengembangkan mobil listriknya

E-GMP juga bertujuan untuk membuat kendaraan elektrik dari Hyundai-Kia lebih aman, stabil karena memiliki pusat gravitasi yang rendah, serta dapat diandalkan oleh penggunanya.

Juri yang terdiri dari 100 jurnalis otomotif internasional terkemuka dari 29 negara memilih pemenang melalui pemungutan suara rahasia berdasarkan evaluasi mereka terhadap setiap kendaraan yang memenuhi syarat sebagai bagian dari pekerjaan profesional mereka yang berkelanjutan. Hasil pemungutan suara ditabulasi oleh KPMG.

“Kami merasa sangat tersanjung bahwa EV9 2024 dinobatkan sebagai Mobil Terbaik Dunia Tahun Ini. Kemenangan ini merupakan bukti komitmen teguh kami untuk mendorong batas-batas keunggulan teknologi dan desain. Kesuksesan Kia EV9 yang berkelanjutan akan mendorong kami untuk terus menghadirkan kendaraan luar biasa yang mendefinisikan kembali pengalaman berkendara bagi pelanggan di seluruh dunia,” kata Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia.

Sementara itu, peraih penghargaan lainnya antara lain BMW Seri 5/i5 sebagai World Luxury Car 2024, Volvo EX30 sebagai World Urban Car 2024, Toyota Prius sebagai World Car Design of the Year 2023, dan Adrian Newey dari Red Bull Racing sebagai World Car 2024 terpilih jadi tokoh otomotif terbaik tahun ini.

Baca juga  5 Spesifikasi Kia EV9 GT-Line 2023, Harganya Cuma Segini!

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika