Jumat, September 29, 2023
Moladin-Dealer

KIA Picanto Facelift 2023, Mesin Turbo Hilang?

by Tigor Sihombing
kia picanto facelift 2023 - eksterior tampak belakang

Kia Picanto facelift rilis pada 4 juli 2023. Mobil ini medapatkan sejumpah pembaruan pada eksterior dan interiornya. City car yang sempat dipasarkan di Idonesia ini hadir untuk pasar Eropa, Australia dan Korea Selatan.

Picanto yang kini sudah memasuki generai ketiga mengusung desain lampu baru berdesain “Y” terbalik dengan mengusng teknologi LED. Pun dengan ubahan bumper dengan gril yang semakin lebar dengan desain Tiger Noise, membuat tampilannya terlihat lebih sporty.

Penggunaan lampu LED tidak hanya pada lampu utama saja, lampu burutan belakang juga sudah mengadopsi LED, juga dengan desain baru yang menyambung pada pintu bagasi.

Bumper belakang juga mengalami pembaruan desain dengan tarikan garis ke bawah yang membuat kesan kokoh. Pada bumper belakang juga ada lampu reflektor kecil, dengan kombinasi desain diffuser yang lebih agresif.

Menariknya, jika diperhatikan buritan belakang Kia Picanto ini tidak terlihat pipa knalpot.Tetapi secara keseluruhan, desain Kia Picanto terbaru ini sangat mirip dengan Kia EV9, mobil listrik yang akan memulai debut tahun depan.

Baca juga  Kia Carnival Hybrid Siap Produksi 2023, Alphard Waspadalah!

Untuk kaki-kaki Kia Picanto facelift 2023 menggunakan pelek dengan ukuran optional 14 inci, 15 inci, hingga 16 inci.

Ukuran ini berbeda di tiap typenya. Type tertinggi yang dihuni GT Line hadir dalam ukuran velg 16 inci dengan desain terbaru.

Ada Dua Pilihan Mesin

kia picanto facelift 2023 - interior

Interior Kia Picanto Facelift 2023

Pada interior, terdapat layar multi informasi display berukuran 8 inci yang bisa terkoneksi bluetooth, Online Voice Recognition, Apple CarPlay, dan Android Auto. Tampilan tengah tetap mempertahankan kenop fisik dan digabungkan dengan kluster instrumen digital standar 4,2 inci.

Kia Picanto terbaru juga sudah dibekali fitur keselamatan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)s seperti Forward Collision-Avoidance Asssist untuk mendeteksi kendaraan, pesepeda, dan pejalan kaki.

Lalu terdapat fitur seperti Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCE), Lane Keeping Assists (LKA), Driver Attention Warning and Leading Vehicle Departure Warning (DAW+), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA) dan Lane Following Assist (LFA).

Selain itu, Picanto baru juga memiliki Emergency Stop Signal (ESS) yang secara otomatis mengedipkan lampu peringatan hazard untuk memperingatkan mobil di belakang jika pengemudi mengerem mendadak. Ada juga Hill-start Assist Control (HAC) yang bisa menahan mobil di jalanan tanjakan.

Terkait mesin, Kia Picanto facelift juga menawarka dua pilihan, yakni 1.0 liter 3 silinder danmesin 1.2 liter 4 silinder.

Mengutip laman Carcoops pada model terbaru ini mesin 1.0 milik Picanto sudah tidak ada pilihan Turbo. Sementara itu pilihan transmisinya terdiri dari manual 5-percepatan atau automated-manual 5-percepatan.

Menariknya untuk pasar di Korea Selatan, Kia Picanto 2023 mengusung spek mesin 1.000 cc dan transmisi otomatis 4-percepatan.

Demikian ulasan Kia Picanto facelift, simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika