by

Mau Kirim Sepeda Motor ke Luar? Berikut Langkahnya

Kirim Sepeda Motor – Mengendarai sepeda motor menuju kampung halaman tentunya cukup berat. Karena agak sedikit merepotkan dan capek. Sejatinya, pemilik kendaraan bisa memanfaatkan jasa ekspedisi untuk mengirim motor.

Tak perlu repot, tinggal kirim ke jasa pengiriman dan ambil motor di lokasi tujuan. Selain digunakan untuk keperluan mudik, jasa pengiriman sepeda motor kini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya jual beli kendaraan secara online.

Banyak orang kini melakukan pengiriman sepeda motor ke luar daerah hingga antar pulau. Jasa kirim sepeda motor pun jauh lebih murah, ketimbang biaya kirim mobil. Jadi jika kamu ingin kirim sepeda motor, tak perlu khawatir dengan harga yang mahal.

Pun begitu, sebelum memutuskan untuk melakukan ekspedisi motor, alangkah baiknya jika mencari berbagai informasi penting seputar pengirimannya terlebih dahulu. Setidaknya kamu memiliki gambaran mengenai perusahaan jasa, menghitung perkiraan biaya, estimasi waktu, fasilitas, dan pelayanan pihak tersebut.

Dengan kamu mengetahui secara rinci terkait prosedur kirim sepeda motor, setidaknya kamu bisa mengantisipasi kekecewaan yang mungkin saja terjadi, seperti sampainya lama, rusak, mesin mati, lecet, dan kendala lainnya.

Jauh sebelum itu, kamu juga wajib memperhatikan sejumlah berikut ini, sebelum kirim motor ke destinasi kota atau pulau tujuan:

  1. Cek kondisi sepeda motor, khususnya body dan mesin.
  2.  Perhatikan asuransi keselamatan selama pengiriman yang disediakan jasa ekspedisi.
  3.  Pastikan sepeda motor yang di kirim dikemas dan mendapatkan perlindungan tambahan pada bagian tertentu.
  4.  Pelajari sistem keamanan selama pengiriman berlangsung sampai ke alamat tujuan.

Prosedur Jasa Ekspedisi Kirim Sepeda Motor yang Perlu Diketahui

Kirim Sepeda Motor
Kirim Sepeda Motor

Seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak jasa pengiriman motor dengan harga murah yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kini banyak masyarakat yang mulai mengandalkan jenis pelayanan satu ini, tanpa merasa bingung ataupun repot.

Jika ingin mengangkut barang, maka tinggal mendaftar di jasa ekspedisi. Tinggal membawa sepeda motor ke kantor jasa pengiriman, dan mengurus proses pengiriman dengan waktu yang singkat.

Selang beberapa hari, barang dapat diterima dengan kondisi baik di tempat tujuan. Untuk biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu mahal, tergantung dari spesifikasi motor, lokasi tujuan dan jenis pengiriman yang kamu pilih. Sejauh ini, hanya ada dua macam pelayanan jasa kirim sepeda motor yang tersedia, antara lain:

Baca juga  Rincian Biaya Balik Nama Motor dan Cara Mengurusnya

Kirim Motor via Jalur Darat atau Trucking

Pengiriman sepeda motor trucking
Pengiriman sepeda motor trucking

Pengiriman kendaraan via jalur darat cukup diminati di Indonesia. Sistem pengiriman ini juga dikenal dengan sistem trucking, karena sebagian besar diangkut menggunakan truk atau mobil box berukuran besar.

Contohnya, mungkin menggunakan truk Fuso, trailer, tronton, dan lain sebagainya. Umumnya, untuk jasa angkut sepeda motor yang jumlahnya banyak dibawa pada bagian belakang truk yang terbuka.

Lain halnya jika satu atau dua unit saja, biasanya pengangkutannya menggunakan self driving atau jenis truk berukuran kecil ataupun sedang.

Pengiriman motor jalur darat ini juga meliputi pengiriman melalui armada kereta api, yang cukup favorit dilakukan masyarakat perkotaan. Harga yang murah dan waktu yang lebih cepat, menjadi alasan banyak orang memilih jasa satu ini.

Biasanya, jadwal keberangkatannya selalu tepat waktu. Bukan pihak pengirim maupun perusahaan jasa ekspedisi yang mengatur keberangkatan namun merekalah yang harus menyesuaikan diri dengan jadwal pengiriman kereta api.

Tak sampai di situ saja, pengiriman ini juga termasuk yang cukup aman. Karena motor dimasukkan dalam gerbong tertutup dan dijaga dengan ketat oleh para petugas keamanan.

Estimasi Biaya Pengiriman Motor Jalur Darat

Kereta Api jadi solusi pengiriman motor
Kereta Api jadi solusi pengiriman motor

Berdasarkan informasi yang diterima dari PT Kereta Api Logistik (KALOG) Stasiun Senen. Biaya pengiriman sepeda motor lewat Kereta Api, sangat bervariasi tergantung jarak dan jenis motornya.

Penentuan tarif sendiri digolongkan dalam beberapa kategori jenis motor, seperti bebek, matik, motor naked, sport fairing, hingga motor gede (moge), dan digolongkan berdasarkan kota tujuan.

Sebagai contoh motor jenis bebek dan juga matik, harganya sama untuk tujuan Jakarta – Jawa Barat, sekira Rp 300 ribu hingga Rp 450 ribu. Untuk jarak yang lebih jauh seperti Jakarta menuju Jawa Tengah, dibanderol kisaran Rp 450 ribu hingga Rp 500 ribu.

Sementara untuk tujuan Jakarta ke Jawa Timur, untuk motor matik dan bebek tarifnya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 650 ribuan.

Bila kamu ingin mengirim motor jenis naked hingga motor sport, harganya tinggal ditambahkan sekira Rp 100 ribuan saja, tergantung dari kategori lainnya. Seumpama pengiriman motor naked tujuan Jakarta ke Jawa Barat biayanya itu kisaran Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribu.

Tujuan Jakarta-Jawa Tengah, kisaran biaya yang diperlukan sebear Rp 500 ribu hingga Rp 550 ribu. Sementara motor sport, dengan tujuan Jakarta ke Jawa Barat estimasi sekitar Rp 450 ribu hingga Rp 600 ribu, dan tujuan Jawa Tengah berkisar Rp 600-650 ribuan.

Baca juga  7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar, Kok Bisa?

Tipe motor naked, buat tujuan Jakarta – Jawa Timur Rp 550-750 ribu, kalau motor sport fairing, Rp 650-900 ribu. Sedang untuk moge, tarifnya mulai dari Rp 750 ribu.

Moge dengan kubikasi di atas 250cc, harganya juga lebih mahal. Seperti tujuan Jawa Barat, kisaran harganya mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 900 ribu. Seluruh biaya di atas belum termasuk dengan biaya packing sepeda motor.

Pasalnya untuk packing, pengirim akan dikenakan biaya tambahan, contoh packing kardus biayanya sebesar Rp 50 ribu. Belum lagi jika ditambahkan plastik bubble wrap, pengirim akan dikenakan biaya Rp 150 ribu.

Jasa Pengiriman Lewat Jalur Laut

Mengirim sepeda motor lewat laut
Mengirim sepeda motor lewat laut

Pilihan jasa pengiriman kedua, mungkin bisa via jalur laut. Kini sudah tersedia beragam jenis armada kapal pengangkut barang berat dan jumlahnya pun besar. Sebagai contoh kapal-kapal pengangkut seperti kapal roro, kapal pelni, tongkang, dan cargo.

Ada sejumlah prosedur yang perlu kamu ketahui, jika ingin menggunakan jasa kirim sepeda motor lewat jalur laut, misalnya batas maksimum motor yang diangkut, jenis dan tipe kendaraan, kondisi mesin dan lainnya.

Hal ini bertujuan agar menjaga keamanan sepeda motor yang kamu kirim juga, selama proses ekspedisi dan selama kapal berlayar. Jasa ekspedisi via jalur laut, biasanya menjadi alternatif terbaik pengiriman sepeda motor antar pulau.

Mengingat kapal laut bisa menjangkau berbagai daerah khusus, hingga terpencil sekalipun. Kapasitas ruang penyimpanan atau kabin kapal laut pun sangat luas, sehingga para pengirim tidak perlu mengantri lama, dan biasanya kapal pun berangkat sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Setelah yakin menggunakan jasa pengiriman via jalur laut, kamu juga perlu memperhatikan tarif kirim motor. Biasanya masyarakat kerap berfikir jasa kirim sepeda motor via laut memakan biaya yang besar, karena dihitung berdasarkan bobot kendaraan.

Prosedur Penghitungan Biaya Ekspedisi Motor via Laut

Ekspedisi jalur darat
Ekspedisi jalur darat

Menentukan biaya kirim ekspedisi kendaraan roda dua melalui jalur laut ditentukan dari berbagai macam hal. Salah satunya menghitung berat sepeda motor berdasarkan jenis dan tipenya.

Baca juga  Yuk Seru-seruan di Forum Moladin! Banyak Bertanya Malah Dapat Hadiah!

Setiap jenis kendaraan mempunyai standar berat berbeda-beda, contohnya motor bebek 100kg, offroad 150kg, Vespa 200kg dan lainnya. Pengiriman via laut juga turut memperhitungkan kapasitas mesin yang mempengaruhi tarif paket pengiriman.

Kamu nggak perlu khawatir, karena kapasitas mesin hanya berlaku dalam kondisi tertentu saja, seperti jarak antar kota atau daerah terdekat.

Ekspedisi via laut juga turut memperhitungkan estimasi waktu dan lokasi pengambilan barang. Catatan untuk kamu, semakin jauh jaraknya, maka akan mempengaruhi biaya yang harus kamu bayarkan alias semakin mahal.

Terlebih lagi Anda ingin menggunakan jasa pengantaran dari pihak perusahaan ekspedisi. Selain itu, ada juga perhitungan fasilitas yang akan digunakan, seperti jasa packing, bongkar muatan, asuransi motor, dan keamanan ekstra.

Setidaknya, ada beragam hal yang perlu jadi pertimbangan, ketika ingin mengirim barang berat seperti sepeda motor. Terlebih lintas pulau, untuk itu kamu perlu memilih jasa ekpedisi yang tentunya terpercaya dengan harga yang sesuai kemampuan.

Jangan hanya berpatokan pada biaya pengiriman motor yang murah saja melainkan juga kualitas, keamanan dan kelengkapan pelayanan.

Biaya Pengiriman Sepeda Motor Melalui Kargo

Proses packing pengiriman sepeda motor
Proses packing pengiriman sepeda motor

Kisaran biaya kirim motor bebek, skutik, sport dengan kapasitas mesin 150cc, dipatok tarif mulai Rp 500 ribu untuk tujuan Jawa Tengah hingga Rp 650 ribu untuk tujuan Jawa Timur.

Sedangkan untuk motor berkapasitas mesin 200-350cc, dikenakan tarif mulai Rp 595 ribu, dengan tujuan Jawa Tengah, hingga Rp 725 ribu untuk tujuan Jawa Timur. Harga tersebut belum termasuk biaya pengemasan yang berkisar dari Rp 50 ribu hingga 200 ribu, tergantung ukuran dan jenis motornya.

Apabila menggunakan jasa kargo Pos Indonesia, harganya tidak terlalu jauh dari banderol di atas. Tarifnya didasarkan dari jenis motor dan kota tujuan, harga packing juga tergantung dari ukuran motor.

Rinciannya, bagi motor bebek dan matik dari Jakarta ke Jawa Tengah sekitar Rp 700 ribu, hingga Rp 1 juta untuk motor dengan kapasitas 250cc. Harga tersebut sudah termasuk asuransi, namun belum termasuk biaya pengemasan.

Semoga informasi mengenai kirim sepeda motor di atas dapat bermanfaat buat kamu!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru