by

Kode Kerusakan Motor Yamaha yang Perlu Kamu Tahu

Kode Kerusakan Yamaha – Halo sobat Moladin, pernahkah indikator check engine motor Yamaha kamu menyala terus? Atau di panel instrumen keluar angka dan huruf yang aneh, misal Er_1, 44, dan lain-lain.

Bila hal itu terjadi, tidak perlu panik berlebihan. Cari tahu permasalahannya dulu. Caranya dengan menganalisa kode kerusakan atau kode malfunction indicator lamp (MIL) Yamaha. 

Di motor keluaran lama atau yang belum pakai panel instrumen digital, cara membacanya agak sulit. Pasalnya cuma dapat diketahui lewat kode kedipan indikator check engine di motor Yamaha. Hal ini dapat kamu alami bila menggunakan motor seperti Yamaha Vixion generasi pertama, Mio, X-Ride, dan lain-lain.

Hanya saja di motor-motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan panel instrumen digital, kode MIL Yamaha terlihat jelas. Sebut saja Nmax, Aerox 155, Vixion R, dan lain-lain. Kamu langsung bisa mendeteksi kerusakan dari angka-angka dan huruf yang muncul.

Jika kamu ingin tahu apa saja arti dari kode kerusakan Yamaha, coba simak bahasan berikut:

Mengenal Fitur Self Diagnosis di Motor Yamaha

kode kerusakan yamaha
Kode MIL Yamaha seperti ini dapat kamu ketahui dengan mudah di panel instrumen digital

Pada dasarnya, indikator engine check yang menyala tidak selalu menggambarkan kode kerusakan Yamaha. Setiap mengaktifkan mesin, indikator tersebut pasti menyala. Hanya saja setelah itu mati.

Hal tersebut dinilai normal, menunjukan kesiapan motor untuk berjalan sebab adanya arus listrik yang mengalir dari aki ke perangkat ECU. Masalahnya adalah, jika lampu indikator ini kedip dan menyala terus-menerus, maka bisa dipastikan terjadi masalah dalam motor kalian.

Banyak penyebab indikator engine check menyala yang berhubungan dengan kode MIL Yamaha. Misal saja karena injektor rusak, terlalu banyak udara di ruang bakar, sensor tidak terbaca ECU, dan lebih parah lagi ECU rusak.

Meski demikian, indikator check engine berkedip atau menyala terus menerus, tidak selalu menandakan sebuah masalah besar. Cara mengetahuinya mudah, apabila kinerja mesin motor tidak terganggu, kamu tentunya tidak perlu panik.

Bisa jadi itu merupakan peringatan, lantaran kabel speedometer putus dan tinggal diganti dengan yang baru. Kemungkinan lain, standar samping hilang yang solusinya cuma perlu dipasang lagi.

Daftar kode MIL Yamaha atau kode kerusakan motor Yamaha merupakan bagian dari fitur self diagnonis. Inilah fitur yang mampu memeriksa fungsi dan kerja sensor pada sistem motor.

Baca juga  Ganti Oli Motor Lihat Jarak atau Waktu? Ini yang Benar!

Apabila ECU mendeteksi ada kerusakan, ada dua kemungkinan. Pertama adalah pengalihan kerja ke kondisi cadangan atau pengganti, agar motor masih dapat berfungsi (kerusakaan tertentu).

Opsi kedua adalah memberi peringatan ke pengendara melalui kode kedipan lampu indikator mesin atau angka lewat panel insrumen motor Yamaha. Bagaimana cara menganalisanya?

Cara Membaca Kode Kedipan Indikator Mesin atau Engine Check Motor Yamaha

kode mil yamaha
Kode kedipan satu detik, berarti angka kerusakan 10 dan kelipatannya di motor Yamaha. Sementara kalau kedipan setengah detik, diartikan kerusakan 1.

Daftar kode MIL Yamaha atau kode kerusakan Yamaha dapat diketahui melalui kedipan lampu indikator mesin. Ternyata kedipan tersebut punya aturan tersendiri, tidak asal. Ingat, kode kerusakan ini juga cuma ada di motor injeksi ya!

Kode kedipan Yamaha dibagi dua. Khusus nyala selama satu detik, berarti kode kerusakan untuk angka 10 dan kelipatannya. Sementara bila lampu menyala 0,5 detik, sama dengan angka 1. Bingung?

Misal indikator engine check mengedip satu kali selama satu detik, kemudian mengedip lagi tiga kali dengan durasi masing-masing 0,5 detik. Artinya itu kode kerusakan untuk angka 13. Dengan kata lain, ada masalah di bagian intake pressure.

Contoh selanjutnya, engine check mengedip lima kali dengan durasi masing-masing satu detik. Maka kode kerusakannya adalah angka 50. Bisa diartikan sebagai memori ECU rusak. Bagaimana, tidak sulit kan menganalisa kode kedipan Yamaha? 

Baca juga:

Arti Kode MIL Yamaha atau Kode Kerusakan Yamaha

Kode Kerusakan Motor Yamaha
Bila menggunakan motor tanpa panel instrumen digital, kode kerusakan  Yamaha bakal muncul lewat kedipan atau di alat diagnosa ECU

Buat kamu yang mau tahu soal kode MIL Yamaha atau kode kerusakan Yamaha, kami akan membahasanya secara lengkap. Totalnya ada puluhan angka self diagnostic. Masing-masing angka punya arti berbeda.

Perlu diingat, bahwa kode ini cuma berlaku untuk motor yang telah mengadopsi sistem injeksi. Daripada penasaran, langsung saja cek tabel daftar kode kerusakan motor injeksi Yamaha berikut ini:

No.

Kode

Diagnosa Kerusakan di Motor Yamaha

1

12

Cranksaft Position Sensor/pulser. Signal yang diterima oleh CPS tidak normal

2

13

Intake Pressure Sensor terlepas atau terjadi hubungan arus pendek

3

14

Intake Pressure Sensor mengalami malfungsi (terlepas atau tersumbat)

4

15

Throttle Position Sensor (TPS), terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.

5

16

Throttle Position Sensor (TPS) macet

6

19

Side Stand Switch, saklar standar samping terlepas atau putus

7

21

Coolant temperature sensor terlepas atau korslet

8

22

Intake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek

9

24

O2 Sensor bermasalah

10

28

Engine Temperature Sensor error

11

30

Sepeda motor terjatuh

12

37

Idle Speed Control (ISC Valve) terjadi kerusakan

13

39

Fuel Injector bermasalah atau rusak

14

41

Lean angle sensor

15

42

Speed Sensor roda depan bermasalah, sinyal yang diterima tidak normal

16

44

chip EEPROM Error

17

46

Aliran listrik ke sistem FI tidak normal

18

50

Rusaknya Memori ECU

19

61

ISC tidak bekerja.

20

79

Terlalu banyak udara masuk pada ruang bakar

21

84

Selenoid VVA terlepas atau terjadi korsleting

Baca juga  7 Penyebab Motor Brebet Saat Digas

Arti Kode Error Motor Injeksi Yamaha

arti kode error di yamaha nmax
Beberapa kasus bahkan menunjukkan, kode kerusakan Yamah lewat kombinsi huruf dan angka, seperti yang terjadi di Yamaha Nmax ini

Bukan cuma berupa angka, self diagnosis motor Yamaha juga dapat berupa huruf dan angka. Misalnya Er_1, Er_2, dan sebagainya. Kode kerusakan seperti ini sempat viral dialami oleh Aerox 155 dan Nmax 155.

Nah, kode tersebut memiliki makna lain jika dibandingkan dengan kode kedipan yang sudah dipaparkan di atas. Apa artinya dari koder Error di motor Yamaha ini? Berikut penjelasannya:

  • Er_1 menandakan speedometer tidak bisa mendeteksi sinyal dari ECU. Hal ini lantaran ECU rusak atau cuma jalur kelistrikannya yang bermasalah.
  • Er_2 berarti tidak ada respon dari ECU. Bisa jadi karena ECM rusak.
  • Er_3 merupakan indikasi kerusakan ECU, kesalahan sinyal output, atau bisa juga ECU tidak terpasang dengan benar di bagian soketnya.
  • Er_4 jadi tanda kerusakan ECU atau kesalahan sinyal input.

Jika terjadi demikian, kamu bisa langsung datang ke bengkel resmi terdekat. Kalau mau bereskan sendiri, dapat dicoba langkah berikut ini.

Mulai dari pastikan aki dalam keadaan prima, kalau tegangannya kurang bisa dicas dulu. Selanjutnya cabut aki dan bersihkan kalau ada kotoran, kemudian pasang lagi.

Cabut juga soket ECU, bersihkan dan pasang kembali. Lalu hal sama lakukan ke konektor diagnosa ECU yang warna putih tiga kabel di atas aki dan sekring.

Bila cara tersebut telah dilakukan semua dan kode Error di motor Yamaha kamu hilang, maka bukan masalah serius. Mungkin saja cuma karena kabel yang kendor.

Hanya saja kalau tidak juga kode Error tersebut tidak kunjung hilang dari motor injeksi Yamaha kamu, segeralah bawa ke bengkel resmi. Biar teknisi andal yang menanganinya.

Baca juga  5 Ide Modifikasi Aerox 155, Dijamin Beda!

Tips Mudah Merawat Motor

cara merawat motor
Lakukan servis motor secara berkala untuk merawat motor agar tidak terjadi kerusahkan

Selain harus mengetahu kode kerusakan Yamaha atau kode MIL Yamaha, kamu juga perlu mencegah jangan sampai terjadi masalah di motor. Caranya dengan selalu merawat kuda besi kesayangan.

Merawat motor tidak sealu rumit. Proses perawatan bisa juga dilakukan dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

1. Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin motor. Kenapa? Tujuannya agar semua bagian mesin terlumasi oli secara sempurna. Lalu temperatur mesin pun dalam keadaan optimal.

Sebagai gambaran, kamu bangun tidur. Kemudian langsung disuruh berlari. Apakah bisa? Pastinya butuh jeda dulu kan untuk memberi kesadaran tubuh secara maksimal.

Motor pun demikian, harus ada waktu untuk memanaskan mesin. Supaya performanya optimal ketika diajak berkendara.

2. Cuci Bersih Motor

Kemudian, kamu juga perlu selalu menjaga kondisi motor dalam keadaan bersih. Hal ini bukan cuma bisa memberi tampilan yang oke untuk kuda besi, tapi juga meminimalkan kerusakan.

Bagaimana bisa? Kotoran yang mengendap di beberapa komponen motor bisa menyebabkan karat. Tentu hal ini bakal menggangu di kemudian hari.

Karat mampu membuat knalpot jadi karatan, kemudian kalau dibiarkan bisa bolong. Tidak hanya itu, kalau karat ada di tangki bensin, efeknya juga bisa masuk ke ruang bakar. Bukan tidak mungkin, menjadikan motor kamu jadi turun mesin.

3. Lakukan Servis Rutin di Bengkel Terpercaya

Terakhir yang perlu kamu lakukan agar kode kerusakan Yamaha tidak muncul, selalu ingat waktunya servis rutin. Jangan pernah menganggap hal ini sepele. Pasalnya setiap servis rutin, seluruh komponen motor bakal ikut dicek.

Mulai dari aki, busi, hingga oli mesin. Kalau ada masalah, harusnya terdeteksi sejak dini, sehingga tidak sampai memunculkan kode kedipan atau MIL di motor Yamaha kamu.

Ingat, lakukan pula servis rutin ini di bengkel yang terpercaya. Jangan sampai di sembarangan tempat. Bisa-bisa nanti motor kamu yang tadinya sehat, berubah jadi bermasalah.

Kami harap informasi ini bisa membantu dan memudahkan kalian dalam merawat motor kesayangan. Sekaligus punya ilmu tentang menganalisa dan mendiagnosa kode kerusakan Yamaha secara mandiri. (LDR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

Terbaru