Ini Kode Kerusakan Motor Yamaha Yang Perlu Diketahui

Haloo sobat Jinny, indikator check engine di panel speedometer motor Yamaha menyala terus? Kalian gak perlu panik apalagi sampe nangis, cari tahu permasalahannya dulu, guys. Sebab kode kerusakan Yamaha ini bisa kalian ketahui berdasarkan kedipan dan nyalanya. Pada dasarnya, setiap kali akan menghidupkan mesin motor, indikator ini memang akan menyala, kemudian mati dalam hitungan beberapa detik.

Gak Perlu Panik Jika Indikator check engine di panel speedometer motor Yamaha menyala terus, Bisa Jadi Penyebabnya Sepele
Jangan Panik Jika Indikator check engine di speedometer motor Yamaha kalian menyala terus, Bisa Jadi Penyebabnya Sepele.

 

 

Hal tersebut dinilai normal, menunjukan kesiapan motor untuk berjalan sebab adanya arus listrik yang mengalir dari aki ke perangkat ECU. Masalahnya adalah, jika lampu indikator ini kedip dan menyala terus-menerus, maka bisa dipastikan terjadi masalah dalam motor kalian. Hal itu disebabkan aki mulai tekor, sensor tidak terbaca ECU, kabel speedometer putus, dan lebih parah lagi jika ECU rusak.

Banyak kemungkinan yang terjadi, sob. Jika indikator check engine ini kedip atau menyala terus menerus tapi tidak mempengaruhi kinerja mesin motor, gak usah panik. Bisa jadi kabel speedometer aja yang putus dan tinggal diganti, atau aki motor tekor yang cuma perlu di charge lagi.

 

BACA JUGA : Aplikasi Moladin Kini Punya Fitur Bengkel, selengkapnya klik disini!

 

Aki Tekor Juga Bisa Sebabkan Indikator Check Engine Berkedip
Aki Tekor Juga Bisa Sebabkan Indikator Check Engine Berkedip

 

Seperti yang udah Jinny jelaskan di atas, saat kalian menemui masalah seperti lampu check engine menyala dan berkedip ketika mesin dihidupkan, coba dibawa jalan dulu. Bila motor bisa jalan normal dan berfungsi seperti biasanya, berarti aki motor kalian udah mulai tekor.

Lanjut, kalo indikatornya terus menyala tapi motor masih bisa dinyalakan, kalian nggak perlu panik. Pastikan dulu jika indikator menyala tanpa kedip dan speedometer tidak berfungsi, berarti kabel speedometer kalian hanya putus. Tinggal ajak si kuda besi kesayangan sambangi bengkel, kelar. Nah, buat kalian yang masih bingung gimana milih bengkel yang cocok, bisa kalian baca Tips pilih bengkel ini.

 

 

Langkah tepat dan mudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan mendatangi bengkel resmi dan konsultasikan bahwa lampu check engine kalian menyala. Biasanya, sang mekanik akan langsung mendiagnosa ECU motor kalian dan menemukan penyakitnya.

 

Diagnosa ECU Dengan Kode Kerusakan Motor Yamaha

Kode Kerusakan Motor Yamaha Kalian Akan Muncul Pada Alat Diagnosa
Kode Kerusakan Motor Yamaha Kalian Akan Muncul Pada Alat Diagnosa

 

Brosist, berikut ini Jinny rangkumin kode kerusakan motor Yamaha saat proses diagnosa ECU oleh mekanik. Dari kode nomor yang dikeluarkan alat diagnostic tool, kalian bisa memahami masalah yang terjadi pada motor kalian secara langsung.

No. Kode

Diagnosa

1 12 Cranksaft Position Sensor, atau dalam motor sistem karbu sering disebut “pulser” bermasalah
2 13 Intake Pressure Sensor terlepas atau terjadi hubungan arus pendek
3 14 Intake Pressure Sensor tersumbat
4 15 Throttle Position Sensor (TPS), terlepas atau terjadi hubungan arus pendek.
5 16 Throttle Position Sensor (TPS) macet
6 19 Side Stand Switch, standar samping patah atau lepas
7 22 Intake Temperature Sensor lepas atau terjadi hubungan arus pendek
8 24 O2 Sensor bermasalah
9 28 Engine Temperature Sensor error
10 37 ISC Valve macet pada posisi terbuka
11 39 Injector bermasalah atau rusak
12 42 Speed Sensor bermasalah
13 44 chip EEPROM Error
14 46 Power Suply ke Fuel Injector bermasalah
15 50 Rusaknya Memori ECU
16 61 ISC tidak bekerja.
17 79

Terlalu banyak udara masuk pada ruang bakar

suzuki nex 2

 

Semoga informasi ini bisa membantu dan memudahkan kalian dalam menganalisa dan mendiagnosa kode kerusakan pada motor Yamaha kalian. Namun sudah semestinya, mempunyai motor dengan sistem injeksi harus lebih rajin dan telaten dalam hal perawatan. Minimal ganti oli mesin setiap bulannya dengan jenis oli yang sesuai kebutuhan mesin. Cara ini tentu akan menjaga keawetan mesin motor Anda. Simak terus moladin blog ya, guys. Sampai bertemu kembali esok hari. Bye

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *