Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE, Siapa Paling Kencang dan Nyaman?

by Firdaus Ali
komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Berikut akan kami ulas komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE. Ketiganya merupakan mobil listrik mewah yang harganya di atas Rp 2 miliar.

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE jelas bukan kategori mobil listrik mendang-mending mengingat segmentasi ketiga mobil ini membidik kaum berduit.

Dari sisi harga, komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE rata-rata di atas Rp 2 miliar. BMW iX seharga Rp 2,309 miliar (off the road), Lexus RZ Rp 2,287 miliar (on the road DKI Jakarta) dan Mercedes EQE dengan benderol Rp 2,115 miliar (off the road).

Nah biar enggak penasaran, kami suguhkan pembahasan lanjutan terkait komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes-EQ EQE mulai sensasi kala dites menanjak, kapasitas baterai, adu akselerasi, dan kenyamanan terkair kekedapan kabin dan bantingan suspensi

Tes Nanjak, Ketiganya Tidak Ada Masalah

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Tes Nanjak, ketiga mobil listrik premium ini dilakoni dengan mudah

Pembahasan pertama komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE adalah adu nanjak. Saat tim Moladin menjajal secara langsung, ketiga mobil listrik ini bisa dengan mudah melewati tanjakan dengan kemiringan 21 derajat.

Adapun detail pada saat adu nanjak tersebut, ketiga mobil listrik tersebut diisi oleh 5 orang dengan total bobot kisaran 450 kg. Rasa khawatir akan mobil listrik yang tak berdaya melibas tanjakan, sirna ditaklukkan oleh ketiga mobil mengingat besarnya powertain, serta grip roda yang optimal ke aspal.

Kapasitas Baterai BMW iX, Lexus RS dan Mercedes EQE

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Mudah melewati tanjakan tentu ketiga mobil listrik mewah ini punya spesifikasi yang cukup mumpuni. Bagaimana dapur pacu dari ketiganya?

BMW iX

BMW iX pakai baterai lithium-ion dengan kapasitas 76,6 kWh. Kemudian, punya motor elektrik yang bisa menghasilkan torsi 630 Nm dan tenaga 326 hp. Tersedia pula penggerak all wheel drive (AWD) untuk membantu melewati berbagai medan jalan. Kemudian untuk jarak tempunya mencapai 390 km.

Lexus RZ

Selanjutnya, Lexus RZ mengadopsi lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Di atas kertas mampu menghasilkan output tenaga sebesar 308 hp, yang dilengkapi dengan Drive Mode Select agar bisa disesuaikan dengan karakter dari masing-masing berkendara. Untuk jarak tempuh, bisa mencapai 400 km.

Lexus RZ juga sudah dilengkapi DIRECT4 Technology (All-Wheel-Drive) yang canggih dan terdepan. Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi pengendaraan yang stabil sesuai dengan kondisi jalan sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang paling natural dan nyaman.

Mercedes-EQ EQE

Untuk Mercedes-EQ EQE, mobil listrik model sedan ini memakai baterai yang memiliki daya 90 kWh yang mampu memuntahkan tenaga 292 hp dan torsi 565 Nm.

Bicara soal jarak tempuh, sedan listrik Mercy ini diklaim mampu menjelajah hingga 673 Km. Adapun untuk konsumsi daya listrik dari EQE berdasarkan WLTP adalah 18,7-15,9 kWh/100 Km.

Adu Akselerasi, Lexus RZ Jadi Juaranya

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Tes akselerasi, Lexus RZ juaranya

Pembahasan komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE selanjutnya adalah adu akselerasi. Dalam hal ini, seperti biasanya kami menguji melalui drag race sejauh 201 meter. Bagaimana hasil dari ketiga mobil listrik tersebut?

Dari pengujian yang kami lakukan langsung, Lexus RZ menjadi juaranya. Dimana angka yang dihasilkan adalah:

Akselerasi 0-201 meter

  • Lexus RZ: 8,7 detik
  • BMW iX: 9 detik
  • Mercedes EQE: 9,1 detik

Akselerasi 0-100 km/jam

  • Lexus RZ: 5,3 detik
  • BMW iX: 5,7 detik
  • Mercedes EQE: 5,9 detik

Kenyamanan (kekedapan kabin & bantingan suspensi)

Komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE

Tes kenyamanan kabin, Mercedes EQE paling kedap.

Berikutnya, komparasi BMW iX vs Lexus RZ vs Mercedes EQE adalah dari sisi kenyamanan. Dalam hal ini kami menguji kekedapan kabin dan bantingan suspensi.

Untuk Mercedes EQE, uji kekedapan kabin kami lakukan dengan melewati speedtrap dengan kecepatan 30 km/jam. Hasil dari alat DB meter, kekedapa kabin dari mobil sedan listrik ini 66,9 Db.

Selanjutnya untuk Lexus RZ, hasil kekedapa kabin dengan metode pengujian yang sama dengan Mercedes EQE hasilnya 74,3 Db. Ini artinya, kabin Lexus RZ lebih berisik dibanding Mercedes EQE. Kemudian untuk BMW iX angka kekedapan kabinnya 70,4 Db.

Untuk bantingan suspensi, ketiga mobil listrik mewah itu punya karakter yang mirip. Namun jika ditelaah lebih dalam, Lexus RZ dirasakan yang paling nyaman. Kemudian disusul Mercedes EQE dan terakhir BMW iX yang agak keras bantingannya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika