by

Komparasi Motor Matic Retro: Honda Scoopy Vs Yamaha Fino

Honda Scoopy vs Yamaha Fino – Motor matik bergaya retro memang menjadi salah satu pilihan yang cocok buat para pengendara sepeda motor, selain karena memiliki desain yang kental dengan aura berkat bentuk bodi dan kaca spion yang membulat. Meski kental aura retro, namun sudah ditunjang dengan fitur modern dan performa yang mantap di kelasnya.

Kayak motor matik ini, Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Kedua motor ini kental dengan aura retro, tapi memiliki kelebihan dan kekurangan pastinya. Mau tahu lebih detailnya? Simak pembahasan berikut sampai habis.

 

Desain Kental Aura Retro

pjimage 22
Desain keduanya kental dengan aura retro

Baik Honda Scoopy maupun Yamaha Fino sama-sama memiliki desain yang kental dengan aura retro. Tapi kalau berbicara dimensi dan bobotnya, Yamaha Fino punya bodi yang lebih bongsor karena memiliki dimensi 1870mm X 700mm X 1066mm, meskipun bobotnya lebih ringan 1kg dari Honda Scoopy yang punya bobot 98kg. Tampilan Yamaha Fino jauh lebih klasik, berkat warna jok motor dual tone (Yamaha Fino Grande), kalau Honda Scoopy masih menggunakan warna jok hitam.

Berbicara kaki-kakinya, Honda Scoopy vs Yamaha Fino ini berimbang karena sama-sama pakai teleskopik untuk suspensi depannya dan suspensi tunggal di bagian belakangnya. Sementara ukuran ban Honda Scoopy lebih besar dibanding Yamaha Fino, pakai kombinasi 100/90 (depan) dan 110/90 (belakang), sang rival pakai ukuran ban 80/80 (depan) dan belakang (100/70).

Baca juga  Komparasi All New Yamaha Nmax 2020 Vs Nmax Lama

 

Fitur Honda Scoopy Lebih Fungsional dari Yamaha Fino

pjimage 1 6
Fitur Honda Scoopy lebih fungsional dibanding Yamaha Fino

Ngomongin bagian fiturnya, Honda Scoopy vs Yamaha Fino sepertinya lebih unggul matik retro lansiran Honda ketimbang Garpu Tala. Hona Scoopy sudah pakai LED Projector untuk bagian headlampnya.

Honda Scoopy juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan anti-theft alarm dan answer back system. Bagian konsol box depan sudah disediakan Power Charger yang bisa digunakan pengendara untuk mengisi daya smartphone. Sudah begitu, Honda Scoopy juga punya bagasi yang luas sebesar 15,4L. Sudah disematkan teknologi ACG starter maka suara mesin halus saat dinyalakan dan Idling Stop System (ISS) yang bikin irit bahan bakar karena mesin otomatis mati setelah motor berhenti lebih dari tiga detik, kembali nyala saat gas diputar.

Bandingkan dengan Yamaha Fino, karena untuk matik yang satu ini belum dilengkapi dengan USB charger dan kapasitas bagasi yang hanya 8,7L saja. Meskipun sudah menggunakan sistem pencahayaan LED. Pakai Yamaha Fino pastinya juga irit bahan bakar karena disematkan fitur stop & start system (SSS) yang mana mesin akan mati secara otomatis saat motor berhenti lebih dari lima detik dan eco indicator.

Baca juga;

Baca juga  All New Yamaha Nmax 2020 Meluncur, Berapa Harganya?

 

Yamaha Fino Lebih Powerful

JEoij26wF5zMERm6gjhB
Performa lebih powerful Yamaha Fino ketimbang Honda Scoopy

Sekarang lanjut ngomongin soal performanya, Yamaha Fino lebih powerful bila dibandingkan Honda Scoopy. Kenapa? Motor matik ini pakai kapasitas mesin 125cc. Jadi, Honda Scoopy vs Yamaha Fino dimenangkan oleh skutik retro garpu tala.

Honda Scoopy yang berkubikasi cuma 110cc, sanggup semburkan tenaga 8.98Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.4Nm/6.000rpm. Sementara Yamaha Fino yang menggunaka teknologi Blue Core, satu silinder, berpendingin udara 4-katup, SOHC bisa menyemburkan tenaga maksimal 9.38Hp/8.000rpm dan torsi puncak 9.6Nm/5.500rpm. Meski demikian, kalau cari irit, Scoopy adalah jagonya.

Harga Honda Scoopy Lebih Murah dari Yamaha Fino

pjimage 2 2
Harga Honda Scoopy lebih murah

Soal harganya, Honda Scoopy dibanderol dengan harga yang lebih murah ketimbang Yamaha Fino meskipun selisihnya di angka 200 ribuan. Honda Scoopy hadir dengan dua varian, yaitu; stylish dan sporty yang dibanderol dengan harga Rp 19.577.000. Memiliki delapan pilihan warna.

Sementara untuk Yamaha Fino dibanderol mulai dari harga Rp 18.580.000 (Yamaha Fino Premium & Sporty), sementara untuk varian termahalnya dibanderol dengan Rp Rp 19.744.000 (Yamaha Fino Grande).

Baca juga  Motor Matic Paling Irit? Berikut 10 Pilihan Terbaik untuk Kamu

Honda Scoopy vs Yamaha Fino, kedua skutik retro 125cc ini punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Buat yang ingin skutik retro dengan fitur modern, Honda Scoopy jadi pilihannya. Tapi buat yang lebih memilih performa jelas Yamaha Fino yang pas. Moladiners lagi mencari motor baru seperti di atas? Caranya gampang, cukup dengan klik melalui link ini! Dapatkan penawaran DP terbaik dengan promo menarik di akhir tahun ini. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru