by

Komparasi Scoopy Vs Fino, Beli yang Mana?

Pertarungan antara Motor Honda & Motor Yamaha, yaitu Scoopy Vs Fino memang tidak pernah ada selesainya. Hal ini wajar, karena keduanya masuk segmen motor matik bergaya retro. Soal harga juga tidak beda jauh, ada di kisaran Rp 19 jutaan.

Lalu dari keduanya motor apa yang sebaiknya dipilih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan membahasnya secara lengkap lewat komparasi Scoopy Vs Fino berikut ini:

Desain Scoopy Vs Fino

scoopy vs fino
Desain keduanya kental dengan aura retro

Bicara desain Scoopy Vs Fino memang sama-sama memiliki aura retro yang kental. Hanya saja bukan berarti keduanya mirip 100 persen. Tetap ada perbedaan dari dua rival ini, terlebih kalau kita lihat secara detail.

All New Honda Scoopy mengombinasikan retro dengan tampilan unik. Hal ini tampak dari penggunaan kaki-kaki kecil tapi tebal. Roda yang dipakai motor Honda ini 100/90-12 inci di depan dan belakang 110/90-12 inci di belakang. 

Kemudian untuk dimensinya, Scoopy juga cukup mungil. Spesifikasi panjangnya 1.847 mm, lebar 686 mm, dan tinggi 1.061 mm. Lalu untuk bobot cuma 99 Kg.

Sementara itu, Yamaha Fino 125 punya dimensi lebih bongsor. Panjangnya 1.870 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.066 mm. Meskipun demikian, dari sisi bobot ternyata lebih ringan 1 Kg dari Scoopy, yaitu 98 Kg. 

Bicara tampilan Fino, ciri khasnya adalah retro yang mengarah ke elegan. Hal tersebut tampak dari penggunaan roda dengan ukuran lebih besar, 14 inci. Meski demikian, ukuran bannya tidak terlalu lebar seperti Scoopy. Kuda besi ini pakai 80/80-14 inci di depan dan 100/70-14 inci di belakang.

Walau ada perbedaan antara Scoopy Vs Fino, namun keduanya tetap motor yang cocok untuk ditunggangi pemula. Hal ini dikarenakan bobot ringan dan tinggi jok yang rendah. Dengan begitu pengendara pemula sekalipun sangat percaya diri ketika duduk di atas jok, terlebih karena kaki dengan mudah menapak ke aspal.

Baca juga  5 Prediksi Motor Baru di 2020, Salah Satunya Ninja ZX-25R

Fitur Honda Scoopy Lebih Fungsional dari Yamaha Fino

pjimage 1 6
Fitur Honda Scoopy lebih fungsional dibanding Yamaha Fino

Berbicara bagian fiturnya, Scoopy vs Fino sungguh banyak perbedaan. Motor matic retro lansiran Honda jauh lebih unggul ketimbang Garpu Tala.

Baca Juga: 7 Motor Matik Retro Murah Yang Mirip Vespa.

Ambil contoh dari sistem pencahayaan, Honda Scoopy sudah pakai LED Projector untuk bagian headlamp. Tentunya selain meningkatkan visibilitas berkendara saat malam hari, LED juga membuat kelistrikan motor jadi lebih stabil.

Bukan cuma itu, Honda Scoopy dilengkapi dengan fitur keamanan anti-theft alarm dan answer back system. Fungsi alarm unuk mencegah maling, sedangkan answer back system memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir.

Scoopy pun memiliki konsol box depan yang di dalamnya ada Power Charger. Fungsi fitur ini untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Sudah begitu, Honda Scoopy juga punya bagasi yang luas sebesar 15,4 L. Di dalam bagasi di bawah jok tersebut, kamu bisa menyimpan helm half face.

Tidak selesai di sana, motor berlogo sayap menggendong teknologi ACG starter yang mampu membuat suara mesin lebih halus saat diaktfikan. Ada pula Idling Stop System (ISS) yang bikin irit bahan bakar, karena mesin otomatis mati setelah motor berhenti lebih dari tiga detik.

Bandingkan dengan Yamaha Fino, karena untuk matik yang satu ini belum dilengkapi dengan USB charger dan kapasitas bagasi yang hanya 8,7 L saja (tidak bisa muat helm).

Sementara untuk lampu depan, Fino cuma pakai LED di varian tertingi dan belum ada proyektor. Kemudian untuk fitur penghemat bahan bakar seperti ISS, motor ini pun punya. Hanya saja namanya stop & start system (SSS). Sayangnya, lagi-lagi cuma ada di varian tertinggi.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha Fascino 125, Skutik Retro Rp13 Jutaan

Baca juga;

Performa Mesin Fino Lebih Bertenaga

MESIN FINO

Sekarang lanjut bicara soal performa Scoopy Vs Fino. Di atas kertas, kamu langsung bisa tahu kalau Yamaha Fino lebih powerful bila dibandingkan Honda Scoopy. Kenapa? Motor matik ini pakai kapasitas mesin 125 cc. Jadi, sudah pasti torsi dan tenaganya lebih besar dibanding Scoopy yang cuma menggunakan kubikasi 110 cc.

Di atas kertas, mesin Yamaha Fino sanggup mengeluarkan torsi puncak hingga 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,38 hp pada 8.000 rpm. Putar gasnya dalam-dalam, maka kamu bakal merasakan akselerasi mantap dari motor retro ini. Jantung mekanis yang dipakai oleh Fino juga diaplikasikan oleh Yamaha untuk Mio M3, X-Ride, Soul GT, dan lain-lain.

Sementara Honda Scoopy yang berkubikasi cuma 110 cc, hanya bisa semburkan tenaga 8.98 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9.4 Nm pada 6.000 rpm. Walau kalah dalam sisi performa, bukan berarti tidak ada kelebihan dari mesin Scoopy. Salah satu yang bisa diandalkan dari jantung mekanis dengan kapasitas kecil adalah keiritannya.

Honda sendiri mengklaim konsumsi BBM Scoopy mencapai 61, 9 Km/liter dengan metode pengujian ECE R40 Euro II. Salah satu sarat angka irit ini tercapai adalah memaksimalkan fungsi ISS.

Harga Scoopy Vs Fino

honda scoopy
Harga Honda Scoopy lebih murah

Soal harga Scoopy vs Fino sebenarnya tidak berbeda jauh. Keduanya ada di kisaran angka Rp 19 jutaan. Hanya saja kelebihan Yamaha Fino adalah tersedia dalam tiga varian: Premium, Sporty, dan Grande.

Khusus Yamaha Fino 125 Grande merupakan varian tertinggi dengan tambahan fitur-fitur menarik, seperti lampu depan LED dan SSS. Maka dari itu harganya mencapai Rp 19,895 juta (OTR Jakarta). Terkait warna bodi, Fino Grande memiliki dua pilihan; royal blue (biru) dan luxury red (merah)

Baca juga  5 Motor Yamaha Terbaik DP Mulai Dari Rp 400 Ribuan

Lalu untuk harga Fino Premium dan Sporty Rp 18,735 juta (OTR Jakarta). Dijual lebih murah, karena memang fiturnya tidak sebanyak varian Grande. Pilihan warna untuk Fino Sporty adalah retro green (hijau), classic blue (biru), dan vintage red (merah). Kemudian Fino Premium juga punya tiga opsi: white latte (putih), black espresso (hitam), dan caramel brown (cokelat).

Sementara untuk harga Honda Scoopy mencapai Rp 19,75 juta (OTR Jakarta). Pabrikan berlogo sayap juga tidak membedakan banderol serta fitur dari Scoopy Sporty dan Sytlish. Beda kedua varian itu cuma di pilihan warna dan stiker bodi.

Untuk Scoopy Sporty tersedia dalam tiga pilihan warna bodi: sporty red (merah), sporty black (hitam), dan sporty white (putih). Lalu khusus Scoopy Stylish punya empat opsi warna bodi: stylish white red (putih merah), stylish white brown (putih cokelat), stylish black (hitam), stylish matte red (merah pekat), dan stylish white (putih).

Usai mengetahui secara lengkap komparasi Scoopy Vs Fino di atas, kira-kira motor retro apa yang mau kamu beli? Simpulan dari kami, kalau kamu mencari tampilan unik dan fitur-fitur fungsional, pilihlah Scoopy. Bila yang dibutuhkan adalah sosok motor elegan dengan performa mantap, maka Yamaha Fino sepertinya lebih cocok buat kamu.

Jika diantara keduanya masih belum ada yang cocok untuk kamu, tidak usah khawatir! Kamu bisa cek aneka Motor Baru lainnya sesuai kebutuhan kamu di Moladin!

Baca Juga: Motor Retro Murah di Indonesia.

Liat Juga Video Komparasi Honda Scoopy vs Yamaha Fino Dibawah Ini

Comment

Leave a Reply

Terbaru