Komparasi Performa Nissan Serena ePower vs Honda Step WGN Hybrid, Kamu Pilih Mana?

by Firdaus Ali
Nissan Serena ePower vs Honda StepWGN Hybrid

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi performa Nissan Serena ePower vs Honda Step WGN Hybrid. Keduanya muncul di GIIAS 2024 lalu meski berbeda status lantaran Step WGN masih uji pasar, sementara Serena ePower sudah siap jual.

Kehadiran Nissan Serena ePower dan Honda Step WGN Hybrid di GIIAS 2024 membuat pengunjung penasaran dan langsung mengerubuti kedua MPV baru itu. Bukan tanpa alasan, selain mengusung desain dan fitur yang menarik, keduanya juga mengadopsi mesin hybrid.

Nissan Serena ePower dibanderol mulai dari Rp 635 juta hingga Rp 639 juta. Sementara itu untuk Honda Step WGN harga resminya memang belum dipublikasikan, namun banyak yang memprediksi banderolnya dikisaran angka Rp 600 jutaan.

Wujud utuh Nissan Serena e-Power
Wujud utuh Nissan Serena e-Power

Bicara fitur, kedua mobil MPV pintu geser ini sudah terbilang cukup lengkap dan modern. Serena ePower sendiri sudah mengadopsi fitur Nissan ProPILOT 2.0 yang memungkinkan mobil melaju, mengerem, dan mengoreksi setir secara otomomatis.

Tidak ketinggalan, hadir pula fitur-fitur stop kontak 100 V AC (1.500 Watt) untuk mengaktifkan berbagai peralatan elektronik saat berkendara.

Baca juga  5 Kekurangan Nissan Serena ePower Yang Harganya Di Atas Rp 600 Juta, Tertarik Beli?

Serena ePower juga sudah dilengkapi Nissan 360 Safety Shield, yang terdiri dari serangkaian teknologi keselamatan canggih termasuk Intelligent Emergency Braking dengan Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection, Intelligent Cruise Control, Lane Keeping Assist ,dan Intelligent Driver Attention Allert, serta fitur modern lain.

Penampilan perdana Honda STEP WGN di GIIAS 2024
Penampilan perdana Honda Step WGN di GIIAS 2024

Selanjutnya Honda Step WGN Hybrid, MPV Hybrid ini dibekali layar infotainment 11,4 inci di bagian depan dan layar 15 inci yang menempel di plafon baris tengah.

Selain itu, ada pula teknologi Honda Sensing. Fitur ini mencakup Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS). Kemudian hadir Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto High-Beam, dan fitur canggih lain.

Siapa Unggul Komparasi Performa Nissan Serena ePower vs Honda Step WGN Hybrid

Kembali ke pembahasan komparasi performa Nissan Serena ePower vs Honda StepWGN Hybrid. Pertama kita lihat dari jantung pacu Serena ePower yang menggendong mesin konvensional 1,4 liter 3-silinder segaris DOHC berkode HR14 dengan motor listrik EM57 yang tak perlu diisi daya elektrik.

Baca juga  Harga Mobil Nissan Bulan September 2024, Termahal Cuma Rp 700 Jutaan!

Di atas kertas perpaduan mesin dan motor listrik itu akan menghasilkan tenaga sebesar 161 hp dan torsi puncak 315 Newton Meter. Menariknya, Serena ePower diklaim dapat mencapai konsumsi bahan bakar 19 km/L.

Kemudian untuk Honda Step WGN Hybrid menggunakan mesin 2,0 liter 4-silinder segaris DOHC yang dikawinkan dengan motor listrik AC Synchronous untuk menggerakkan roda depan.

Di atas kertas tenaga mesinnya lebih besar dibanding Serena ePower, dengan potensi 324 tenaga kuda dan torsi lebih kecil, yaitu di 175 Nm.

Nissan Serena ePower vs Honda StepWGN Hybrid
Komparasi performa Nissan Serena ePower vs Honda StepWGN Hybrid

Bicara konsumsi bahan bakar dari Honda Step WGN, lagi-lagi di atas kertas lebih unggul dari Serena ePower. Dengan teknologi e:HEV Honda, diklaim dari pabrikan berlogo ‘H’ ini dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar 19,5 km/liter.

Moladiners, itulah ulasan komparasi performa Nissan Serena ePower vs Honda StepWGN Hybrid. Dimana untuk tenaga dan konsumsi BBM StepWGN Hybrid lebih unggul, namun untuk torsi, Serena ePower lebih menghentak.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika