Friday, December 9, 2022
Banner

Komparasi Toyota Hilux Vs Mitsubishi Triton, Tangguh Mana?

by Firdaus Ali
Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Mengulas komparasi Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton tentunya menarik. Sebab, kedua mobil ini sama-sama double cabin yang notabennya terkenal dengan ketangguhannya.

Rivalitas Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton memang sudah terjadi sejak lama. Di kelas mobil pikap double cabin, keduanya mendominasi pasar, meski ada Nissan Navara dan Isuzu D-Max yang kurang peminatnya.

Toyota Hilux sendiri hadir dengan satu varian yaitu Hilux 2.4 V Diesel AT (4×4). Sementara itu untuk Mitsubishi Triton hadir dengan pilihan 4 varian yaitu Triton HDX MT 4WD, GLS MT 4WD, Exceed MT 4WD dan Ultimate AT 4WD.

Nah, dalam review kali ini kami akan bandingkan varian tertinggi dari masing-masing mobil. Dengan kata lain komarparasinya antara Toyota Hilux 2.4 V Diesel AT 4×4 Vs Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD. Bagaimana dengan spesifikasi dan fitur dari kedua mobil double cabin itu. Mana yang lebih baik? Biar tidak penasaran mari kita simak ulasannya berikut ini.

Desain Eksterior Triton Lebih Modern

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Tampilan eksterior modern

Membahas rivalitas Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton yang pertama adalah dari sisi tampilan eksteriornya. Dilihat dari keduanya, desain eksterior Mitsubishi Triton terlihat lebih modern dibanding Toyota Hilux.

Hal itu bisa terlihat jelas pada bagian depannya. Dimana Triton menyuguhkan konsep desain khas Mitsubishi yaitu Dynamic Shield yang perpaduan grill, headlamp dan bumpernya mirip dengan Mitsubishi Xpander ataupun Mitsubishi Pajero Sport.

Berbeda dengan Toyota Hilux yang tampilannya lebih kalem. Tampilan depannya sekilas memang mirip Fortuner, namun bagian bumpernya tidak seagresif saudaranya tersebut.

Baca juga  3 Kelebihan Mitsubishi Triton, Bisa Reli dan Tangguh di Tambang!

Dimensi Mobil & Bak Hilux Lebih Bongsor

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Dimensi mobil dan bak Hilux lebih besar

Selanjutnya, membahas perseteruan Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton kali ini juga mengulas dimensi mobil dan baknya. Untuk bodi, Toyota Hilux mempunyai panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm serta wheelbase 3.085 mm. Selanjutnya, untuk dimensi bak adalah panjang 1.525 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 480 mm, atau dengan kata lain kapasitasnya mencapai 998,9 liter.

Kemudian, untuk dimensi Mitsubishi Triton varian Ultimate mempunyai bodi dengan panjang 5305 mm, lebar 1815 mm dan tinggi 1795 mm. Untuk bak pengangkut barang, dimensinya adalah panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm dan tinggi 475 mm alias 961,39 liter.

Dilihat dari angka yang tertera, Toyota  Hilux lebih akomodatif untuk penumpang maupun bak untuk daya angkut barangnya.

Tampilan Interior Triton Lebih Modern

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Interiot Triton elegan

Soal tampilan kabin interior, Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton terlihat lebih modern mobil double cabin berlogo tiga berlian alias Triton. Hal itu bisa terlihat dari Material jok, setir dan tuas persneling yang sudah dibalut degan material kulit berkualitas. Kemudian dibagian tengah dashboard terdapat headunit touchscreen berukuran 7 inchi yang bisa mengakomodasi sistem audio seperti AUX, HDMI, DVD dan juga sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay serta fitur mobil seperti kamera parkir dan fitur modern lain.

Dibagian setir juga sudah ada beberapa tombol multifungsi atau steering switch untuk mengatur sistem audio, konektivitas dan pengaturan MID. Oh ya, Panel MID pada Triton didesain menarik dengan warna Liquid Crystal.

Baca juga  Toyota Hilux Rogue 2023 Meluncur, Ini Mobil Laki!

Sementara itu, untuk tampilan kabin interior Toyota Hilux lebih sederhana. Dimana tampilan setir, dashboard dan joknya terkesan biasa saja.

Pun begitu juga dengan headunitnya. Meski berukuran sama dengan Triton yaitu 7 inchi namun belum bisa terkoneksi dengan sistem Apple CarPlay.

Fitur Mitsubishi Triton Lebih Lengkap

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Teknologi keselamatan di Triton lengkap

Berbicara soal fitur, persaingan Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton juga tak kalah menarik. Yup, jika melihat dari kelengkapannya, Triton lebih lengkap.

Mitsubishi Triton menyematkan berbagai fitur yang canggih dan cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Diantaranya adalah fitur Multi Around Monitor untuk memberikan informasi mengenai objek-objek yang ada di sekitar mobil.

Kemudian ada juga fitur Blind Spot Warning untuk mengirimkan sinyal pada pengemudi jika ada mobil lainnya yang ingin menyerobot dari belakang, dan Rear Cross Traffic Alert yang memberikan notifikasi audio jika mendeteksi adanya objek di belakang mobil, khususnya saat sedang parkir.

Selanjutnya ada juga fitur Forward Collision Mitigation untuk memberikan sinyal pada pengguna mobil dengan melakukan pengereman jika ada pejalan kaki atau objek lainnya di depan agar tidak terjadi kecelakaan serta fitur modern lain.

Lalu, bagaimana dengan fitur yang diusung Toyota Hilux. Mobil ini menyematkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Trail Sway Control untuk menjaga keseimbangan kendaraan saat menikung agar tidak terjadi over-steering atau under-steering.

Lalu ada juga fitur Hill Assist Control pada tipe G dan V, Emergency Brake Signal (EBS), immobilizer, ABS dan EBD. Oh ya, Hilux juga belum dilengkapi dengan kamera parkir, sehingga akan menyulitkan pengemudi saat melakukan parkir mengingat mobil ini dimensinya bongsor.

Baca juga  Mazda BT-50 Terbaru Meluncur, Pakai Mesin Kecil

Performa Mesin Triton Lebih Agresif, Tapi Konsumsi BBM Lebih Irit Hilux

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Performa mesin mumpuni

Membahas rivalitas Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton tentunya kurang afdhol jika tidak mengulas performa mesin dari kedua mobil tersebut.

Yup, berdasarkan hasil uji tes drag race sejauh 201 meter, persaingan kedua mobil tersebut dimenangkan oleh Mitsubishi Triton dengan catatan angka 11 detik dan Toyota Hilux 12,2 detik. Pun begitu juga untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam yang dimenangkan oleh Triton dengan catatan waktu 10,3 detik dan Hilux 13,4 detik.

Meski performa mesin Triton lebih unggul namun untuk konsumsi BBM ternyata Hilux juaranya. Dari hasil tampilan MID masing-masing mobil, konsumsi bahan bakar dari Triton angkanya adalah 10,3 km/liter untuk jalan dalam kota dan 13,1 untuk jalan tol. Sementara untuk Hilux untuk jalur dalam kota Hilux tercatat 11,3 km/liter dan untuk jalan tol 14,3 km/liter.

Harga Mitsubishi Triton Lebih Murah

Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Harga Triton lebih murah dari Hilux

Soal harga, Mitsubishi Triton tetrnyata lebih murah dibanding Toyota Hilux. Adapun harga Triton mulai dari Rp 412,450 juta hingga Rp 505,800 juta. Sementara untuk harga Hilu mulai dari Rp 431 juta hingga Rp 513,6 juta.

Jika melihat dari harga keduanya, Mitsubishi Triton lebih value for money. Sebab selain tampilannya lebih modern, fiturnya juga lebih lengkap.

Moladiners, itulah ulasan mengenai persaingan Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika