Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Review Mitsubishi Triton Double Cabin, Mesin Mantap dan Fitur Canggih!

by Firdaus Ali
Toyota Hilux vs Mitsubishi Triton

Mengulas review Mitsubishi Triton Double Cabin (DB) memang menarik. Sebab, mobil yang identik dengan pertambangan dan perkebunan ini mempunyai tampilan dan fitur yang modern.

Yup, Mitsubishi Triton Double Cabin hadir dengan tampilan modern khas Mitsubishi yaitu Dynamic Shield. Di mana sekilas mirip dengan Mitsubishi Xpander atau Pajero Sport.

Dari tampak depan Mitsubishi Triton tidak terlihat seperti mobil yang identik dengan industri tambang atau perkebunan. Hal itu berkat kombinasi desain grill dan headlamp yang pipih serta lekukan bumper depan yang atraktif, sehingga kental dengan aura modern layaknya mobil urban.

Untuk menunjang penampilan serta daya jelajahnya, Mitsubishi Triton varian Ultimate menggunakan velg alloy berukuran 18 inch yang dibalut dengan ban berprofil 265/60R18. Sementara untuk varian Exceed menggunakan velg alloy ukuran 17 inch. Kemudian untuk varian GLS dan HDX pakai velg alloy 16 inchi.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi detail lainnya. Biar tidak penasaran, mari kita simak review Mitsubishi Triton Double Cabin khususnya varian Ultimate AT 4WD berikut:

Dimensi Mitsubishi Triton Double Cabin

review mitsubishi triton double cabin - tampak depan

Test drive Triton saat kami ajak bermain ke sungai

Review Mitsubishi Triton Double Cabin pertama yang akan diulas perihal dimensi, mobil pikap bongsor ini mempunyai dimensi yang berbeda pada beberapa varian. Untuk varian Ultimate mempunyai panjang 5305 mm, lebar 1815 mm dan tinggi 1795 mm. selanjutnya untukmvarian Exceed dimensi panjang dan lebar sama dengan Ultimate, hanya saja tingginya 1780 mm.

Baca juga  Mitsubishi L300 Euro 4 Terbaru, Boleh Minum Solar Subsidi?

Lalu, untuk dimensi Triton Double Cabin varian GLS dan HDX adalah panjang 5225 mm, lebar 1815 mm dan tinggi 1780 mm serta untuk wheelbasenya semua varian sama, yaitu 3000 mm. Untuk bak pengangkut barang, dimensinya adalah panjang 1520 mm, lebar 1470 mm dan tinggi 475 mm alias kalau ditotal kapasitas baknya sekitar 961,39 liter.

Performa Mesin Mitsubishi Triton Double Cabin

Review Mitsubishi Triton

Mesin Triton Double Cabin

Review Mitsubishi Triton Double Cabin selanjutnya adalah dari sisi dapur pacu. Di atas kertas Triton menggunakan mesin Euro4 yang sama namun berbeda teknologi pada beberapa variannya. Adapun untuk transmisinya terdapat pilihan otomatis 6-percepatan dan manual 6-percepatan.

Untuk Triton varian Ultimate seperti yang kami review dan Exceed, mengadopsi mesin 4N15 DI MIVEC yang tenaganya diklaim mencapai 181 PS pada 3.500 rpm serta torsi puncak 430 Newton Meter pada putaran mesin 2.500 rpm.

Sementara itu, untuk Triton varian GLS dan HDX masih sama menggunakan mesin 4N15 DI non MIVEC. Hsailnya, di atas kertas tenaganya mencapai 136 PS pada 3.500 rpm dan torsi 324 Nm pada putaran mesin 1.500-2.500 rpm.

Seperti biasa, untuk membuktikan performa mesin sebuah mobil yang kami review. Khususnya dalam hal ini Triton Double Cabin varian Ultimate yang pakai mesin 4N15 MIVEC. Kami melakukan uji mesin dengan drag race serta konsumsi bahan bakarnya. Dari hasil pengujian tersebut, tercatat untuk menempuh jarak 201 meter dibutuhkan waktu 11 detik. Sementara untuk akselerasi dari 0 sampi 100 km/jam tercatat waktunya 10,3 detik. Performa ini lebih baik dibanding Toyota Hilux.

Baca juga  Mitsubishi Sempurnakan Aplikasi MMID, Ada Bengkel Siaga

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar dari Triton, menurut MID di mobil angkanya adalah 10,3 km/liter untuk jalan dalam kota dan 13,1 untuk jalan tol. Catatan yang sebenarnya tidak sebaik komeptitornya yaitu Toyota Hilux.

Kenyamanan Kabin Interior

review mitsubishi triton

Interior Triton

Review Mitsubishi Triton DB selanjutnya adalah bagian kabin interiornya. Kabin Triton DB hadir dengan nuansa yang elegan dan modern berkat warna monotone.

Material jok, setir dan tuas persneling sudah dibalut degan material kulit yang istimewa. Dibagian tengah dashboard terdapat headunit touchscreen berukuran 7 inchi yang bisa mengakomodasi sistem audio seperti AUX, HDMI, DVD dan juga sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay serta fitur mobil seperti kamera parkir dan fitur modern lain.

Dibagian setir juga sudah ada beberapa tombol multifungsi atau steering switch untuk mengatur sistem audio, konektivitas dan pengaturan MID. Oh ya, Panel MID pad Triton DB didesain menarik dengan warna Liquid Crystal.

Dengan adanya panel tersebut, pengemudi dapat mengetahui informasi mobilnya secara lebih detail mengenai konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan, jarak tempuh, suhu di luar mobil, dan lainnya.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, Triton DB juga menyediakan USB socket yang ada di bagian depan dan untuk penumpang belakang beserta tempat penyimpanannya.

Fitur Keselamatan Lengkap

review mitsubishi triton

Teknologi keselamatan di Triton sangat canggih, melebihi kompetitor

Mitsubishi Triton menyematkan berbagai fitur yang canggih dan cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Yang pertama adalah fitur Forward Collision Mitigation untuk memberikan sinyal pada pengguna mobil dengan melakukan pengereman jika ada pejalan kaki atau objek lainnya di depan agar tidak terjadi kecelakaan.

Baca juga  Penjualan Mitsubishi September 2021, Xpander Terlaris

Kemudian ada juga fitur Blind Spot Warning untuk mengirimkan sinyal pada pengemudi jika ada mobil lainnya yang ingin menyerobot dari belakang, dan Rear Cross Traffic Alert yang memberikan notifikasi audio jika mendeteksi adanya objek di belakang mobil, khususnya saat sedang parkir.

Tidak ketinggalan, turut disematkan fitur Multi Around Monitor untuk memberikan informasi mengenai objek-objek yang ada di sekitar Mitsubishi Triton DB.

Pilihan Mode Berkendara

review mitsubishi triton

Pilihan mode berkendara 4WD selected

Mitsubishi Triton DB merupakan mobil 4×4 dengan pilihan mode berkendara 4WD selected. Yang pertama adalah mode 2H untuk jalan yang normal. Kedua 4H untuk jalanan yang licin, 4HLC untuk jalan berbatu dengan cengkraman permukaan rendah serta 4LCC untuk jalan berlumpur, berpasir, terjal atau berbatu. Oh ya, mode berkendara tersebut juga didukung oleh fitur Hill Decent Control.

Harga Mitsubishi Triton

review mitsubishi triton

Harga Triton DB mulai dari Rp 412,450 juta – Rp505,800 juta

Membahas review Mitsubishi Triton DB tentu saja tidak afdhol jika tidak mengulas harganya. Saat ini Triton DB dijual mulai dari Rp 412,450 juta hingga Rp 505,800 juta.

Adapun untuk pilihan warnanya ada White Diamond, Sterling Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, White Solid, Jet Black Mica dan Red Solid Clear.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review Mitsubishi Triton Double Cabin. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika