Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport, Review, dan Harga 2022

by Firdaus Ali
Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport

Membahas spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport memang selalu menarik. Sebab mobil 7-seater ini, merupakan idola baik untuk konsumen yang tertarik dengan segmen SUV bongsor.

Tidak salah jika kagum dengan Pajero Sport, pasalnya mobil tersebut mempunyai tampilan eksterior yang modern dan macho. Ditambah dengan fitur-fitur yang mumpuni serta kenyamanan kabin interiornya. Plus, pabrikan tiga berlian menyediakan pilihan penggerak roda 4×2 dan 4×4 yang memastikan mobil SUV ini bisa melaju di berbagai medan jalan.

Saat ini, ada enam varian Mitsubishi Pajero Sport: Dakkar Ultimate (4×4) AT, Dakkar Ultimate (4×2) AT, Dakkar (4×2) AT, Exceed (4×2) AT, Exceed (MT) 4×2, serta GLX (MT) 4×4. Adapun untuk harganya mulai dari Rp 562,9 juta sampai Rp 720,5 juta.

“Dengan segala keunggulan yang dilengkapi pada New Pajero Sport, kami berharap model ini mendapatkan penerimaan yang lebih baik lagi, sekaligus dapat menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian dan mimpi serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup,” terang Naoya Nakamura selaku President Director PT MMKSI saat peluncuran New Pajero Sport beberapa waktu lalu.

Nah kali ini kami bukan hanya membahas spesifikasinya, tapi juga melakukan review Mitsubishi Pajero Sport terbaru 2022 dari hasil test drive. Unit yang kami gunakan adalah varian tertinggi atau Dakkar Ultimate (4×4). Kelebihan dan kekurangannya juga bakal kami beberkan, terutama ketika dibanding kompetitor yaitu Toyota Fortuner varian tertinggi yaitu 2.8 GR Sport 4×4.

Ingin tahu lebih detail hasil review Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4 yang kami lakukan? Berikut bahasan lengkapnya:

Desain Eksterior Pajero Sport Gagah dan Modern

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Mitsubishi Pajero Sport

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport yang akan kita bahas pertama adalah dari sisi desain eksterior. Pajero Sport terbaru hadir dengan tampilan yang lebih modern dan elegan, namun tidak menghilangkan aura machonya.

Lampu utama terlihat lebih sipit dari versi sebelumnya. Kemudian di bagian bawah ada berbagai lampu tersusun vertikal dibagian sisi kanan dan kiri bumper, seperti active cornering light, fog lamp, serta sein.

Pun begitu juga dengan tampilan bagian belakangnya. Pajero Sport tampil simpel namun eye catching dengan desain stoplamp memanjang vertikalyang dilengkapi dengan emblem logo dan varian beraksen krom.

Untuk mendukung kegantengan dari mobil ini, disematkan velg alloy dual tone berukuran 18 inci. Untuk dimensinya panjang Pajero Sport adalah 4.825 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.835 mm dan ground clearance 218 mm. Jika dibanding Toyota Fortuner, SUV Mitsubishi ini lebih panjang 30 mm dan lebih ramping 41 mm. Kekurangan Pajero Sport dibanding Fortuner untuk eksterior adalah tidak memiliki pilihan warna bodi two tone. 

Baca juga  Mitsubishi D:X Concept, MPV Elektrifikasi Jago Off-road!

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4

  • Panjang x Lebar x Tinggi: 4.825 x 1.814 x 1.835 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.800 mm
  • Ground Clearance: 218 mm

Interior Pajero Sport Kombinasi Elegan dan Sporty

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Interior Pajero Sport

Untuk spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport dari kabin interiornya, mobil SUV ini hadir dengan aura elegan dan sporty. Hal tersebut dapat dilihat dari dominasi warna hitam pada bagian jok, dashboard dan doortrim

Kemudian, beberapa bagian interiornya juga sudah dilapisi material kulit berkualitas. Seperti pada bagian jok, setir, arm rest di tengah, sandaran tangan di doortrim, serta area bawah konsol tengah.

Kemudian, ada pula headunit layar sentuh berukuran 8 inci dan memiliki fitur Smartphone-Link Display Audio (SDA) yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay atau Android Auto.

Tak hanya itu saja, dibagian bawah headunit juga ada beberapa slot untuk konektivitas, seperti port HDMI, dua buah port USB untuk menghubungkan dengan gawai, serta sebuah port sumber daya 12 Volt.

Selain itu di balik lingkar kemudi, terdapat panel instrument kini telah menggunakan LCD Meter Cluster berukuran 8 inci juga yang dapat menampilkan beragam informasi dengan lebih interaktif. Oh ya, untuk varian tertinggi dari Mitsubishi Pajero Sport sudah dilengkapi dengan sunroof yang membuat kabin terasa lebih lega dan mewah.

Masih di bagian tengah dari kabin depan. Terdapat Tuas transmisi berbentuk unik dan dibagian bawahnya terdapat tombol putar sebagai pengatur transfer case sistem penggerak roda Super Select 4WD khas milik Mitsubishi. Fitur ini memiliki fungsi-fungsi 4WD mulai dari 2 High, 4 High, 4 High-Lock, dan 4 Low-Lock yang akan membantu pengemudi di medan off-road. Pada bagian atas tombol putar ini juga terdapat tombol Hill Descent dan Mode Off-Road.

Kelegaan Kabin dan Bagasi Pajero Sport

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Kabin terasa lega

Saat sesi test drive, kami juga melakukan review Mitsubishi Pajero Sport khususnya terkait kelegaan kabin dan bagasinya. Duduk di baris kedua, rasanya cukup nyaman untuk orang dengan tinggi 178 cm. Walau memang, joknya tidak bisa digeser maju dan mundur sesuai kebutuhan. Padahal Fortuner selaku kompetitor, jok baris keduanya bisa diatur maju dan mundur.

Baca juga  Apakah Kia Seltos 7-Seater Siap Masuk Indonesia?

Lalu ketika berada di jok baris ketiga, leg room penumpang paling belakang sangatlah luas, terlebih untuk orang dengan tinggi 165 cm. Hanya saja yang jadi kekurangan dari jok baris ketiga Pajero Sport ini adalah posisi duduknya tidak nyaman, membuat orang seperti sedang jongkok.

Selanjutnya, untuk kapasitas bagasi, Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4 tergolong lebih sempit dibanding Fortuner. Dari hasil pengukuran tim kami, SUV Mitsubishi ini bisa menampung barang 644,4 liter dengan kondisi jok baris ketiga dilipat. Bandingkan dengan Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yang menunjukan angka 860,2 liter.

Fitur Pajero Sport Sangat Modern

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Fitur Pajero Sport

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport selanjutnya dari sisi fitur-fiturnya. Yup, Big SUV andalan dari Mitsubishi ini sudah dilengkapi dengan Active Cornering Lamp, Sunroof, New Front Combination Lamp, serta Power Tail Gate (dengan Kick sensor dan remote control)yang memudahkan ketika buka bagasi. 

Kemudian ada juga fitur auto dimming rear-view mirror, Ada ForwardCollision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold(BAH), serta adaptive cruise control (ACC) yang bisa membuat mobil melaju dan mengerem secara otomatis.

Menariknya, ada juga fitur aplikasi Mitsubishi Remote Control yang bisa terhubung dengan smartphone. Beberapa kelebihan dari fitur ini yaitu bisa membuka bagasi secara otomatis jika pemiliknya sudah dekat dengan mobil.

Lalu dapat pula memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir atau car finder. Tidak ketinggalan ada pula vehicle reminder yang memberitahukan ada kesalahan seperti lupa mengunci pintu, mematikan lampu, dan lain-lain ketika parkir.

Tak hanya itu saja, fitur Mitsubishi Remote Control juga mampu menampilkan informasi seputar Pajero Sport terbaru terkait perjalanan. Sebut saja konsumsi BBM, jarak tempuh, dan eco riding score.

Pilihan Mesin Diesel Pajero Sport Ada Dua

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Mesin Pajero Sport

Pembahasan spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport kurang afdhol jika tidak mengulas dapur pacunya. Mobil SUV 7-seater ini dibekali dengan dua pilihan mesin yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk varian Dakar menggunakan mesin 2.4L 4N15 MIVEC Turbocharger yang diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 181 PS dan torsi maksimum 430 Nm.

Kemudian untuk varian Exceed dan GLX mengadopsi mesin 2.5L 4D56 Commonrail Turbocharged dengan tenaga sebesar diklaim mencapai 136 PS dan torsi 324 Nm. Oh ya, untuk sistem transmisinya juga ada perbedaan diantara varian tersebut. Transmisi 8-speed automatic (Dakar), 5 speed automatic (Exceed 4×2) dan 5 speed manual (Exceed dan GLX).

Baca juga  Ban SUV GT Radial Savero AT Pro, Bisa Onroad dan Offroad!

Tersedia pula pilihan penggerak 4×4 untuk yang menginginkan performa offroad lebih baik. Jadi 4×2 atau 4×4 itu bisa dipilih sesuai kebutuhan kamu!

Tes Akselerasi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4

spesifikasi mitsubishi pajero sport

Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4

Nah, Saat melakukan test drive Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4, team kami juga melakukan pengujian dengan cara drag race dengan jarak kurang lebih 201 meter. Hasilnya waktu yang dicapai adalah 11,8 detik dan untuk akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dibutuhkan waktu 11,5 detik. Kemudian untuk top speed Pajero Sport, di atas kertas tercatat meraih angka 190 km/jam.

Performa Pajero Sport ini kalah dibanding kompetitor Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 4×4. Dengan mesin lebih besar yaitu 2.800 cc, SUV Toyota bisa melaju 201 meter dalam waktu 11,1 detik atau lebih cepat 0,7 detik dari Pajero Sport. Kemudian akselerasi 0-100 km/jam, juga Fortuner lebih unggul 0,7 detik.

Sementara itu, untuk konsumsi BBM Pajero Sport dengan jarak dari BSD ke daerah Anyer MID menunjukan angka irit 14,8 km/liter. Catatan yang tidak terlalu baik dibanding kompetitor, lantaran Toyota Fortuner 2.8 GR Sport menunjukan angka 15,1 km/liter dengan jarak tempuh yang sama yaitu BSD ke Anyer. Jadi belum tentu mesin kecil selalu lebih irit.

Sebagai catatan, hasil pengujian tersebut juga tidak bisa menjadi patokan tetap karena kondisi jalan  dan gaya mengemudi bisa berbeda apabila pengujian dilakukan oleh orang lain.

Daftar Harga Pajero Sport Terbaru 2022

Harga Pajero Sport dan Fortuner

Pajero Sport tersedia dalam pilihan penggerak 4×4 dan 4×2

Usai mengetahui spesifikasi dan review Pajero Sport terbaru 2022 di atas, sekarang kami akan bahas secara detail harganya. Mobil ini dijual mulai Rp 529,6 jutaan untuk varian Exceed 4×2 MT hingga yang termahal Rp 712,5 jutaan khusus varian Dakar Ultimate 4×4 AT.

Berikut daftar harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru bulan Oktober 2022: 

  • GLX (4×4) MT Rp 562,9 juta
  • Exceed (4×2) MT Rp 537,6 juta
  • Exceed (4×2) AT Rp 552,8 juta
  • Dakar (4×2) AT Rp 611,2 juta
  • Dakar Ultimate (4×2) AT RP 660,8 juta
  • Dakar Ultimate (4×4) AT Rp 720,5 juta

Moladiners, itulah ulasan mengenai test drive dan spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 4×4. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika