Jumat, September 29, 2023
Moladin-Dealer

3 Kelebihan Mitsubishi Triton, Bisa Reli dan Tangguh di Tambang!

by Harsya Fikmazi
mitsubishi juara axcr 2022

Di segmen mobil double cabin, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) punya jagoan yang bisa diandalkan baik di perkebunan dan pertambangan. Bukan cuma itu, pick-up tiga berlian ini juga kini dipakai untuk reli di Asia Cross Country (AXCR) 2022. Mau tahu kelebihan Mitsubishi Triton?

Tentu dalam membeberkan keunggulannya, kami mencoba obyektif dengan membandingkan kompetitor seperti Toyota Hilux. Lalu model yang akan dibahas lebih jauh adalah varian tertinggi yaitu Triton Ultimate AT Double Cab 4WD dengan harga Rp 505,8 juta (OTR Jakarta).

Dari sisi harga saja, keunggulan Triton sudah terlihat. Mobil pick up empat pintu ini lebih murah dari rival. Tidak percaya? Cek saja harga Hilux D Cab 2.4 V (4×4) DSL A/T yang mencapai Rp 510,2 juta (OTR Jakarta).

Walau harga Mitsubishi Triton murah, tapi dari sisi spesifikasi sangat mumpuni untuk diandalkan sebagai kendaraan pekerja keras. Lihat saja performanya yang mantap dengan mesin berkode 4N15 MIVEC, empat silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.4-liter diesel. 

Kelebihan lainnya ada di sistem keselamatan yang secanggih Pajero Sport, dan ini lebih baik dibanding Hilux. Lalu mobil dengan bak yang memiliki dimensi panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm, dan tinggi 475 mm ini tersedia dalam banyak pilihan varian dibanding double cabin Toyota.

moladin tampil baru blog banner

Mau tahu detail kelebihan Mitsubishi Triton dibanding para rival? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Performa Mesin Dieselnya Mantap

kelebihan mitsubishi triton

Mobil pick up double cabin ini dilengkapi mesin yang paling bertenaga di kelasnya

Kelebihan Mitsubishi Triton yang pertama adalah sektor mesin. Mobil pick-up milik pabrikan tiga berlian ini dibekali jantung mekanis berkode 4N15 MIVEC empat silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.4 liter diesel.

Baca juga  Komponen Lokal Truk Mitsubishi Euro 4 di Indonesia, Berapa Banyak?

Mesin tersebut bisa melontarkan tenaga sebesar 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.500 rpm. Padanannya adalah transmisi otomatis 6-percepatan untuk varian tertinggi.

Bandingkan dengan kompetitor yaitu Toyota Hilux, model ini dibekali dengan mesin 2GD-FTV empat silinder segaris dengan kapasitas 2.4 liter diesel. Bicara mengenai tenaga yang dihasilkan, model ini hanya memproduksi tenaga sebesar 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 1.600 – 2000 rpm.

Jika dikomparasi dari tenaga yang dihasilkan, Triton jelas lebih unggul dari Hilux. Varian tertinggi mobil tiga berlian ini juga sudah dilengkapi penggerak 4×4 untuk menerabas medan offroad, termasuk dipakai sebagai kendaraan pekerja keras di pertambangan dan perkebunan.

Wajar pula Mitsubishi mengikutsertakan Triton di ajang AXCR 2022. Di mana pereli Indonesia, Rifat Sungkar juga ambil bagian di balapan yang berlangsung 21 – 26 November di Thailand dan Kamboja tersebut.

“Triton sendiri di market sudah mendominasi sekitar 60 persen, terbukti untuk dipakai di medan ekstrem pertambangan dan perkebunan. Jadi sekali lagi tentunya akan memperkuat brand imejnya lagi kalau memang terbukti dipakai di reli,” kata Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Mitsubishi Xpander Adventure in Black Meluncur 20 Oktober

2. Fitur Keselamatan Mumpuni Jadi Kelebihan Mitsubishi Triton

kelebihan mitsubishi triton

Teknologi keselamatan di Triton sangat canggih, melebihi kompetitor

Tidak hanya performa mesin, kelebihan Mitsubishi Triton selanjutnya adalah fitur keselamatan yang mumpuni, khususnya untuk varian tertinggi. Pabrikan tiga berlian membekalinya dengan banyak teknologi modern yang kompetitor seperti Toyota Hilux tidak memiliki.

Ada forward collision mitigation system (FCMS), automatic high beam, blind spot warning (BSW), 7 SRS airbags, ultrasonic missacceleration mitigation system, dan hill descent control. Semua itu belum dipunya oleh kompetitor yaitu Toyota Hilux.

Salah satu yang menarik misalnya BWS. Fitur ini mampu memberi peringatan ke pengemudi dengan suara dan kedipan lampu di kaca spion, bila ada kendaraan lain yang ingin menyalip mobil kamu.

Kemudian fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hill start assist (HSA), pun sudah ada di Triton. Lalu untuk fitur hiburan yang dipunya antara lain head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi smartphone, AC otomatis, dan audio steering switch.

Dengan berbagai fitur safety, Triton tentunya semakin nyaman digunakan oleh para bos di pertambangan dan perkebunan. Plus ada pula fitur hiburan seperti head unit layar sentuh hingga sistem audio mumpuni dengan 4 speaker + 2 tweeter.

3. Tersedia 7 Varian, Kombinasi Double Cabin dan Single Cabin

kelebihan mitsubishi triton

Tersedia banyak pilihan varian Triton untuk konsumen Indonesia yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan

Kelebihan Mitsubishi Triton selanjutnya, punya banyak sekali varian dibanding kompetitor. Khusus untuk versi double cabin ada 5 pilihan varian dan harga: HDX MT Double Cab 4WD Rp 412,45 juta, GLS MT Double Cab 4WD Rp 433,5 juta, Exceed MT Double Cab 4WD Rp 468,75 juta, hingga Ultimate AT Double Cab 4WD Rp 505,8 juta.

Baca juga  Spesifikasi SUV Mitsubishi Terbaru, Eksterior dan Interior!

Tersedia pula opsi Triton Single Cabin dengan dua varian: GLX HR MT Single Cab 2WD Rp 283,55 juta dan HDX MT Single Cab 4WD Rp 363,35 juta. Jadi totalnya ada tujuh varian. 

Semua varian Mitsubishi Triton dibekali mesin diesel, hanya saja performanya berbeda-beda. Khusus varian HDX pakai mesin berkode 4D56 yang cuma bisa mengeluarkan torsi 200 Nm pada 1.500 – 3.500 rpm dan tenaga maksimal 81 PS pada 4.000 rpm. Lalu varian GLS dan GLX pakai mesin 4N15 dengan torsi 324 Nm pada 1.500-2.500 rpm dan tenaga maksimal 100 PS pada 3.500 rpm. Sementara varian Triton Exceed dan Ultimate pakai mesin paling buas yang spesifikasinya sudah kami beberkan di atas.

Bandingkan dengan kompetitor yaitu Toyota Hilux yang cuma memiliki satu varian double cabin yaitu Rp 2.4 V (4×4) DSL AT Rp 510,2 juta (OTR Jakarta). Ada pula tiga varian Hilux single cabin: 2.0 L MT Bensin Rp 267,5 juta (OTR Jakarta), 2.4 DSL MT Rp 287,5 juta (OTR Jakarta), dan 2.4 DSL 4×4 MT Rp 390,4 juta (OTR Jakarta).

Dengan banyaknya varian di Triton, tentu memudahkan konsumen dalam memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Itulah tadi bahasan soal kelebihan Mitsubishi Triton. Untuk seputar informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika