Thursday, October 6, 2022

Ada Wakil Indonesia di Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022

by Tigor Sihombing
Tim Mitsubishi Ralliart

Tim Mitsubishi Ralliart siap bertarung ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022, berlangsung 21 – 26 November di Thailand dan Kamboja. Menariknya, ada wakil Indonesia yang bergabung di tim pabrikan tiga berlian tersebut.

Rifat Sungkar tidak lain menjadi perwakilan Indonesia, yang juga pemenang Indonesian Sprint Rally Championship 2021. Kemudian dari Thailand ada Chayapon Yotha. Ada pula pengemudi Triton support car yaitu Sakchai Hantrakul (Thailand) yang akan mendukung Rifat dan Chayapon.

Kedua driver ini akan mengendarai mobil reli Triton di kategori Grup T1, yang merupakan kategori prototipe kendaraan lintas alam. Meski satu tim, tapi mereka tetap bersaing untuk mendapat posisi terbaik.

Pada gelaran ini, Tim Mitsubishi Ralliart memiliki semua sumber daya berpengalaman sesuai yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan AXCR. Mulai dari dukungan TANT SPORT (Thailand), termasuk hadirnya Hiroshi Masuoka yang bertindak sebagai direktur tim.

Hiroshi Masuoka adalah legenda Mitsubishi. Dia adalah mantan pembalap yang pernah menjadi juara Reli Dakar dua kali, sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors. 

Baca juga  Mitsubishi Siapkan EK X EV Jadi Mobil Listrik Murah Indonesia!

Supaya mendapat hasil terbaik, sebelumnya Tim Mitsubishi Ralliart telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand pada 29 hingga 31 Agustus lalu. 

Berbagai ubahan juga sudah dilakukan agar Triton bisa tampil maksimal. Mulai dari mengurangi bobot dan meningkatkan karakteristik output dari engine.

Tidak ketinggalan juga, mobil double cabin ini dubuat lebih gesit agar bisa melibas jalanan yang berkelok-kelok. Caranya dengan mengaplikasikan dual damper baru untuk meningkatkan kestabilan, serta membuat manuver semakin baik di jalan yang bergelombang.

Rifat Sungkar pun memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton. Dia mengaku optimis bisa sukses di AXCR 2022.

“Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik di jalan bergelombang, dalam hal kelincahan dan daya tahan,” kata Rifat.

banner atas

Susunan Tim Mitsubishi Ralliart

Tim ralliart 1

Terkait susunan timnya, berikut ulasannya lebih lanjut dengan profil Tim Mitsubishi Ralliart.

Baca juga  Berapa Harga Mitsubishi Pajero Sport Vanessa Angel?

Team Director: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors)
Team Principal: Chayut Yangpichit (TANT SPORT)
Technical Director: Kopong Amatayakul (TANT SPORT)
Technical Support (body, chassis): Yasuo Tanaka (Mitsubishi Motors)
Technical Support (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)

Drivers dan Co-Drivers Tim Mitsubishi Ralliart AXCR 2022 

  • Rifat Sungkar (Indonesia) 
    Asal: Jakarta, Indonesia
    Lahir: 22 Oktober 1978 (43)

    Karir: Salah satu pembalap papan atas Indonesia, ia telah memenangkan Indonesia Sprint Rally Championship pada tahun 1997, menjadi pemenang Indonesia National Rally tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan banyak lagi.

    Pada 2012, ia dinobatkan sebagai Brand Ambassador untuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada 2019 dan 2021, Rifat meraih kemenangan umum di Indonesia Sprint Rally Championship dengan mengendarai Mitsubishi Xpander.

    Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)

  • Chayapon Yotha
    Asal: Udon Thani Province, Thailand
    Lahir: 16 Agustus 1987 (35)

    Karir: Dia telah memenangkan banyak balapan sejak 2012, termasuk Thailand Super Series, dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series dan kompetisi lainnya.

    Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)

  • Sakchai Hantrakul
    Asal: Chiang Mai Province, Thailand
    Lahir: November 29, 1962 (59)

    Karir: Dengan pengalaman balap lebih dari 30 tahun, ia telah dinobatkan sebagai juara Mitsubishi Gymkhana Challenge RALLIART Cup ’89, memenangkan Putaran 1 Kejuaraan Reli Pennzoil ’91 di Thailand utara, dan menjadi pemenang di banyak kategori lainnya.

    Doa akrab dengan kendaraan Mitsubishi, pernah mengendarai Mitsubishi Pajero di Reli Dakar 1996.

    Co-driver: Kittisak Klinchan (Thailand).

    Demikian ulasan Tim Mitsubishi Ralliart. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.
Baca juga  Dealer Mitsubishi Tangerang Siap Service Truk Euro 4

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika