Senin, September 26, 2022

Spesifikasi Mitsubishi Triton Ralliart Rifat Sungkar untuk AXCR 2022, Sangar!

by Tigor Sihombing
spesifikasi mitsubishi triton ralliart rifat sungkar di axcr 2022

Rifat Sungkar siap menunggangi Mitsubishi Triton Ralliart untuk balapan di Asia Cross Country Rally (AXCR) yang berlangsung 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja. Bersama Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat didaulat menjadi salah satu driver yang sekaligus menjadi wakil dari Indonesia. 

Tim Mitsubishi Ralliart untuk AXCR 2022, dipimpin oleh Hiroshi Masuoka selaku pemenang Rally Dakar di tahun 2002 dan 2003. Dengan demikian, merek tiga berlian tidak main-main mengikuti AXCR 2022. Mereka tentu punya misi memenangkan salah satu ajang reli terganas di Asia ini.

“Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint. Jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat,” kata Masuoka.

Di samping tim dengan anggota terbaik, mobil Mitsubishi Triton Ralliart yang ditunggangi di AXCR 2022 juga perlu dipersiapkan secara detail. Terlebih ajang reli yang berlangsung 5 hari ini memang sangat menguji ketahahanan mobil. Jarak yang ditempuh tebilang jauh yakni hingga 2.000 km dari Buriram, Thailand hingga menyeberang ke Kamboja, dan berakhir di Angkor Wat.

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Resmi Meluncur

Perisapan untuk mobil double cabin tersebut sungguh lengkap. Salah satunya Mitsubishi melakukan uji ketahanan Triton Ralliart sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand yang berlangsung pada 29 hingga 31 Agustus lalu.

“Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar, kelincahan, dan daya tahan,” kata Rifat.

Ubahan untuk Mitsubishi Triton Ralliart di AXCR 2022

Mitsubishi Triton

Triton Tim Mitsubishi Ralliart

Adapun spesifikasi Mitsubishi Triton Ralliart yang digunakan oleh Rifat digolongkan pada Group T1 yaitu prototipe kendaraan lintas alam. Ubahannya cukup banyak, tapi tetap mewajibkan beberapa komponen masih harus standar pabrik.

“Body shell harus standar, pintu kaca bisa ringan, tapi bisa dikompensasi dengan roll bar. Harus mewakili mobil standar pabrik,” tambah Rifat.

Meski begitu, suspensi boleh dilakukan ubahan. Mengacu data pabrikan Mitsubishi Thailand, kaki-kaki Mitsubishi Triton Tim Ralliart menggunakan CUSCO fully-adjustable dan rem ENDLESS 4 piston. Sedangkan untuk traksi lebih gigit dipasangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang keluaran CUSCO. Lalu untuk karet bundar, menggunakan ban off-road dari Yokohama GEOLANDAR M/T G003 265/70R17. Velg mobil tersebut pakai WORK Alluminium 17″.

Baca juga  Mitsubishi Ikut IIMS Surabaya, Bawa Tiga Mobil Unggulan!

Kemudian bobot mobil juga dikurangi, serta ada penambahan karakteristik output dari mesin. Ini berefek ke kemampuan berkendara yang lebih gesit di jalan berkelok-kelok. Soal bantingan suspensi, hadir dual damper baru yang bisa meningkatkan stabilitas berkendara ketika melewati jalan yang kasar.

“Ini kesempatan kita untuk belajar. Saya siap, walau kompetisinya besar sekali, namun ini tantangan yang saya perlukan,” kata Rifat yang selama balapan akan dibantu oleh Co-driver dari Thailand, Chupong Chaiwan.

Spesifikasi Mitsubishi Triton Ralliart untuk mesin standar, kubikasinya 2.4-liter diesel turbo dengan penyetelan yang difokuskan mereduksi friction loss dan bobot. Kemudian memastikan powerband mesin berada di putaran bawah dan menengah untuk menghadapi trek AXCR.

Beberapa tahapan AXCR akan meliputi aksi menyeberangi sungai, sehingga modifikasi kedap air juga telah ditambahkan ke mobil double cabin ini. Caranya dengan melakukan penyegelan yang lebih kuat di beberapa komponen rawan, hingga kehadiran snorkel untuk saluran masuk udara.

“Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid,” tambah Masuoka.

Baca juga  Sejarah Mitsubishi Lancer, Sang Legenda Rally

Demikian ulasan terkait spesifikasi Mitsubishi Triton Ralliart yang ditunggangi Rifat Sungkar untuk AXCR 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika