Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Korlantas Waspadai 3 Lokasi Kemacetan Saat Nataru 2023

by Firdaus Ali
3 lokasi kemacetan saat Nataru

Korlantas waspadai 3 lokasi kemacetan saat Nataru 2023, yaitu tempat wisata, jalan tol dan pelabuhan. Untuk itu, Korlantas Polri sudah menyiapkan antisipasi untuk masing-masing cluster tersebut.

Dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gedung Kemenko PMK, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan kesiapan pihaknya dalam menghadapi Operasi Lilin 2023 terbagi dalam tiga cluster.

“Yang pertama untuk jalur tol mulai Sumatera sampai dengan Probolinggo itu kita antisipasi. Ada beberapa titik yang menjadi perhatian kita, yang pertama ada rest area ini juga kita atur, traffic flownya di sana sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya,” kata Kakorlantas Polri.

Kedua, Kakorlantas mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi jalur arteri dan jalur wisata dalam penerapan rekayasa lalu lintas mulai dari penerapan one way hingga contraflow.

“Ini juga sudah kita antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata. Itu kita akan mengambil langkah-langkah pengalihan arus ataupun one way, contraflow ini sudah kita persiapkan,” ujar dia.

Baca juga  302 Titik Layanan Siaga Toyota Amankan Libur Nataru Termasuk Pengguna Kendaraan Elektrifikasi

Ketiga, Kakorlantas menyampaikan, jalur-jalur penyeberangan laut menjadi fokus pihaknya. Menurutnya, ia telah menyiapkan konsep sedemikian rupa guna mengatur agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

“Ini juga jadi konsen kita baik di (Pelabuhan) Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain. Kita sudah menyiapkan operasi di sana. Sehingga supply kendaraan ke pelabuhan ini kita atur sehingga tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck supaya dapat keluar dari dermaga,” jelas Aan sapaan akrabnya.

Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Libur Nataru 2023

3 lokasi kemacetan saat Nataru

Diprediksi jumlah mobilisasi libur Nataru 2023 meningkat

Selain Korlantas waspadai 3 lokasi kemacetan saat Nataru 2023, yaitu tempat wisata, jalan tol dan pelabuhan. Dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan, puncak arus mudik Nataru diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 26-27 Desember 2024.

“Kita ketahui bahwa prediksi puncak arus mudik Natal pada 22-23 tahun 2023 sementara puncak arus balik 26-27,” tuturnya.

Baca juga  Pergerakan Masyakarat Tembus 107 Juta Orang Saat Musim Libur Nataru 2023

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan puncak arus mudik libur tahun baru 2024 diprediksi terjadi pada 29-30 Desember 2023. Sementara arus balik mudik tahun baru 2024 diprediksi 1-2 Januari 2024.

“Kemudian prediksi arus mudik 29-30 sementara arus balik 2024 tanggal 1-2 Januari,” ujarnya.

Oh ya, dalam Rapat Tingkat Menteri itu, turut hadir antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi serta stakeholder lainnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika